Kota TANJUNGPINANG, PENGETAHUAN, UP DATE

HUT Ke-77 PGRI Dan HGN 2022 Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang Laksanakan Upacara Bendera

INTINEWS.CO.ID, TANJUNGPINANGHari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 25 November, yang bertepatan juga dengan Hari Guru Nasional (HGN). Dalam memperingati HUT Ke-77 PGRI dan HGN 2022 Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang laksanakan upacara bendera, di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, pada hari Sabtu, (26/11/2022).

Hari Guru Nasional (HGN) ini diperingati untuk memberi penghargaan terhadap Seluruh Guru di Indonesia yang telah mengabdikan diri mendidik para generasi muda di negeri ini. Tanggal tersebut ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, dan penetapan tanggal ini diputuskan tanpa menjadikan Hari Guru Nasional sebagai hari libur. Tanggal 25 November, jika HGN ditetapkan pada tahun 1994, hari PGRI sudah ditetapkan sejak tahun 1945 yang sebelumnya, Persatuan Guru Republik Indonesia memiliki nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang didirikan pada tahun 1912 oleh pemerintahan kolonial Belanda, lalu menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) pada tahun 1932. Proklamasi Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1945 mengobarkan penyelenggaraan Kongres Guru Indonesia yang diadakan pada 24-25 November 1945. Dalam kongres ini, semua Organisasi dan Kelompok Tenaga Pendidik/Guru menyatukan perbedaan, sembari memperingati 100 hari Indonesia merdeka, dibentuklah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada tanggal tersebut.

HUT Ke-77 PGRI Dan HGN 2022 Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang Laksanakan Upacara Bendera
Foto tangkapan layar Instagram akun dinas_pendidikan_tpi (Dinas Pendidikan Tanjungpinang).
Dalam HUT Ke-77 PGRI dari sosial media (Sosmed) Instagram akun dinas_pendidikan_tpi (Dinas Pendidikan Tanjungpinang) yang di posting pada tanggal 25 November 2022, sebagai berikut: 
Selamat Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-77
Untuk seluruh Guru di Tanah Air! Terima kasih karena telah menjadi penerang bagi kami dalam meraih impian. Wahai pahlawan tanpa tanda jasa, jasamu akan kami kenang sepanjang masa.
#harigurunasional #harigurunasional2022 #pgri #tanjungpinang #kepulauanriau #kepri

Baca juga: Kadisdik Kota Tanjungpinang Endang Susilawati Pada Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer SMP

Sementara itu Wakil Wali Kota (Wawako) Tanjungpinang, Endang Abdullah, S.Kp, M.Si., selaku Pembina Upacara membacakan amanat Ketua Umum pengurus besar PGRI dan menyampaikan terimakasih kepada pemerintah Republik Indonesia yang telah menghargai perjuangan Para Pendidik, Guru dan Dosen, Pendidik non formal, dan Tenaga Kependidikan.

“Pemerintah telah menetapkan hari lahir PGRI pada tanggal 25 november sebagai Hari Guru Nasional melalui penetapan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 78 tahun 1994. Jangan sekali kali melupakan sejarah,” Ucap Wawako Tanjungpinang.

Lanjut Wawako Tanjungpinang, di masa pandemi Covid19 dan di penghujung tahun 2022 yang saat ini sangat memungkinkan seluruh sekolah bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka seperti sediakala, namun demikian Kita tidak boleh lengah, prokes dan hidup sehat harus menjadi perhatian utama dalam aktifitas di rumah, di luar rumah dan di sekolah.

Baca juga: Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka

Wawako Tanjungpinang Endang Abdullah, S.Kp, M.Si., mengapresiasi kepada seluruh Guru dan Tenaga Pendidikan, khususnya para Guru Honorer yang mengisi kekosongan formasi Guru dan mengajar dengan sepenuh hati di sekolah.

“Tentunya tanpa dedikasi dari para Guru Honorer, pastilah proses pembelajaran di sekolah akan tidak maksimal dan bahkan akan terhenti jika tidak adanya Guru di sekolah. Dalam kesempatan ini saya ucapkan selamat Hari Ulang Tahun PGRI ke 77 dan Hari Guru Nasional tahun 2022. Guru bangkit, pulihkan pendidikan. Indonesia Kuat Indonesia Maju,” jelas Wawako Tanjungpinang. yang juga pernah menjadi pengajar di salah satu Sekolah Tinggi Kesehatan di Kota Tanjungpinang.

Atas nama pemerintah kota Tanjungpinang, Endang mengucapkan terima kasih atas jasa dan pengabdian yang dilakukan oleh guru dan berharap jasa dan pengabdian menjadi ladang amal bagi Guru.

(Redaksi).

ajax loader

Tinggalkan Balasan