DAERAH, UP DATE

Bendungan Semantok Dapat Menjadi Salah Satu Destinasi Wisata Desa Sambikerep

INTINEWS.CO.ID, DAERAH Provinsi Jawa Timur (Jatim), “Bendungan Semantok” yang terletak di lokasi Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk. Dengan Air baku 312 liter/detik daerah Layanan Kabupaten Nganjuk, pengaturan pembagian atau pengaliran air (iIrigasi) untuk sawah dan sebagainya luas 1900 ha, dapat mereduksi banjir 30%, hilir bendungan 30 ltr/dtk. Bendungan Semantok dapat menjadi salah satu destinasi wisata Desa Sambikerep.

Bendungan Semantok Dapat Menjadi Salah Satu Destinasi Wisata Desa Sambikerep
Bendungan Semantok Dapat Menjadi Salah Satu Destinasi Wisata Desa Sambikerep. Foto dokumentasi www.intinews.co.id

Dari sumber situs web https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/40725/t/Komisi, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw bersama tim Komisi V melakukan Kunjungan Kerja Spesifik meninjau lokasi Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Semantok, Kamis (15/9/2022).

“Kami hadir di Nganjuk dalam rangka Kunjungan Spesifik untuk melihat salah satu proyek nasional, dari 201 proyek nasional, waduk ini salah satunya, dan hari ini kami melihat bahwa proyek ini sudah diharapkan bisa selesai 2022 ini, tadi kami sudah tanyakan,” ujar Robert Rouw saat diwawancarai Parlementaria usai memimpin Kunjungan Spesifik Komisi V DPR RI.

Robert Rouw menilai bahwa proyek bendungan waduk skala nasional tersebut berharap akan membawa suatu manfaat besar bagi masyarakat. Menurutnya, bendungan waduk yang di bangun ini berguna akan bisa mengatasi banjir dan pada saat musim kemarau juga menjadi solusi untuk masyarakat sekitar.

“Karena yang pertama, waduk ini akan mengatasi banjir di daerah sini. Yang kedua, waduk ini akan digunakan juga untuk bagaimana bisa menjadi air baku untuk masyarakat disini. Dan berikut lagi, bisa menjadi solusi kalau terjadi kekeringan,” kata Politisi Fraksi Partai NasDem tersebut.

Baca juga: Mahasiswa Dan Elemen Buruh Desak BBM Turun Pemerintah Keluarkan Payung Hukum Pemda Jangan Ragu Alokasikan APBD

“Maka ini bisa menjadi untuk disalurkan ke persawahan yaitu bisa tadi sudah disampaikan kita 1900 hektar yang akan dialiri untuk petani agar produktivitas petani itu tidak terganggu kalau nanti musim kemarau,” sambungnya.

Legislator Dapil Papua itu juga mengatakan proyek Bendungan Semantok ini berharap kedepannya membawa pengaruh menjadi salah satu tempat rekreasi atau tempat olahraga.

“Ini sangat bermanfaat bermampukan dan kedepan juga kami harapkan bawa multi efek dari pada pembangunan waduk ini, waduk ini juga nanti menjadi tempat rekreasi, tempat olahraga, semua di sini,” ujarnya.

Baca juga: Terjadi Gesekan Aksi Demo Kenaikkan BBM Mahasiswa Kepri Di DPRD Provinsi Kepri

Lebih lanjut, dia meminta kepada Pemerintah Daerah setempat menata Bendungan Semantok dengan baik agar terlihat lebih bagus.

“Dari awal sampai nanti berjalan, jangan lagi dibiarkan nanti ada pedagang-pedagang di pinggiran, itu harus ditata, semua harus ditata, agar betul-betul waduk ini kelihatannya indah gitu,” ucap Robert.

Selain itu, kata Robert, Bendungan Semantok ini dalam melakukan perawatannya juga harus serius karena Sungai Semantok itu masuk langsung ke bendungan dan akan pasti sedimentasinya tinggi maka dari itu.harus dijaga di hulunya.

“Karena hutannya juga harus dijaga, maka tadi kami meminta reboisasi di aliran sungainya, ini juga harus dilakukan oleh pemerintah daerah, supaya betul-betul waduk ini ke depannya itu bukan cuman 10 tahun 20 tahun dia berada. Tapi dia bisa terus keberadaannya untuk bisa membuat pemanfaatan untuk masyarakat di Nganjuk,” pungkasnya.

(Redaksi)

ajax loader

Tinggalkan Balasan