Solusi Masalah Pernah Menginstall Plugin WordPress Namun Mengulang Install Tidak Bisa

Dalam berpengetahuan berbagi ilmu itu sangat penting, suatu kepuasan ketika berkontribusi yang benar. foto dokumentasi INTINEWS.co.id

INTINEWS.CO.ID, PENDIDIKAN&IPTEK Di Era kemajuan yang serba ‘dunia maya’ seperti saat ini membuat setiap orang mau atau tidak mau harus mengikuti pola hidup globalisasi. Seperti membuat “website” atau “situs” sendiri baik itu untuk memopulerkan diri, usaha/bisnis, institusi/organisasi, dan lain-lainnya. Nah, bagaimana ketika.website terjadi masalah pengaturan Plugin di wordpress, seperti sudah berkali-kali “Install” Plugin yang diinginkan tapi tetap gak bisa?. Berikut ini cara solusi permasalahannya versi INTINEWS.co.id.

Baca juga:“Kamera untuk Fotografi Terbaik”

Apakah tahu fungsi Plugin?, plugin memiliki peran penting untuk “WordPress” bagian yang tidak bisa terpisahkan dari WordPress. Terdapat ratusan Plugin yang memiliki kriteria dan manfaat yang berbeda-beda, jadi tidak harus sebanyak-banyaknya menginstall plugin di wordpress anda (install plugin sesuai kebutuhan situs anda), karena akan dapat mengganggu situs anda.

Apa itu “WordPress”?. WordPress merupakan CMS open source dominan yang digunakan oleh blogger, IT situs, penyedia hosting, webmaster. Memanfaatkan berbasis WordPress dapat menginstal ratusan macam Plugin yang dianggap penting sehingga menjadikan blog atau situs sempurna sesuai kebutuhan. Instalasi plugin sendiri dapat dilakukan melalui berbagai cara, antara lain:

  1. mulai install langsung dari dashboard WordPress,
  2. Install melalui dokumen plugin yang sudah disimpan di folder perangkat komputer/laptop
  3. download-upload- install hingga instalasi melalui cpanel hosting.

Baca juga: Solusi Tidak Punya Keturunan

Pengertian PLUGIN. Plugin yaitu sesuatu program komputer yang meningkatkan performa sebuah program utama. Jadi jika Plugin WordPress, Sesuatu program tambahan (meningkatkan fungsi) yang dapat di integrasi ke WordPress sehingga memenuhi instalasi standar.

Bagaimana ya kerja Plugin itu?. WordPress Plugin API (Application Program Interface) ada satu setel hook dan filter yang kuat dapat memungkinkan pengembang untuk mengkhususkan fungsi WordPress yang telah ada atau menambah fungsi baru. Plugin yang di Install otomatis terdaftar di database WordPress. Menggunakan Plugin wordpress bisa update setiap saat dan bisa diaktifkan kapanpun atau di non aktifkan kapanpun. Plugin ada gratis (free) dan ada yang Pro (berbayar), Jadi pengaturan plugin itu tidak akan sama karena ada plugin ketika di install lalu diaktifkan langsung bekerja, namun ada plugin yang membutuhkan konfigurasi sederhana, dan ada yang memiliki pengaturan yang harus di konfigurasi teliti/detail.

Baca juga:Yang Lebih Hemat ‘Pakai Listrik Prabayar atau Pascabayar’

Lalu bagaimana jika anda sudah mengalami masalah Plugin yang diinginkan sudah berulang kali di install tetap saja tidak bisa di Install, padahal sebelumnya Plugin tersebut sudah pernah di Install?.

Dalam proses instalasi plugin ketika terkendala dimana plugin yang di install tidak dapat di install sebagaima mestinya. Seperti Plugin Jetpack, Yoast SEO, Akismet, dan sebagainya, merupakan plugin yang memiliki fungsi sangat penting untuk situs anda yang harus di install. Plugin yang sebenarnya sudah pernah di Install lalu hilang setelah blog bermigrasi dari shared hosting ke cloud hosting sehingga  Pusing ‘seribu keliling’ di coba cara yang ini dan itu tetap juga tidak bisa. Solusinya adalah dilakukannya perubahan “nilai permission” pada Plugin yang pernah di Install tapi tidak bisa di Install itu. Berikut cara mengatasi masalah tidak bisa install plugin di WordPress.

  • Masuk ke (login) C panel hosting
  • Buka file manager
  • Pada  file manager masuk ke public_html/wp-content/plugins, temukan folder plugin yang tidak bisa di install. Contoh: Akismet plugin yang tersimpan di folder public_html/wp-content/plugins/akismet
  • Klik kanan pada folder tersebut, kemudian pilih menu Change Permission, lalu rubah nilai Permission jadi 755
  • setelah nilai Permission di rubah ke 755, silakan coba ulang install plugin itu. Jika tidak ada kendala teknis lainnya, mestinya instalasi plugin sudah bisa dilakukan secara normal.

Dalam berpengetahuan berbagi ilmu itu sangat penting, mungkin banyak cara atau solusi selain yang dipaparkan ini, karena cara ini dari sumber net yang dianggap redaksi cukup sederhana, mudah dimengerti dan tepat. Suatu nilai kepuasan ketika kita berkontribusi yang benar. Semoga bermanfaat.

(Redaksi).

www.INTINEWS.co.id

www.intinews.co.id is legal cyber news in Indonesia to presents news with professionality, actual and no hoaxes. With Motto: "Continuous Struggle against oppressors with fact data!"

Terima kasih atas perhatiannya. Hormat kami, Pimred www.intinews.co.id

%d blogger menyukai ini: