PENGETAHUAN

Kegiatan In House Training Pembinaan PAUD Se-Kota Tanjungpinang Tahun 2022 Kurikulum Merdeka Belajar

INTINEWS.CO.ID, PENGETAHUAN Kurikulum Merdeka sebagai opsi satuan Pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun 2022 hingga tahun 2024. Oleh sebab itu, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang mengadakan acara Kegiatan In House Training Pembinaan PAUD Se-Kota Tanjungpinang Tahun 2022. di Hotel ‘BP’, Kota Tanjungpinang. hari Kamis, 14/09/2022.

Seperti yang diketahui Kemendikbud Ristek telah mengeluarkan kebijakan tentang pengembangan kurikulum merdeka belajar. Pada Kurikulum Merdeka, kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) yang memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan dalam mengimplementasikan kurikulum. Beberapa program yang mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) adalah adanya program;

  • Sekolah Penggerak (SP)
  • Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK-PK)
Kegiatan In House Training Pembinaan PAUD Se-Kota Tanjungpinang Tahun 2022 Kurikulum Merdeka Belajar
Foto tangkapan layar di https://disdik.tanjungpinangkota.go.id/berita/detail/r-68/kegiatan-in-house-training-pembinaan-paud

Baca juga: Pergelaran Workshop Pengembangan Musik Tradisi Disdik Kota Tanjungpinang

Penyediaan dukungan IKM yang diberikan oleh Kemendikburistek adalah bagaimana kemendikbudristek memberikan dukungan pembelajaran IKM secara mandiri dan dukungan pendataan IKM jalur mandiri, dari dukungan tersebut akan mendapatkan calon satuan pendidikan yang terdata berminat dan akan memperoleh pendampingan pembelajaran untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka jalur mandiri, sehingga Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas serta aktor lain dapat mengadakan kegiatan berbagi praktik baik Kurikulum Merdeka dalam bentuk seminar maupun lokakarya secara mandiri.

Pembahasan kegiatan In House Training ini, berfokus kepada Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Kegiatan In House Training Pembinaan PAUD Se-Kota Tanjungpinang Tahun 2022 diikuti sebanyak 120 orang yang terdiri dari:

  • Perhimpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi)
  • Pengelola dan Guru PAUD Se-Kota Tanjungpinang.

Baca juga: Semua Anak Lulus SD Bisa Masuk SMP Di Jamin Disdik Kota Tanjungpinang

Dra. Hj. Endang Susilawati. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Tanjungpinang mengutarakan pada Kurikulum Merdeka Belajar ada beberapa konsep pembelajaran berbasis proyek yang bertujuan pengembangan soft skill serta karakter sesuai profil belajar Pancasila. Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu untuk pembelajaran mendalam untuk kompetensi dasar seperti literasi. numerasi dan fleksibilitas Guru lakukan pembelajaran yang terdiferensisasi berdasarkan kemampuan para peserta didik.

“Semua perubahan positif yang Kita usung bersama ini tidak hanya dirasakan oleh para Orang tua, Guru, dan Murid di Indonesia, tetapi sudah digaungkan sampai ke negara-negara lain. Indonesia di konferensi tingkat tinggi G20, Tahun ini Kita membuktikan diri bahwa Kita tidak lagi hanya menjadi pengikut tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia,” terang Kadisdik Kota Tanjungpinang, Dra. Hj. Endang Susilawati.

Kegiatan In House Training Pembinaan PAUD Se-Kota Tanjungpinang Tahun 2022 ini juga menghadirikan Narasumber dari BPMP Kepri yakni Dwi Afrini Risma, S.Si, M.Sc.

(Redaksi)

ajax loader

Tinggalkan Balasan