WWW.INTINEWS.CO.ID

"Sulit dapat KEADILAN berdasarkan KEBENARAN maka LAWAN PENINDASAN itu dengan Data Fakta !." (Pemred INTINEWS.co.id)

Pembangunan Infrastruktur Dan Budaya Harus Seimbang

INTINEWS.CO.ID, NASIONAL - Anggota Komisi VI DPR RI Putu Supadma Rudana mengingatkan kepada pemerintah agar terus menjaga kebudayaan dengan komitmen yang tinggi.
Gedung DPR RI. Ilustrasi foto dokumentasi INTINEWS.co.id

INTINEWS.CO.ID, NASIONAL – Anggota Komisi VI DPR RI Putu Supadma Rudana mengingatkan kepada pemerintah agar terus menjaga kebudayaan dengan komitmen yang tinggi. Padahal semestinya masifnya pembangunan infrastruktur sebaiknya juga diimbangi dengan pembangunan kebudayaan pula. Menurutnya, kebudayaan merupakan bagian dari alat pertahanan dan pemersatu bangsa.

Politisi Partai Demokrat ini juga menyoroti rendahnya komitmen pemerintah dalam kebudayaan. Ia bahkan menyebutkan ajaran Tri Sakti Bung Karno yakni berkepribadian dalam kebudayaan harus menjadi landasan pemerintah dalam berbagai kebijakan kebudayaannya.

Baca juga: Museum Radya Pustaka Masih Menyimpan Hadiah dari Napoleon Bonaparte

“Berdaulat di bidang politik, berdikari dalam ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan. Nah tentu ini menjadi catatan bagi bangsa ke depan untuk mengawal, bukan hanya retorika,” tutur Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antara Parlemen (BKSAP) DPR RI ini.

Politisi yang bertugas di Komisi X DPR RI pada Periode 2014-2019 ini juga mengingatkan agar pembangunan infrastruktur di daerah pemilihannnya (dapil), Bali untuk tidak mengabaikan unsur kebudayaan pula. Ia mendorong agar pariwisata Bali juga berfokus pada kearifan lokal budaya harus terus digelorakan.

Baca juga: Wow..Ternyata 100 Museum Masuk Kategori Tidak Layak

Putu meyakini bahwa kebudayaan adalah alat pemersatu bangsa yang harus dijaga kelesatariannya, tak hanya itu budaya juga menentukan sikap, karakter dan perilaku para SDM-nya. Sehingga sebuah negara akan menjadi besar jika, tak hanya infrastuktur, kebudayaan juga harus menjadi prioritas pembangunan.

“Esensinya adalah kecintaan terhadap kebudayaan untuk diteruskan pada generasi muda. Harus ada komitmen pada pembangunan kebudayaan,” tutup Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Masa Bakti 2014-2019 ini.

@Sumber berita, http://www.dpr.go.id/berita/detail/id/27138/t/Pembangunan+Infrastruktur+dan+Budaya+Seharusnya+

(Redaksi)