UP DATE

Dengan Sisa Waktu Pemerintahan Jokowi Mungkinkah Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto Dapat Memberantas Mafia Tanah

https://intinews.co.id
Dengan Sisa Waktu Pemerintahan Jokowi Mungkinkah Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto Dapat Memberantas Mafia Tanah?. Ilustrasi dokumen https://intinews.co.id

INTINEWS.CO.ID, NASIONAL Anggota Komisi II DPR RI Anwar Hafid berharap terpilihnya Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/Kepala BPN dapat memberantas mafia tanah di Indonesia. Dimana permasalahan itu sering kali membebani masyarakat dan menimbulkan persoalan besar.

“Saya mendukung dilantiknya Pak Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/Kepala BPN. Karena memang dibutuhkan sosok yang tegas dan berani dalam mengatasi persoalan pertanahan di Indonesia,”ungkap Anwar Hafid kepada wartawan, baru-baru ini.

Baca juga: Mempertanyakan Kinerja BPN Mengecek HGU Sesuai Aturan Tata Ruang Tercantum Di UU Cipta Kerja

Dijelaskannya, masalah pertanahan menjadi persoalan yang terus dibahas bersama mitra kerja mereka yakni Kementerian Agraria Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Negara (BPN). Salah satunya persoalan tanah dengan status hak guna usaha (HGU). Dimana masyarakat diperhadapkan dengan korporasi.

Sementara Hadi yang juga seorang Mantan Panglima TNI dengan jiwa NKRI nya sangat kuat, pasti akan selalu berkomitmen bersama rakyat. Sebagaimana yang kerap diungkapkan Presiden Joko Widodo, untuk selalu menyelesaikan tanah rakyat. Dan Hadi merupakan sosok yang punya keberanian untuk melaksanakannya.

Pasalnya sebagaimana amanat Undang-Undang Dasar 1945 dimana bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

“Menteri ATR harus berani membersihkan internal lembaganya dari tingkatan pusat hingga daerah,” harapnya.

Baca juga: Laskar Anti Korupsi Indonesia DPD Provinsi Kaltim Andi Agusalim, SH Jangan Karena Nila Setitik Rusak Susu Sebelanga Efek Pencabutan Ribuan Izin Minerba

Terkait sosok Hadi Tjahjanto yang bukan berlatar belakang dari partai politik, politisi dari Fraksi Partai Demokrat ini mengingatkan bahwa hal itu lebih mempermudah kinerjanya dalam melaksanakan tanggung jawab dari presiden.

“Justru tidak dari parpol, lebih bisa melaksanakan dengan sangat leluasa, tidak terkooptasi dengan kepentingan politik,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui bersama, Presiden Joko Widodo, Rabu (15/6) kemarin, Presiden Jokowi melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) serta beberapa wakil menteri lainnya, di Istana Negara, Jakarta.

Hadi Tjahjanto merupakan Panglima TNI periode 2017-2021. Ia di tunjuk sebagai Menteri ATR/Kepala BPN menggantikan Sofyan Djalil.

@Sumber berita, https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/39408/t/Legislator+Berharap+Menteri+ATR-Kepala+BPN+Baru+Dapat+Berantas+Habis+Mafia+Tanah

(Redaksi)

ajax loader

Tinggalkan Balasan