Kiat Sembuh Dari Berdahak

 

Benarkah Virus Corona menyebabkan adanya Cairan Lendir/Dahak yang menghalangi masuknya oksigen ke Paru-paru?, ilustrasi foto dokumnetasi INTINEWS.co.id

INTINEWS.CO.ID, KESEHATAN – Wabah Covid-19 (Virus Corona) sudah mendunia, hampir seluruh media sosial maupun di pemberitaan on line memberitakan perihal ini. Dari beberapa artikel tersebar di ‘dunia maya’ ada menerangkan salah satu indikasi kematian orang terinfeksi Virus Corona karena cairan kental/lendir atau disebut “Dahak” menutupi saluran udara di paru-paru dan akhirnya mati karena gagal napas. Benarkah “Dahak” salah satu penyebab kematian tersebut?.

Dijelaskan lebih lanjut dari artikel terkait kematian pasien terkena corana karena ‘Pneumoonia Virus Corona’ bahwa ada cairan kental abu-abu di paru-paru pasien, lendir putih berbusa di rongga trakea, kondisi medis yang menyebabkan jalan napas paru-paru membengkak dan menyempit. Karena pembengkakan ini, jalur udara menghasilkan lendir yang berlebihan sehingga sulit untuk bernapas, yang menyebabkan batuk, napas pendek, dan mengi.

Baca juga: Obatnya Diabetes

Mengapa tidak bisa menghirup oksigen dengan dukungan ventilator?. Karena cairan kental itu menghalangi jalur oksigen (Jalannya tidak bisa dilewati). Sejumlah besar oksigen dihirup, tetapi penyumbatannya tambah meningkat. Oksigen tidak dapat disalurkan ke dalam darah, dan akhirnya sepeti tercekik oleh cairan kental ini.

Penggunaan alat ventilator oksigen memungkinkan jadi kontra-produktif. Tekanan oksigen akan mendorong lendir lebih dalam ke ujung paru-paru, sehingga semakin memperparah keadaan hipoksia pasien. Jadi, cairan kental yang disebut “Dahak” ditangani terlebih dahulu.

Baca juga: Definisi, Gejala, dan Pengobatan Penyakit ASAM URAT

Dahak adalah mukus atau lendir yang dihasilkan di saluran pernapasan. Fungsinya adalah untuk mengumpulkan pemicu alergi (alergen) dan bakteri, melindungi jaringan pada dinding saluran pernapasan, serta untuk menjaga kelembabannya. Cara mengeluarkan dahak dirasakan agak susah.

Dalam jaga kesehatan tubuh kita atau untuk mengantisipasi tubuh kita agar selalu tetap terjaga ‘Fit’, berikut ini beberapa cara terbebas dari Dahak;

1. Mengkonsumsi Obat-Obatan, seperti;

  • Obat Antihistamin, anithistamin mengandung senyawa untuk mengurangi reaksi terhadap alergi.
  • Obat Dekongestan, Obat ini tersedia dalam bentuk sirup atau hirup. 
  • Obat Ekspektoran, merupakan jenis obat yang bermanfaat untuk mengencerkan dahak agar mudah keluar.

Itu adalah beberapa jenis Obat-Obatan yang menerangkan dapat digunakan jika berdahak. Tapi, perlu diperhatikan semua obatan ada kadarnya masing-masing, jadi harus jumpai dokter terlebih dahulu.

Baca juga: Penanganan Angin Duduk

2. Mengkonsumsi dengan memakan yang alami, seperti;

  •  Buah Apel Hijau, dengan membuat Jus Apel Hijau. Bisa di kombinasi dengan lobak, wortel dan bawang putih.
  • Buah Nanas, dipercayai bisa sebagai antivirus, anti-inflamasi, dan antibakteri.
  • Buah Mengkudu, dibuat jus mengkudu ditambah sirup rempah. Cara merecik, Bahan:
      1. 2 buah mengkudu tua dan kuning, dipotong kasar
      2. 400 ml air matang

    Sirup rempah: 1 jari kunyit, kupas dan memakan, 1 jempol jahe merah, kupas dan memarkan, 1 batang serai, memarkan, 1/2 jari kayu manis, 2 helai kembang pala, 7 butir kapulaga, pukul sampai retak, 2 sdm gula pasir, 600 ml air.
    Cara membuat:

    1. Campur mengkudu dengan air dan diblender hingga halus.
    2. Saring dan buang ampasnya.
    3. Rebus semua bahan sirup rempah hingga mendidih.
    4. Saring dan ambil airnya.
    5. Sajikan bersama jus mengkudu.
  • Tomat, kaya akan vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus atau bibit penyakit. Jus Tomat bisa dicampur dengan daun bayam, jeruk lemon dan daun kemang.
  • Wortel, jus wortel di kombinasi dengan daun parsley, jahe dan jeruk lemon.
  • Jahe dengan Lemon, Jahe yang di geprak lalu di rebus, rebusan air jahe di campur dengan air lemon yang sudah di peras.
  • Buah Bit, Buah Bit dan Jahe di blender bersamaan. Buah Bitdipercayai mengandung zat antioksidan dalam jumlah yang sangat banyak sedangkan jahe khasiat mengencerkan dahak.
  • Buah Kiwi, dipercaya dapat mendorong sistem kekebalan tubuh secara alami. Buah kiwi juga mengandung actinidain.
  • Buah Jambu Biji, kaya akan kandungan zat besi dan vitamin C.  bisa melawan infeksi. Jus jambu biji yang segar ditambah dengan rebusan daun jambu biji untuk membunuh virus ataupun bakteri.

Berguna jaga daya tahan tubuh dengan memakan beberapa jenis bauah-buahan tersebut  walaupun kita tidak dalam keadaan sakit, dan mengonsumsi makanan bergizi juga istirahat yang cukup.

Dalam Wabah Virus Corona saat ini wajib kita mengikuti arahan/anjuran/himbauan dari pemerintah untuk keselamatan khususnya diri sendiri beserta keluarga tercinta.

(Redaksi).

Redaksi

www.intinews.co.id adalah berita siber legal di Indonesia, menyuguhkan berita dengan profesionalitas, aktual dan anti hoaks. (www.intinews.co.id is legal news in Indonesia that presents news with professionality, actual and no hoaxes) With Motto: "The Struggle Continuously, oppressive opponents with fact data !".

Related Posts

Terima kasih atas perhatiannya. Hormat kami, Pimred www.intinews.co.id

%d blogger menyukai ini: