Wadah Aspirasi Pemenuhan Hak Anak “Forum Anak”

INTINEWS.CO.ID, KOTA TANJUNGPINANG Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd, mengukuhkan Forum Anak Kota Tanjungpinang periode 2020-2022, di Hotel CK Tanjungpinang Kepulauan Riau, Minggu (15/3/2020).

Dalam sambutannya, Wali Kota, Syahrul mengatakan pemerintah berkomitmen memenuhi hak anak sebagaimana amanat Undang-Undang. Komitmen ini diperkuat dengan melibatkan peran anak-anak yang tergabung dalam forum anak.

Baca juga: PEMKO Tanjungpinang Dukung Pelaksanaan TMMD

Forum anak merupakan mitra pemerintah dalam menyelesaikan masalah anak. Di sinilah mereka bisa menyuarakan aspirasi, pendapat, dan harapan sebagai bentuk partisipasi anak dalam pembangunan.

“Saya berharap, ananda yang tergabung dalam forum ini dapat memberikan sumbangsih pemikiran dan gagasan dalam mewujudkan Tanjungpinang sebagai kota layak anak,” ucap H. Syahrul. S.Pd.

Orang nomor satu di Tanjungpinang ini, meminta kepada para kepala OPD untuk melibatkan forum anak dalam berbagai kegiatan dan mengembangkan pusat kreativitas anak seperti, taman bermain, pusat olahraga, seni dan budaya.

Baca juga: Walikota Tanjungpinang : “Alokasi Dana Khusus (ADK) Kelurahan 2020 Harus Tepat Sasaran Dan Digunakan Untuk Pemberdayaan Masyarakat”

Mulai 22 Maret s.d. 11 April akan dilaksanakan evaluasi penilaian Kota Layak Anak. Karenanya, setiap unsur diharapkan dapat memberika dukungan. Antara forum anak, OPD, media dunia usaha, dan masyarakat dapat bersinergi agar Tanjungpinang nantinya memenuhi kriteria penilaian sebagai kota layak anak.

“Segala yang menjadi kekurangan di tahun sebelumnya dapat diperbaiki dan menjadi komitmen bersama untuk dibenahi,” kata H. Syahrul. S.Pd.

Saat menyampaikan laporannya, Kepala Bidang Perlindungan Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Masyarakat, Elvi Arianti, menyebutkan kegiatan ini diikuti 100 orang peserta yang merupakan pengurus dan anggota forum anak kota Tanjungpinang dan forum anak di 18 kelurahan dari jenjang SD, SMP, dan SLTA.

Baca juga: 5 Instruksi Walikota Tanjungpinang Kepada 5 Pejabat Tinggi Pratama Yang Baru Di Lantik

100 orang yang bergabung dalam forum anak ini telah melalui beberapa tahapan seleksi yang diawali pendaftaran secara online, dilanjutkan dengan seleksi administrasi, dan wawancara yang berlangsung 3-23 Februari 2020. Sedangkan seleksi fasilitator forum anak pada 21-23 Februari.

Kegiatan ini menghadirkan kepala deputi bidang tumbuh kembang anak kementerian PPPA Republik Indonesia, fasilitator forum anak provinsi Kepri dan kota Tanjungpinang. Hadiri pula, Wakil Wali Kota, Rahma, para kepala OPD, camat, serta lurah.

@Sumber berita&foto, https://www.tanjungpinangkota.go.id/berita/forum-anak-wadah-aspirasi-pemenuhan-hak-anak

(Redaksi).

Redaksi

www.intinews.co.id adalah berita siber legal di Indonesia, menyuguhkan berita dengan profesionalitas, aktual dan anti hoaks. (www.intinews.co.id is legal news in Indonesia that presents news with professionality, actual and no hoaxes) With Motto: "The Struggle Continuously, oppressive opponents with fact data !".

Related Posts

Terima kasih atas perhatiannya. Hormat kami, Pimred www.intinews.co.id

%d blogger menyukai ini: