PROV. KALTIM, UP DATE

Penemuan Gas Dari Sumur Eksplorasi Geng North-1 Di Lepas Pantai Kalimantan Timur Info Kabar Gembira

6 Views

INTINEWS.CO.ID, PROV. KALTIM Samarinda. Penemuan Gas dari sumur eksplorasi Geng North-1 di lepas pantai Kalimantan Timur info kabar gembira.

Penemuan Gas Dari Sumur Eksplorasi Geng North-1 Di Lepas Pantai Kalimantan Timur Info Kabar Gembira
Logo Prov. Kaltim. Foto dokumentasi intinews.co.id

Di tengah tantangan global, potensi ancaman kepentingan tarik menarik ekonomi politik luar negeri, Indonesia mendapatkan informasi yang memberikan angin segar bagi Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Baca juga: RDP Di DPRD Kabupaten Barut Minta Masyarakat Yang Hiba Tanah Ambil Kembali Dan Pipa Perusahaan Swasta Migas Dicabut

Bahwa Ente Nazionale Idrocarburi (ENI) atau Dewan Hidrokarbon Nasional, sebuah perusahaan minyak dan gas multinasional yang berkantor pusat di Roma, Italia, telah menemukan gas dari sumur eksplorasi Geng North-1 yang dibor di PSC Ganal Utara.

“Mungkin ini Pak Isran dan Pak Hadi, salah satu berita bahagia untuk masyarakat Kaltim ke depan,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Dr Akmal Malik saat Serah Terima Jabatan dan Pisah Sambut Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur masa jabatan 2018-2023 kepada Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur di Plenary Hall Sempaja Samarinda, Selasa, (4/10/2023).

Penemuan gas dari sumur eksplorasi Geng North-1 di lepas pantai Kalimantan Timur, Indonesia, berpotensi terhubung ke fasilitas Bontang LNG di pantai tersebut.

Sebanyak 5 tcf gas pada awalnya diperkirakan telah ditemukan di sumur tersebut, dan lebih dari 5 tcf gas lainnya diperkirakan terdapat dalam penemuan yang belum dikembangkan di area tersebut.

“ENI menargetkan gas dan LNG akan ditambang di sumur mencakup 60 persen (%) dari gabungan portofolionya pada tahun 2030,” sebutnya.

Sehingga meningkatkan portofolio ekuitas LNG, dengan Indonesia dan Asia Tenggara secara umum.

Baca juga: DPD LAKI Kaltim Dan DPD LI-TPK AN RI Kaltim Pulbaket Tempat Yang Diduga Penampungan Batu Bara Dari Penambangan Ilegal

Untuk mendukung strategi ini menurut Pj Gubernur Akmal, penemuan positif di WK North Ganal akan menjadi salah satu giant discovery yang akan cadangan gas secara signifikan.

Penemuan giant discovery gas akan didorong untuk segera dapat diproduksi, sehingga meningkatkan pasokan gas untuk mendukung pembangunan.

Termasuk hilirisasi gas yang saat ini tengah didorong oleh pemerintah dan tentunya memberikan pendapatan asli daerah (PAD) untuk Kaltim.

Diharapkan berdampak pada perdapatan daerah untuk perbaikan-perbaikan yang disebutkan Pak Isran untuk masalah kemiskinan dan kesenjangan pembangunan lainnya,” tegasnya.

@Sumber berita, https://www.kaltimprov.go.id/berita/kabar-gembira-dari-pj-gubernur-kaltim

(Redaksi/Jhon UM)

Loading

Tinggalkan Balasan