INTINEWS.CO .ID FILE
Terbaik Plugin & SEO. ilustrasi gambar dokumentasi INTINEWS.co.id

INTINEWS.CO.ID, PENDIDIKAN&IPTEKMemiliki atau membuat situs web dengan platform web wordpress sudah dipastikan harus punya Plugin, tapi bagi yang masih baru akan memiliki pertanyaan pengertian, fungsi, cara kerja dan sebagainya terkait seputaran plugin wordpress. Istilah plugin sering kali disebutkan, mungkin sudah menginstall tool ini tapi masih belum tahu cara kerja dan fungsi plugin serta kegunaannya maka baca berikut ini, dan ada plugin seo terbaik versi Intinews.co.id serta penjelasan.

Plugin dapat meningkatkan fungsi fitur baru untuk situs WordPress sehingga WordPress dapat digunakan untuk berbagai tujuan situs. Plugin WordPress ditulis dalam bahasa pemrograman PHP (Personal Home Page) dan terintegrasi sangat mulus dengan WordPress. Plugin sangat berperan penting untuk WordPress (bagian yang tidak dapat dipisahkan dari WordPress) memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan situs Anda.

Baca juga: Karakter Seseorang Berdasarkan Tanggal Lahirnya

Plugin merupakan solusi terbaik untuk hal mengedit kode original WordPress, Ada tiga cara unduh/install plugin, yaitu:

  1. Cara install langsung melalui direktori WordPress
  2. Cara upload file .Zip ke situs
  3. Cara upload plugin via FTP.

Agar keamanan situs terjamin, sebaiknya cari dan unduh plugin dari direktori WordPress. Ada lebih dari 50.000 plugin yang bisa di pilih di direktori tersebut. Jadi ada ribuan plugin yang disediakan, namun yang perlu diingat adalah pakai plugin yang benar (berhati-hati) sesuai kebutuhan saja karena jika mengaktifkan plugin yang tidak sesuai atau menginstall plugin yang memiliki fungsi yang sama maka akan merusak situs web atau memperlambat aktivitas situs web. Plugin yang di Install namun dengan susunan kode yang jarang atau tidak pernah diperbarui akan membuat website menjadi error atau malah menurunkan kinerja dan performa situs web. Berikut ini 4 hal yang perlu diperhatikan sebelum Install Plugin WordPress, diantaranya:

  1. Memahami kebutuhan Situs web. Percuma saja membuka repository WordPress kalau tidak tahu plugin mana yang harus di Install untuk memaksimalkan tujuan website. Hal tersebut akan membuang-buang waktu bahkan tidak efektif.
  2. Dapatkan informasi perihal plugin yang diinginkan atau di rekomendasi. Cara yang sangat berguna ketika kebingungan dalam memilih plugin terbaik untuk di install ke situs web.
  3. Lihat plugin WordPress yang terbaik.
  4. memeriksa kompatibilitas plugin dengan versi dan tema WordPress. Beberapa plugin tidak kompatibel dengan versi lama atau terbaru WordPress. Apabila tema yang Anda terapkan tidak kompatibel atau sesuai dengan plugin yang dipilih, sebaiknya jangan di install.

Jadi Plugin merupakan kode yang di pasang di website berbasis WordPress,  plugin WordPress adalah ekstensi yang ditambahkan ke situs dan memiliki fungsi untuk modifikasi dan meningkatkan fungsionalisasi utama WordPress. Plugin ada yang gratis (kontrol tidak penuh) dan berbayar/Premium, dan plugin bisa di setting otomatis update, juga jika tidak mau menggunakan plugin yang sudah dipakai bisa dibuang dengan cara menonaktifkan plugin tersebut.

WordPress ditulis dengan cara sedemikian rupa agar pengembang lain dapat menulis kodenya sendiri ke dalamnya. WordPress plugin API (Application Program Interface) menawarkan seperangkat hook dan filter yang kuat, yang dapat memungkinkan pengembang memodifikasi fungsi WordPress yang telah ada atau menambah fungsi baru. WordPress mengizinkan pengembang untuk menyimpan data di dalam database WordPress. Plugin dapat memanfaatkan taxonomy, tipe konten, dan custom filed WordPress yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan berbagai tipe konten tidak hanya post dan page. Setiap plugin WordPress yang diinstal, akan terdaftar di database WordPress, dapat mengaktifkan dan menonaktifkan plugin kapan saja diinginkan. Setiap Anda visit, WordPress akan menghubungkan ke database, memuat core WordPress lalu memuat plugin aktif Anda. Semua kode diproses pada server kemudian akan dikirim ke browser yang digunakan pengunjung.

Baca juga: Ayo Lihat Karakter Berdasarkan Hari Lahir

Plugin adalah tool penting yang bertanggung jawab dalam pengembangan fungsionalisasi situs berbasis WordPress. Plugin sebagai alat atau tool mengubah (transformasi) situs web yang terlihat sederhana jadi website yang terlihat elegan, profesional dan banyak fitur canggih. Plugin berfungsi variatif, ada untuk transformasi situs web secara keseluruhan, tapi ada juga yang bekerja di balik layar. Sebagian plugin bersifat opsional tergantung pada format dan ukuran situs, tapi sebagiannya lagi wajib di Install di website. Berikut ada tiga plugin WordPress yang standar sebaiknya diaktifkan untuk memaksimalkan fungsionalisasi website, yaitu:

  1. Contact Form 7, fungsi plugin untuk membantu dalam membuat formulir kontak di website. Selain kemudahan kustomisasi, plugin ini juga menawarkan sejumlah fitur yang dapat ditambahkan ke situs.
  2. Yoast SEO, merupakan sekumpulan teknik dan strategi dalam menaikkan peringkat website di search engine atau mesin pencari, dan dilengkapi dengan berbagai opsi dan tips, plugin Yoast SEO adalah pilihan terbaik untuk mengoptimalkan konten.
  3. Akismet, semakin bertambah besar website maka semakin banyak pula yang harus dipersiapkan untuk menghadapi pesan dan komentar spam. Tak hanya melindungi website dari spam, Akismet juga menyaring dan menyimpan spam tersebut di folder terpisah. Akismet otomatis membuat laporan statistik spam.

Namun ada beberapa contoh plugin lainnya seperti:

  • WPSmush untuk mengcompress gambar,
  • W3 Total Cache untuk menaikkan performa situs,
  • WordFence untuk meningkatkan sistem keamanan website.
  • Plugin WooCommerce untuk membuat toko online.
  • Plugin Bookly membuat sistem reservasi online.
  • Plugin Envira yang pastinya menjadi favorit para fotografer yang punya website fotografi.
  • Meningkatkan keamanan WordPress pakai plugin iThemes Security.

Jadi bisa dibilang, jika bukan karena plugin, WordPress mungkin tidak akan se-powerful sekarang. Plugin mengembangkan fungsionalisasi situs serta mengamankan dan memaksimalkan potensi website.

Perlu diperhatikan, WordPress memiliki dua versi, yakni:

  1. WordPress.com
  2. WordPress.org.

WodPress.org memberikan kebebasan bagi usernya untuk menginstall berbagai jenis plugin, sedangkan WordPress.com tidak. Hanya user yang sudah membeli Paket Business WordPress.com saja yang boleh menginstall plugin ke situs. Akan tetapi, variasi plugin yang tersedia terbatas.

Baca juga: Ramalan Tahun 2020 Ada 6 Shio Paling Beruntung Di Shio Tikus Logam

Apa itu SEO (Search Engine Optimizer)

Sudah punya situs web dengan platform web WordPress dan pakai plugin yang dapat membantu dalam mengoptimalkan SEO, pada umumnya plugin SEO WordPress by Yoast yang mudah di install. Jika Anda ingin mendapatkan pengunjung organik atau dari search engine seperti Google atau Bing, melakukan optimasi blog untuk search engine adalah hal yang cukup penting.

Jika Anda sudah menginstal salah satu plugin yaitu Yoast SEO, All in One SEO Pack atau Google XML Sitemaps, silakan gunakan salah satu untuk membuat sitemap. Hal ini untuk menghindari terjadinya masalah pada situs web Anda.

Modul XML Sitemaps

Membuat file xml sitemaps blog menggunakan bantuan plugin ini akan terasa lebih mudah. Di bagian pengaturan, kita bisa mengatur hal apa saja yang ingin atau tidak ditampilkan di file xml sitemap.

Secara Otomatis Submit XML Sitemaps Ke Google / Mesin Pencari Lain

WordPress SEO by Yoast otomatis mengirimkan peta situs atau sitemap yang diperbarui untuk Google dan Bing. Hal ini dapat membantu mesin pencari dengan cepat menambahkan konten baru, dan selalu update setiap perubahan yang Anda lakukan untuk di indeks. Di bawah pilihan sitemap XML Anda juga dapat mencentang ping Yahoo, dan Ask.com setiap kali Anda memposting potongan konten baru.

Membuat Custom Meta Header / Description

Dengan plugin Yoast, Anda hanya perlu menulis dua berita utama, satu untuk orang, dan satu untuk mesin pencari. Anda juga harus menambahkan meta description custom untuk konten. Tidak hanya membantu dengan menargetkan kata kunci yang tepat, Anda juga dapat membuat deskripsi yang sangat menarik dan membuat lebih banyak orang benar-benar memilih halaman Anda saat browsing untuk hasil pencarian. Anda dapat mengisi judul, deskripsi dan keyowrd dalam kotak box SEO yang sudah tersedia di bawah Post editor / Halaman.

Membuat Halaman Redirect Mudah

Jika Anda memperbarui posting atau halaman konten di website, namun posting lama Anda masih menerima lalu lintas yang besar, itu bisa menjadi ide bagus untuk menambahkan redirect sederhana untuk halaman versi baru. Hal ini secara tidak langsung dapat membantu SEO Anda dengan menyediakan pengunjung dengan informasi yang lebih up to date dan jelas.

Otomatis Menghapus Stop Word Dari Slug

Seperti namanya, fungsi ini menghapus kata-kata yang masuk daftar stopword dari slug. Ini pada dasarnya berarti bahwa jika Anda tidak mengetik slug khusus untuk setiap post, stopword (bahwa Google merekomendasikan untuk menghapusnya dari URL karena mereka tidak menawarkan makna) akan dihapus secara otomatis. Hal-hal kecil seperti ini sering mudah dilupakan, untuk itu fitur ini bisa sangat berguna untuk tetap diaktifkan.

Dapat Mengedit Judul / Deskripsi Secara Masal

Jika Anda sudah mempunyai artikel yang banyak dan baru menginstall SEO by Yoast, maka Anda dapat mengedit dan menambahkan judul, deskripsi dan kata kunci secara cepat tanpa harus masuk satu persatu ke halaman untuk diedit. Bayangkan jika Anda melakukan edit judul dan deskripsi dengan membuka satu persatu halaman maka Anda mendapatkan pekerjaan yang membutuhkan waktu banyak dan melelahkan.

Membuat Breadcrumbs

Breadcrumbs dapat memudahkan navigasi sebuah situs dan daerah tertentu dari sebuah halaman yang sedang Anda kunjungi. Breadcrumbs sangat penting untuk memudahkan para pengunjung dalam mengetahui sampai bagian atau halaman manakah dia membaca artikel yang Anda berikan.

Baca juga: Dunia Akan Kiamat Jika Gerakan Kutub Bumi Sangat Cepat

Berikut ini daftar plugin SEO WordPress terbaik versi INTINEWS.co.id,diantaranya:
  1. Yoast SEO
  2. All in One SEO Pack
  3. Google XML Sitemaps
  4. WP Super Cache
  5. Broken Link Checker
  6. Rel Nofollow Checkbox
  7. Redirection
  8. All in One Schema.org Rich Snippets
  9. W3 Total Cache

1. Yoast SEO

Merupakan sekumpulan teknik dan strategi dalam menaikkan peringkat website di search engine atau mesin pencari, dan dilengkapi dengan berbagai opsi dan tips, plugin Yoast SEO adalah pilihan terbaik untuk mengoptimalkan konten. Spesial dari Yoast SEO yaitu adanya fitur yang dapat memberikan saran terbaik untuk mengimplementasikan keyword, url, tag deskripsi, untuk optimasi pada kategori, breadcrumbs dan lainnya. Sehingga artikel yang dibuat akan lebih SEO friendly. Tersedia gratis dan berbayar/Premium.

2. All in One SEO Pack

Terdapat juga fitur yang dapat membuat website supaya lebih SEO friendly. Fitur tersebut berupa dukungan Google Analytics, membuat sitemap XML, optimasi pada judul, meta tag dan masih banyak lagi fitur yang dapat meningkatkan peringkat di search engine. Tersedia gratis dan berbayar/Premium.

3. Google XML Sitemaps

Dapat digunakan untuk membuat sitemap XML, yaitu dapat membantu search engine seperti Google dan Bing lebih baik lagi dalam mengindex website Anda. Sitemap berguna untuk memudahkan perayap search engine ketika mengecek struktur website Anda. Selain itu, plugin ini juga dapat memberitahu search engine setiap ada postingan baru yang dibuat. Plugin ini tersedia secara gratis, sehingga Anda dapat menggunakannya tanpa dikenakan biaya baik itu untuk blog pribadi ataupun blog komersil.

4. WP Super Cache

Berguna untuk membuat file html statis untuk website WordPress Anda. Setelah plugin ini membuat file html pada server, kecepatan loading website Anda akan lebih cepat dari sebelumnya. Semakin meningkatnya kecepatan sebuah website, maka kesempatan untuk pengunjung lebih lama berada di website Anda akan lebih besar. Hal ini berarti akan disukai oleh search engine dan pada akhirnya akan meningkatkan peringkat website Anda. Tersedia gratis.

5. Broken Link Checker

Dapat melakukan pemantauan link yang ada di website Anda, jika terdapat link yang rusak, maka Anda dapat mengetahuinya dengan segera. Seperti link yang ada pada postingan, halaman dan komentar. Jika terdapat link yang rusak, Anda dapat memperbaikinya melalui menu yang ada pada plugin ini, sehingga tidak perlu melakukan perbaikan pada postingan secara manual. Anda dapat memilih pemberitahuan link yang rusak untuk dikirimkan melalui dashboard WordPress atau melalui email. Tersedia gratis.

6. Rel Nofollow Checkbox

Dapat berguna untuk menambahkan pilihan checkbox nofollow pada link yang ada di artikel Anda. Ini sangat berguna untuk Anda yang tidak ingin memberikan backlink pada link tujuan. Tersedia gratis.

7. Redirection

Untuk mengatur redirect sebuah url yang ada di website WordPress. Sehingga Anda dapat memantau error 404. Hal ini akan berguna ketika Anda melakukan migrasi website dan ada perubahan pada direktori instalasi WordPress. Sehingga sangat berguna untuk meredirect URL lama ke URL baru. Tersedia gratis.

8. All in One Schema.org Rich Snippets

Dapat meningkatkan SEO website Anda dengan membuat ringkasan mengenai artikel halaman website di hasil pencarian search engine. Hal ini akan membantu search engine dalam menampilkan informasi utama, seperti gambar, rating bintang, harga, penulis. Sehingga artikel Anda lebih menonjol di hasil pencarian. Tersedia gratis.

9. W3 Total Cache

plugin yang dapat meningkatkan kecepatan website. Performa sebuah website dapat mempengaruhi SEO dari website yang Anda miliki. Sehingga sangat penting untuk website Anda dapat diakses dengan cepat dan user friendly, hal ini secara otomatis akan membuat search engine menyukainya. Tersedia gratis dan berbayar/Premium.

10. SEO Internal Links

Merupakan plugin yang berguna untuk membuat internal link secara otomatis untuk keyword tertentu ke postingan, halaman, kategori atau tag di website Anda. Jadi Anda tidak perlu membuat internal link secara manual pada setiap postingan. Tersedia gratis dan berbayar/Premium.

Kesimpulan

Pemanfaatan dalam berbagai Plugin tergantung kecermatan pengelola/pemilik situs web.

@Sumber, Net.

(Redaksi).

 20 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan