PENGETAHUAN, Kota TANJUNGPINANG

Kadisdik Kota Tanjungpinang Endang Susilawati Pada Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer SMP

INTINEWS.CO.ID, PENGETAHUAN Kota Tanjungpinang, penjelasan Kadisdik Kota Tanjungpinang Endang Susilawati pada pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer SMP Tahun 2022 berikut ini.

Kadisdik Kota Tanjungpinang Endang Susilawati Pada Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer SMP
Kadisdik Kota Tanjungpinang Endang Susilawati Pada Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer SMP

Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta se-Kota Tanjungpinang, yang dimulai dari hari Senin, (19/9/2022) sampai dengan hari Kamis, (22/9/2022).

Adapun pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta se-Kota Tanjungpinang diikuti sebanyak 31 satuan pendidikan SMP Negeri dan Swasta, dengan jumlah peserta sebanyak 1.143 Siswa/Siswi Kelas VIII.

Baca juga: Pergelaran Workshop Pengembangan Musik Tradisi Disdik Kota Tanjungpinang

ANBK sendiri terdiri atas 3 (Tiga) instrumen, yaitu:

    • Pertama, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (Numerasi) murid.
    • Kedua, ialah Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid.
    • Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Tanjungpinang, Bu Endang Susilawati mengatakan bahwa Asesmen Nasional Berbasis Komputer untuk jenjang SMP Negeri maupun Swasta dilaksanakan 4 (Empat) hari, dengan 2 (Dua) gelombang. Gelombang pertama, pelaksanaannya sejak hari Senin, tanggal 19 sampai dengan hari Selasa, tanggal 20 September 2022, kemarin, Dan gelombang yang kedua pada hari Rabu, tanggal 21 sampai dengan hari Kamis, 22 September 2022 ini.

Baca juga: Semua Anak Lulus SD Bisa Masuk SMP Di Jamin Disdik Kota Tanjungpinang

Lanjut Kadisdik Kota Tanjungpinang, untuk hari pertama, asesmen yang di uji tentang literasi dan hari kedua terkait numerasi. Asesmen ini dilakukan untuk peserta didik. Kemudian, survei lingkungan belajar dilakukan untuk Kepala Sekolah dan Guru.

“ANBK yang diikuti sebanyak 31 satuan pendidikan SMP Negeri dan Swasta dengan jumlah peserta sebanyak 1.143 Siswa/Siswi Kelas VIII SMP, selama pelaksanaan ANBK di ruang ujian, para Peserta mendapatkan Pengawas silang antar sekolah,” terang Bu Endang Susilawati Kadisdik Kota Tanjungpinang kepada awak media.

Mengakhiri pembiacraanya, Kadisdik Kota Tanjungpinang Bu Endang Susilawati menjelaskan sementara untuk monev (Monitoring dan Evaluasi) selama pelaksanaan ANBK dilakukan oleh Tim dari Direktorat SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan juga Tim BPMP Provinsi Kepri.

(Ogi “Jhenggot”/Redaksi)

ajax loader

Tinggalkan Balasan