PENGETAHUAN, UP DATE

Beli Motor Baru Yang Irit Kencang Dan Stabil Di Jalanan

https://intinews.co.id
Beli motor baru yang irit kencang dan stabil di jalanan. Foto dokumentasi https://intinews.co.id

INTINEWS.CO.ID, PENGETAHUANKebutuhan motor atau kendaraan roda 2 (dua) sampai saat ini sangat dibutuhkan, namun masih banyak masyarakat awam tentang menyesuaikan motor yang di beli dengan kebutuhannya. Baca ini duhalu sebelum beli motor baru yang irit kencang dan stabil di jalanan.

Perhatikan dahulu berbagai macam spesifikasi pada motor tersebut, misalnya: mesin apa yang digunakan, berapa kapasitas tangkinya, menggunakan teknologi SOHC atau DOHC, dan lain-lainnya. Hal mesin motor menggunakan teknologi SOHC atau DOHC menjadi suatu yang esensial sebelum beli motor, Ingat jangan beli motor baru lebih mengutamakan model/bentuk “cover” motornya.

Apa SOHC atau DOHC?. SOHC adalah Single Over Head Camshaft, dan DOHC adalah Double Over Head Camshaft. Kedua ini berbeda dari segi jumlah camshaft (noken as) yang digunakan pada mesin (tepat posisi di bagian silinder head). Jadi, Camshaft atau noken as adalah batang silinder yang berfungsi mengatur timing buka tutup klep in – ex, perlu di ingat:

  • DOHC memiliki dua buah camshaft yang masing-masing (in dan ex)
  • SOHC hanya satu camshaft (in – ex). Jika sobat belum tahu apa itu camshaft bisa baca referensinya Camshaft atau noken as adalah batang silinder yang berfungsi mengatur timing buka tutup klep in – ex.

Baca juga: Karakter Seseorang Berdasarkan Tanggal Lahirnya

Biaya Perawatan Mesin SOHC Lebih Terjangkau

Kok bisa?. Pada umumnya, mesin SOHC hanya single camshaft (noken as), mesin yang jenis ini hanya memiliki satu buah noken as, sudah pasti komponen pendukung pun nggak lebih banyak dari DOHC. Dengan jumlah komponen/part yang lebih sedikit sehingga ongkos efisien dari biaya perawatan, cukup terjangkau.

DOHC, kelebihannya ada di performa mesin, lebih kencang dan halus

Jadi, buat para pembaca yang menginginkan motor untuk harian yang irit dan mudah perawatannya, disarankan pilih motor bermesin teknologi SOHC, jika para pembaca pengen motor yang performa tinggi, powerful, kencang maka DOHC lebih tepat.

Baca juga: Ayo Lihat Karakter Berdasarkan Hari Lahir

SOHC Dengan Teknologi VVA

Namun, dengan adanya kemajuan (perkembangan) teknologi ada VVA (Variable Valve Actuation), yang merupakan teknologi dari salah satu merek ternama produksi motor. Cara kerja VVA, bekerja bukan berdasarkan kecepatan motor tapi pada putaran mesin motor (rpm/ revolutions per minute). Teknologi VVA inilah yang bikin tenaga mesin bisa terasa terus mengisi di setiap putaran mesin, juga bisa bikin konsumsi BBM lebih irit.

Alternatif pilihan ini (VVA) bagi para pembaca pengen punya motor yang konsumsi bensin relatif lebih irit tapi tenaganya powerful dan stabil di jalanan. Contoh motor yang masih menggunakan SOHC namun dengan 4 klep (Dengan teknologi VVA) ada pada motor R15, atau Aerox untuk motor matic. Jadi wajar saja kalau motor matic Aerox adalah pilhan berkualitas bagi penguna yang cerdas.

(Redaksi)

ajax loader

Tinggalkan Balasan