Kab. KARIMUN, UP DATE, WISATA BUDAYA

Desa Wisata Pongkar Salah Satu Destinasi Wisata Yang Memesonakan Di Kabupaten Karimun

INTINEWS.CO.ID, WISATA BUDAYAKabupaten karimun adalah salah satu daerah di Provinsi Kepri yang banyak menyuguhkan tempat-tempat wisata yang memesonakan. Desa Wisata Pongkar salah satu destinasi wisata yang memesonakan di Kabupaten Karimun.

Destinasi wisata di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menjadikan perjalanan liburan anda akan terpuaskan. Hal ini terbukti dengan upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri yang terus menggesa bertambahnya peningkatan pengunjung wisata, penambahan fasilitas di objek wisata, sosialisasi tempat-tempat wisata, dan lain-lainnya.

Desa Wisata Pongkar Salah Satu Destinasi Wisata Yang Memesonakan Di Kabupaten Karimun
Foto tangkapan layar di https://www.google.com/maps/place/Pantai+Pongkar/@1.0842658,103.380121,6327m/data=!3m1!1e3!4m15!1m8!3m7!1s0x31d7521bf71d3725:0x95e800af668dc125!2sPongkar,+Kec.+Tebing,+Kabupaten+Karimun,+Kepulauan+Riau. Oleh Ogi “Jhenggot”.

Desa Wisata Pongkar yang tepatnya berada di Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri, bisa menjadi tempat favorit bagi anda yang ingin mencari suasana alami, asri dan sejuk.

Baca juga: Pulau Penyengat Salah Satu Destinasi Wisata Unggulan Di Provinsi Kepri

Desa wisata Pongkar yang memiliki total luas wilayahnya adalah 309,21 ha, bagian darat seluas 44,03 Ha, dan bagian lautnya seluas 265,18 Ha. Merupakan salah satu Desa hasil pemekaran Kelurahan Tebing dengan berdasarkan peraturan daerah (Perda) Kabupaten Karimun Nomor: 16 Tahun 2001 tentang Pembentukan dan Struktur Organisasi Tata Kerja, sehingga Pongkar yang dahulunya merupakan bagian dari Kelurahan Tebing kini menjadi “Desa Pongkar”, yang terdiri dari:

  • 2 (Dua) Dusun
  • 4 (Empat) RW
  • 11 (Sebelas) RT
Desa Wisata Pongkar Salah Satu Destinasi Wisata Yang Memesonakan Di Kabupaten Karimun
Foto, Ogi “Jhenggot”

Adapun objek wisata unggulan yang ada di Desa wisata Pongkar, diantaranya:

  1. Air Terjun Desa Pongkar
  2. Gunung Jantan
  3. Pantai Pongkar
  4. Pantai Ketam

Pak Raja Hery MokhrizalSH., MH, PltKepala Dinas (KadisPariwisata Provinsi Kepri ketika dihubungi oleh Awak media ini, pada hari Sabtu, (8/4), menerangkan bahwa Pemprov Kepri terus berupaya menggesa terkait kemajuan kepariwisataan di Kepri yang banyak ragam budaya, sejarah, dan keindahan panoramanya yang dapat dijadikan objek destinasi wisata baik itu bagi Wisatawan Asing dan Wisatawan Nusantara.

Tari Sekapur Siri Kesenian Rakyat Di Kepulauan Riau Yang Masih Lestari Hingga Saat Ini
Pak Raja Hery Mokhrizal, SH., MH, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri. Ilustrasi, Ogi “Jhenggot’.

Tentang Desa wisata Pongkar, memiliki potensi wisata alam yang masih alami. Seperti objek wisata “Air Terjun Desa Pongkar” dengan panoramanya yang asri,

“Jika dari pelabuhan domestik Karimun ada tersedia fasilatas tranpotasi ke lokasi Air Terjun Pongkar, bisa menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4, dengan perjalanan kurang lebih empat puluhan menit, dengan jarak sekitar 21,6 Km. Ketika tiba di Air Terjun Desa Pongkar itu, Wisatawan berjalan lewat jalan setapak yang sudah di semen untuk tiba di puncak air terjun. Air Terjun Desa Pongkar ini merupakan tempat wisata yang masih alami, dengan sumber air yang berasal dari Gunung Jantan. Sentuhan air yang dingin, menyegarkan bagi para pengujung, dan sambil berswafoto,” terang Pak Raja Hery Mokhrizal kepada Awak media ini.

Baca juga: Pantai Trikora Keindahan Di Pulau Bintan Yang Memesona

Lanjut Pak Raja Hery Mokhrizal, bagi Wisatawan yang suka hiking atau tracking atau hobi mendaki di Desa wisata Pongkar, ada tempatnya yakni “Gunung Jantan”

“Di kawasan Desa Pongkar terdapat Gunung dengan ketinggian 439 meter diatas permukaan laut (MDPL), yang dapat jadi daya tarik bagi Wisatawan ataupun Pecinta alam. Melalui Air Terjun Desa Pongkar bisa ke Gunung Jantan, nah, bagi yang suka hiking atau tracking atau hobi mendaki jika mau mencoba mencapai puncak Gunung Jantan ini,” jelas Pak Raja Hery Mokhrizal kepada Awak media ini.

Tambah Pak Raja Hery Mokhrizal menjelaskan bagi Wisatawan akan menikmati kenyamanan panorama “Pantai Pongkar”,

“Pasir putih yang terhampar disepanjang garis pantainya dan warna biru lautan yang membentang luas merupakan pesona dari Pantai Pongkar yang cukup bersih, dengan memiliki luas sekitar 100 hektar. Dari Pantai Pongkar disuguhkan pemandangan berupa pegunungan Karimun, asrinya pohon cemara yang berjejer. Jadi, sangat tepat untuk berswafoto baik itu di sepanjang pasir putihnya atau berenang di Pantai Pongkar. Sudah banyak tersedia fasilitas di Pantai Pongkar yang cukup memadai ,” terang Pak Raja Hery Mokhrizal.

Tentang “Pantai Ketam” ini karena berada bersebelahan dengan “Pantai Pongkar” jadi bagaimana menikmati keindahan suasana di pantai Pongkar begitu juga sama di Pantai Ketam Karimun, terang Pak Raja Hery Mokhrizal mengakhiri penjelasannnya terkait Desa wisata Pongkar dengan Awak media ini.

Ayo ke Desa Wisata Pongkar salah satu destinasi wisata yang memesonakan di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri.

(Redaksi/Ogi “Jhenggot”)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!