18 Jenis Anjing Terbaik Memiliki Kesetiaan Dan Patuh

18 Anjing setia dan Patuh versi INTINEWS.co.id

INTINEWS.CO.ID, PENDIDIKAN&IPTEK Istilah ‘anjing’ mengacu pada ‘serigala’ hasil domestikasi Canis lupus familiaris, yang pernah diklasifikasikan sebagai spesies yang berbeda dari serigala (Canis familiaris) pada tahun 1758 oleh Linnaeus (Carolus Linnaeus atau Carl von Linné adalah seorang Ilmuwan Swedia yang meletakkan dasar tata nama biologi, dikenal sebagai “bapak taksonomi modern” dan juga merupakan salah satu “bapak ekologi modern”). Namun sebaliknya di tahun 1993 kalisifikasi Linnaeus yang mengatakan anjing merupakan spesies yang berbeda dari serigala terbanahkan oleh Lembaga Smithsonian dan Asosiasi Ahli Mamalia Amerika yang menetapkan anjing sebagai sub spesies serigala abu-abu.

Apakah anda mengetahui bahwa ada Ilmu pengetahuan yang mempelajari segala hal mengenai tentang hewan anjing?. Bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari segala hal mengenai tentang hewan anjing dinamakan Kinologi yang berasal dari bahasa Yunani kuno. Kinologi artinya:

  • κυνός (di baca; kynόs artinya “anjing”
  • λόγος (di baca lógos artinya “ucapan, akal”

Anjing sebagai hewan kelompok. merupakan hewan sosial yang bisa di latih dan merupakan hewan yang setia. Sehingga anjing banyak dimanfaatkan manusia mulai dijadikan sebagai konsumsi, penjaga rumah, penjaga ternak, hewan peliharaan, hewan pelacak membantu kepolisian dan bahkan dimanfaatkan di pertempuran perang.

Baca juga: Solusi Masalah Pernah Menginstall Plugin WordPress Namun Mengulang Install Tidak Bisa

Berikut ini beberapa anjing penjaga yang kerap dipelihara dan terkenal kesetiaannya, antara lain:

  1. Boxer
    Tampilannya saja sudah terlihat sangat kuat dan paras yang garang, miliki sifat yang sangat protektif serta dapat diandalkan untuk menjadi penjaga rumah yang baik, anjing yang cerdas, loyal, selalu waspada, dan mudah untuk di latih. Anjing ini sangat ramah kepada anak-anak atau sebagai teman keluarga.
  2. German Shepherd Dog/Herder
    Anjing serba bisa, karakteristiknya besar, lincah, pintar, serta protektif. Anjing yang merupakan piilihan bagi banyak orang untuk dijadikan sebagai anjing penjaga rumah yang handal, manja, mudah untuk diajak main atau berpergian.
  3. Doberman Pinscher
    Mirip jenis Rottweiler, di kenal sebagai anjing yang sangat agresif, miliki sikap yang amat patuh kepada majikannya dan pintar dalam mengontrol emosinya.
  4. Rottweiler
    Berasal dari negara Jerman, Anjing yang memeliki tenaga yang cukup kuat,banyak gerak serta stimulasi mental yang cukup sehingga bisa dimanfaatkan untuk bantu menyelesaikan pekerjaan seperti menggiring ternak, menarik gerobak, menjaga rumah, hingga digunakan di institusi kepolisian dan militer untuk melakukan beberapa tugas fisik yang sanggup di terima oleh anjing yang satu ini. Anjing jenis Rottweiler ini tidak boleh dibiarkan untuk bermalas – malasan.
  5. Tornjak
    Memiliki kesetiaan yang amat tinggi kepada pemiliknya, pintar, selalu gerak, naluri yang stabil, ramah dan punya tingkat percaya diri yang tinggi, serta sangat mudah untuk mencurigai orang asing. Ada yang mengatkan bahwa anjing tornjak merupakan keturunan dari anjing Tibetan mastiff yang berada di kawasan Iran modern.
  6. Komondor
    Anjing Komondor berasal dari negara Hungaria, berukuran besar dan ciri khas berupa bulunya yang terlihat seperti rambut gimbal, memiliki pembawaan yang sangat santai, jiwa yang sangat pemberani, kuat, menyayangi keluarganya serta bersikap sangat protektif sehingga anjing ini akan selalu mengambil posisi siaga apabila ia melihat ada orang lain yang mendekat dengan keluarganya atau majikannya, sehingga sangat memerlukan latihan supaya si anjing tidak bertindak gegabah.
  7. Rhodesian Ridgeback
    Merupakan jenis kategori anjing pemburu, miliki sifat yang sangat setia serta protektif sehingga masuk dalam anjing penjaga terbaik yang ada di dunia. Postur tubuhnya mendukung sangat gesit berlari. Anjing satu ini sangat membutuhkan latihan, khususnya untuk latihan kepatuhan sebab secara naluri anjing ini jenis yang sangat protektif sehingga tidak tepat untuk dijadikan sebagai anjing keluarga. Karena, anjing ini tidak akan segan membahayakan siapapun yang dianggapnya orang asing apa lagi ketika baru ia lihat pada saat berada dekat dengan majikannya.
  8. Akita
    Anjing Akita di kenal yang memiliki sifat sangat loyal, sangat setia terhadap pemiliknya. Anjing ini di rekomendasi sangat cocok untuk dijadikan sebagai anjing penjaga (di rumah) sebab ia mempunyai sifat yang sangat protektif, sangat waspada kepada orang asing.
  9. Bullmastiff
    Anjing jenis ini bukan berasal dari ras murni, tetapi merupakan hasil dari kawin silang antara Bulldog dengan Masitff. Anjing Bullmastiff yang terkenal sebagai anjing yang tidak mempunyai rasa takut, berani, loyal serta penuh kasih sayang walaupun mempunyai bentuk perawakan tubuh yang besar.
  10. Malinois Belgia (Belgian Malinois)
    Anjing ini menjadi salah satu andalan di institusi kepolisian dan militer karena energik, aktif, intensif, dan terlihat selalu siap bekerja setiap saat. Kemampuannya semakin mantap ketika ada pelatihan khusus setiap harinya. Malinois Belgia akan merasa nyaman di lingkungan asing atau baru.
  11. Kuvasz
    Anjing ciri khasnya bulu yang terlihat sangat indah, menjadi anjing penjaga juga dapat dijadikan sebagai sahabat untuk keluarga dan ramah kepada anak kecil. Dengan syarat, selalu berikan kasih sayang serta jangan tunjukkan agresi. Sejak 2.000 tahun yang lalu, anjing satu ini juga sudah dikenal sebagai anjing penjaga yang berasal dari salah satu ras anjing tertua di dunia. Anjing yang akan selalu mewaspadai orang asing yang berdekatan dengan keluarganya, bisa langsung menyerang ketika ia menganggap objek itu suatu ancaman, oleh sebab itu diperlukan pelatihan.
  12. Great Dane
    Anjing yang memiliki ukuran spesial (sangat besar) namun bisa sabar dan lembut terhadap anak-anak. Merupakan anjing yang tajam, waspada, supel, mudah bergaul dan berteman dengan siapa pun. Hanya saja, Great Dane bukan pilihan utama dan yang terbaik jika digunakan sebagai anjing peliharaan dan sekaligus pelindung di rumah, jadi perlu pelatihan khusus.
  13. American Bulldog
    Dari tampilannya masuk ke dalam jenis anjing pitbull yang memiliki badan berotot serta kokoh namun terkenal kelembutan dan keramahannya, rasa percaya diri yang sangat tinggi sehingga pada suatu waktu dapat berubah menjadi keras kepala. Anjing ini sebenarnya bukan dikenal untuk dijadikan sebagai anjing penjaga, justru kategori anjing pekerja yang digunakan untuk bekerja di area peternakan menjaga ternak serta properti majikannya.
  14. Tibetan Mastiff
    Anjing yang memiliki tubuh yang sangat besar, anjing penjaga dengan pembawaan kalem namun apabila marah maka sifat agresif akan muncul, sehingga dengan tubuh yang besar sangat mudah untuk mengintimidasi lawannya. Anjing yang sangat berjiwa teritorial, kawasannya akan benar-benar di jaga, apabila terdapat manusia atau hewan lain yang dianggap ganggu kawasannya maka anjing ini akan langsung menyerang. Meski garang, anjing satu ini sangat mencintai keluarga dan pemiliknya. Anjing yang sudah dikenal sebagai anjing yang setia dan juga protektif, sejarahnya anjing satu ini memang sudah dijadikan menjadi anjing penjaga di daerah Tibet.
  15. Chow Chow
    Anjing yang berasal dari negara Cina serta Mongolia, Anjing yang setia dan loyal ini mempunyai lidah berwarna, sifatnya dominan, bulu yang terlihat mengembang indah sehingga mengira jika anjing ini merupakan anjing imut dan ramah. Padahal anjing ini sudah dikenal menjadi anjing penjaga, salah satu anjing penjaga tertua dari Dinasi Han (sekitar pada tahun 206 SM).
  16. Cane Corso
    Memiliki ukuran besar dengan bobot tubuhnya berat. Anjing memiliki insting alami untuk menjaga. Secara historis, anakan anjing Italia ini sudah digunakan untuk menjadi anjing pemburu, anjing perang dan anjing penjaga yang garang. Fokus pelatihan pada ketaatan dan kedisiplinan, pelatih juga bisa mengasah keterampilan alaminya.
  17. Giant Schhnauzer
    Tubuh besar menjadikan anjing ini sangatlah kuat, mudah untuk di latih dan tergolong ke dalam jajaran anjing penjaga terbaik di dunia. Anjing ini membutuhkan pelatihan yang fokus pada latihan kepatuhan, sebab anjing ini dapat berubah ganas pada waktu sedang marah. Anjing ini terkenal setia serta akan melindungi pemiliknya dengan berbagai macam cara.
  18. Caucasian Shepherd Dog
    Anjing yang miliki karakteristik pemberani dan gagah namun sangat ramah. Bulunya tebal, dikenal dengan sebutan cuddle-buddy sebab naluri mereka yang sangat manja serta sangat sayang kepada pemiliknya. Anjing yang biasanya dijadikan anjing gembala namun merupakan salah satu jenis anjing yang bisa berubah menjadi anjing ganas pada saat ia tengah menghadapi sebuah ancaman. Termasuk anjing yang pas untuk dijadikan penjaga rumah.

Baca juga: Perlu Diterapkan Sanksi Yang Setinggi-tingginya Ke Kebun Binatang Sinka Zoo

18 jenis anjing yang terbaik dalam memiliki  kesetiaan, kepatuhan dan selalu siap menjaga kepada pemiliknya versi INTINEWS.co.id, semoga dapat bermanfaat jadi referensi para pembaca ketika hendak mempunyai peliharaan anjing sebagai penjaga atau hewan peliharaan .

@Referensi Net

(Redaksi)

www.INTINEWS.co.id

www.intinews.co.id is legal cyber news in Indonesia to presents news with professionality, actual and no hoaxes. With Motto: "Continuous Struggle against oppressors with fact data!"

Terima kasih atas perhatiannya. Hormat kami, Pimred www.intinews.co.id

%d blogger menyukai ini: