DAERAH, UP DATE

Ajak IKA PMII Kampanyekan Moderasi Beragama

0 0
Read Time:2 Minute, 17 Second
512555
Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi saat menjadi Narsum pada Dialog Publik usai Pelantikan IKA PMII di Kalbar (foto: Arief).

INTINEWS.CO.ID, DAERAH Pontianak, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid mengajak Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) ikut mengkampanyekan moderasi beragama, utamanya di kalangan mahasiswa dan civitas akademika kampus.

Dikatakan Wamenag, sejak beberapa tahun, Kementerian Agama terus mengkampanyekan dan mengembangan sikap moderasi beragama.

“IKA PMII diharapkan perannya dalam berbangsa bernegara, terlebih Kemenag saat ini sedang mengembangkan Moderasi Beragama,” ulang Wamenag saat menghadiri Pelantikan dan Dialog Publik, Pengurus Wilayah IKA PMII Kalimantan Barat Periode 2019-2024, Pontianak, Jum’at (10/01). Ikut mendampingi, Kakanwil Kemenag Kalbar Ridwansyah.

Baca juga: Kemenag Kepri Sosialisasikan E Data – Pengelolaan Integrasi Data Digital Satu Pintu

IKA%20PMII%20Insert
Wamenag Zainut Tauhid saat memberikan selamat pada Ketum Pengurus Wilayah IKA PMII Kalbar, Suib, Periode 2019-2024 (foto: Arief).

Wamenag berkisah bahwa dirinya juga pernah menjadi warga besar PMII walau hanya sampai pada pengurus cabang, sebagai ketua Komisariat PMII di Tanjung Priok. Selajutnya, Zainut Tauhid mengembangkan sayap organisasinya di Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU).

“Tolong dicatat, agar saya diakui sebagai alumni PMII. Walau Saya lama di IPNU, dua Periode di IPNU Pusat,” kata Zainut.

Zainut menjelaskan, dalam Renstra Kemenag sekarang, salah satu program kebijakan utamanya adalah membangun moderasi beragama. Maksudnya, meletakkan praktik keagamaan dalam pososi yang tawasut, moderat, atau di tengah-tengah.

Baca juga: Tingkatkan Peran Cendekiawan Muslim dalam Pembangunan SDM Unggul

Menurut Zainut, pemahaman yang mengarah pada radikalisme mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara beberapa tahun terakhir. Menjadi tugas Kemenag dan masyarakat untuk membentengi anak bangsa dari paham yang ekstrem dan radikal. Sikap radikal ini bisa lahir karena berbagai aspek,  baik persoalan ekonomi, politik, dan sosial, juga faktor pemahaman keagamaan yang keliru.

Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi A Halim Iskandar yang juga turut hadir menyampaikan bahwa sekarang saatnya semua warga bangsa, terlebih kaum muda dan generasi intelektual, sudah tidak lagi bicara kelompok-kelompok.

“Yang penting hari ini adalah kita membangun bangsa Indonesia lebih cepat, lebih maju, agar semakin baik dan semakin besar,” kata Halim Iskandar.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengaku bangga atas dilantiknya IKA PMII di bumi khatulistiwa. Karena, selama ini pegerakan mahasiswa ini sudah banyak berkontribusi dalam kemajuan masyarakat di Kalimantan Barat.

“Mari terus kita jaga komunikasi yang baik, untuk membangun Kalimantan Barat. Kuasai data, karena tanpa menguasai data kita tidak bisa bekerja baik sesuai yang diinginkan bersama,” pesan Sutarmadji.

Ketua Umum PB IKA PMII KH Akhmad Muqowam mengucapkan terimakasih atas hadirnya Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid dan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi A Halim Iskandar pada acara pelantikan IKA PMII ini.

@Sumber berita, https://kemenag.go.id/berita/read/512555/wamenag-ajak-ika-pmii-kampanyekan-moderasi-beragama

(Redaksi).

ajax loader

cropped cropped Logo Resmi INTINEWS co id ©®2020 1

About Post Author

www.INTINEWS.co.id

www.intinews.co.id is The legal cyber news in Indonesia with professionality, actual and no hoaxes. With Motto: "Continuous struggle against oppressors with fact data!"
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: