PENGETAHUAN, Gaya Hidup, UP DATE

Lokasi Konser Musik Terbaik Di Indonesia Dan Konser Musik Dengan Jumlah Penonton Terbesar Sepanjang Masa

INTINEWS.CO.ID, PENGETAHUAN Konser musik, Pertunjukan musik di depan umum atau pertunjukan oleh sekelompok pemain musik yang terjadi dari beberapa komposisi perseorangan selama pandemi Covid-19 melanda di Negeri ini sama sekali belum ada. Kerinduan para muda mudi atau pecinta musik untuk menonton langsung konser musiik sudah pasti di tunggu. Namun sebagai pecinta musik, apakah Anda tahu lokasi Konser Musik terbaik di Indonesia Dan Konser Musik dengan jumlah Penonton terbesar sepanjang masa ada dimana saja?

Euforia menonton langsung konser musik musisi lokal atau musisi internasional manggung di berbagai tempat baik itu di Jakarta atau di daerah menjadikan suatu momen yang akan tidak terlupakan.

Baca juga: Cara Hitung Satuan Volt Dan Watt Juga Ampere Listrik Konsumen Rumah Tangga

Lokasi Konser Musik Terbaik Di Indonesia Dan Konser Musik Dengan Jumlah Penonton Terbesar Sepanjang Masa
Ilustrasi dokumen INTINEWS.co.id

Namun, apakah pernah tahu tempat konser musik di Indonesia yang acap kali menjadi langganan musisi lokal maupun internasional untuk manggung? Dan konser musik siapa saja yang pergelarannya terbesar sepanjang sejarah?

Tempat konser musik di Indonesia yang acap kali jadi langganan musisi lokal maupun internasional untuk manggung

Berikut ini deretan tempat konser musik terbaik di Indonesia berdasarkan kutipan berita dari situs web https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/tempat-nonton-konser-musik-terbaik-di-indonesia, sebagai berikut:

  1. Stadion Utama Gelora Bung Karno
    Meski fungsi utamanya sebagai venue olahraga, namun Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) kerap beberapa kali menjadi tempat konser musisi lokal maupun internasional. Dengan kapasitas lebih dari 70.000 penonton, GBK sukses menyelenggarakan konser dari berbagai musisi papan atas dunia, seperti One Direction, Guns N Roses, Ed Sheeran, hingga Metallica.
  2. Istora Senayan
    Selain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, tempat konser musik populer di Indonesia berikutnya masih di kawasan GBK, yakni Istora Senayan. Berada di Kompleks Olahraga Bung Karno, Istora Senayan merupakan gedung olahraga dalam ruangan yang memiliki kapasitas sekitar 7.200 penonton. Layaknya tempat konser musik pada umumnya, Istora Senayan dilengkapi sound system dan fasilitas pendukung lainnya. Banyak musisi papan atas yang pernah tampil di Istora Senayan.
  3. JIEXPO Kemayoran
    Tempat konser musik di Indonesia berikutnya ada di Jakarta International Expo (JIEXPO). Terletak di daerah Kemayoran, JIEXPO sudah menjadi tempat langganan para promotor musik untuk melaksanakan konser hingga festival musik. Dengan kapasitas sekitar 5.000 hingga 12.000 penonton, JIEXPO Kemayoran kerap menjadi tempat festival musik, seperti; Java Jazz Festival, Synchronize Fest, musisi internasional Ariana Grande hingga Backstreet Boys. Selain itu, JIEXPO juga menjadi lokasi rutin penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran dalam perayaan Hari Ulang Tahun Jakarta setiap tahunnya.
  4. Tennis Indoor Senayan
    Adalah tempat konser di Indonesia dengan kapasitas hingga 5.200 penonton. Walaupun tergolong lebih kecil dibandingkan venue konser lainnya, namun Tennis Indoor Senayan selalu sukses menjadi tempat banyak musisi lokal mancanegara saat manggung di Indonesia. Mulai dari LANY, IU, boy group Kpop WINNER.
  5. Ancol
    Tidak hanya di dalam ruangan, tempat konser musik di Indonesia satu ini cukup unik, karena berada di pinggir pantai Jakarta, yakni kawasan Ancol. Memberikan pengalaman musik yang berbeda, pasalnya para penonton dapat menikmati musik di tengah semilir angin pantai yang menyegarkan. Banyak musisi yang pernah konser di Ancol, misalnya Maliq & D’Essentials, Jason Ranti, Padi Reborn, dan masih banyak lagi.
  6. Garuda Wisnu Kencana
    Bukan hanya di Jakarta, ada satu lagi tempat konser musik andalan dan terpopuler di Indonesia lainnya, yaitu Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali. Meski belum menjadi tempat konser langganan seperti beberapa venue di Jakarta, namun GWK telah sukses menjadi tuan rumah festival musik tahunan terbesar di Asia, yaitu Djakarta Warehouse Project (DWP) dan Soundrenaline.

Baca juga: Apakah Insinyur Soekarno Pencipta Rumusan Pancasila Yang Sampai Saat Ini Dipakai Jadi Dasar Negara?

Konser musik yang di gelar  terbesar sepanjang sejarah

Kalau konser musik di venue atau stadion itu jumlah penontonnya yang hadir dibatasi. Ada beberapa konser legendaris yang penontonnya capai jutaan penonton. Konser yang pergelarannya di tempat terbuka sehingga bisa menampung jutaan penonton. Konser musik dengan jumalah Penonton terbesar sepanjang masa dari beberapa literatur diantaranya adalah;

  • Festival Woodstock 1969
    Festival Woodstock (Woodstock Music and Art Fair), sebuah konser musik yang di gelar di tanah peternakan Max Yasgur, dengan luasnya 240 hektar, di Bethel, New York dari 15 Agustus hingga 18 Agustus 1969. Konser musik yang di anggap peristiwa terbesar dalam sejarah musik pop. Jalannya festival ini di rekam dalam film dokumenter berjudul Woodstock produksi tahun 1971. Konser musik yang dihadiri musisi diantaranya; Jimi Hendrix, The Who, Crosby Stills Nash and Young, dan masih banyak lagi.
  • The Rolling Stones, 1969
    Konser musik yang di gelar pada tanggal 5 Juli 1969 di Hyde Park, Inggris. Pergelaran konser musik yang bertemakan The Stones In The Park, merupakan penghormatan kepada Brian Jones (salah satu personilnya yang meninggal).
  • Festival Isle Of Wight, 1970
    Pergelaran konser musik antara di tanggal 26 dan 31 Agustus 1970 di Afton Down, sisi barat Isle of Wight di Inggris. Konser musik terbesar pada masanya.
  • Queen, 1976
    Queen live in Hyde Park 1976, sebuah konser musik grup band Queen pada 18 September 1976 di Hyde Park, London
  • Jean-Michel Jarre – BASTILLE DAY CONCERT, 1990
    Pergelaran konser musik Jean-Michel Jarre yang di gelar di La Defense Distric, Paris, Perancis pada tanggal 14 Juli 1990 (Distrik La Defense di Paris yang merupakan distrik bisnis di ubah menjadi tempat konser. Jean-Michel Jarre menggelar konser dalam rangka memperingati Hari Bastille (hari libur nasional Perancis). Sekitar 2 juta warga Paris dan turis menonton konser tersebut.
  • Rod Stewart, 1994
  • Konser musik Rod Stewart yang di gelar di Pantai Copacabana, Rio Jenairo, Brazil, pada tahun 1994. Rod Stewart adalah penyanyi dan penulis lagu pop/rock legendaris Inggris. Dengan suara nyanyian serak khasnya merilis album yang memasukkan musik rock, R&B, musik jiwa, dan musik rakyat.
  • Oasis, 1996
    Pergelaran konser musik di Desa Knebworth, Inggris, tahun 1996, selama 2 malam. Grup Band yang terbentuk pada tahun 1991, Oasis merilis album pertama bertajuk Definitely Maybe (1994), album kedua bertajuk (What’s the Story) Morning Glory? (1995), dan Album ketiga bertajuk Be Here Now (1997). Setelah itu Oasis merilis album Standing on the Shoulder of Giants (2000), Heathen Chemistry (2002), Don’t Believe the Truth (2005) dan Dig Out Your Soul (2008). Oasis bubar saat berada di puncak karier pada yahun 2009.
  • Jean Michel Jarre, 1997
    Konser musik Jean Michel Jarre, seorang musisi asal perancis. Pergelaran konser musik yang luar biasa, di gelar di Universitas Negeri Moskow di Lenin Hills, Moskow, Rusia. Pergelaran konser musik untuk merayakan ulang tahun Kota Moskow yang ke-850.

Setalah membaca jadi tahu lokasi Konser Musik terbaik di Indonesia dan Konser Musik dengan jumlah Penontonnya terbesar sepanjang masa ada yang mencapai jutaan. Jadi jelas bahwa cara yang lebih seru dalam menikmati musik dan merasakan pengalaman musik dengan menonton langsung musisinya manggung.

(Redaksi)

ajax loader

Tinggalkan Balasan