PENGETAHUAN

Inti Tugas Satuan Polisi Pamong Praja

INTINEWS.CO.ID, PENGETAHUANApa saja sih peran vital Satuan Polisi Pamong Praja? Ini inti tugas Satuan Polisi Pamong Praja.

Inti Tugas Satuan Polisi Pamong Praja
Logo Satpol PP. Foto, Ogi “Jhenggot”, (27/8).

Perihal ini dikutip di situs web https://bpsdm.kemendagri.go.id/berita/page/755, sebagai berikut:

Dalam rangka menegakkan hukum, melindungi masyarakat, dan mendukung pelaksanaan otonomi daerah, BPSDM Kementerian Dalam Negeri mengadakan Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Satpol PP bagi PNS yang diangkat dalam jabatan jabatan fungsional.

Acara yang diresmikan oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Sugeng Hariyono, di Balai Pengembangan Kompetensi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran, Kemang, Bogor, Jawa Barat pada Senin (21/08).

Baca juga: Mengamuk Asman Alek DPRD Kota Tanjungpinang Versus Satpol PP Tugas Di Bappelitbang Kota Tanjungpinang

Ketentuan mengenai Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Pasal 255 ayat 1 dalam undang-undang tersebut menegaskan bahwa Satpol PP dibentuk untuk:

  • Menegakkan Peraturan Daerah (Perda)
  • Mengakkan Peraturan Kepala Daerah (Perkada)
  • Menjaga izin umum dan perlindungan masyarakat

Pada pembukaan acara, Sugeng menekankan pentingnya pemahaman akan peran Satpol PP dalam menjalankan tugas-tugasnya.

“Tugas utama kita sebagai anggota Satpol PP yang mempunyai jabatan fungsional adalah menegakkan Perda dan Perkada, serta memastikan pelaksanaannya dengan baik,” ujarnya.

Baca juga: Lembaga Adat Kesultanan Riau Lingga Tolak Penggusuran, Gubernur Ansar Jangan Pengecut Untuk Membela Identitas Budaya Ulayat Melayu Kepulauan Riau

Dalam sambutannya, Sugeng juga mengungkapkan urgensi Perda dan Perkada sebagai landasan kerja Satpol PP. Ia menjelaskan bahwa setiap daerah yang telah berhasil menyusun dan mengesahkan Perda dan Perkada memasuki tahap berikutnya, yaitu memastikan peraturan tersebut benar-benar diterapkan dengan baik. Oleh karena itu, tugas utama Satpol PP adalah memastikan pelaksanaan Perda dan Perkada sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Ia juga memberikan penekanan mengenai pentingnya peran Satpol PP dalam menjaga stabilitas dan ketentraman umum, terutama dalam menyongsong penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Ia menekankan bahwa situasi ketentraman dan yang kondusif adalah kunci suksesnya acara tersebut. Selain itu, Satpol PP juga memiliki peran dalam perlindungan masyarakat dan menjaga keberlangsungan fungsi Perda, seperti pengaturan tata ruang dan perlindungan lingkungan.

“Satpol PP Kehadiran harus dianggap sebagai bentuk perlindungan dan dukungan bagi masyarakat. Ia menekankan bahwa menjaga keharmonisan dan memastikan Perda dan Perkada terlaksana adalah bagian dari misi utama Satpol PP”, tegas Sugeng.

Pentingnya sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam menegakkan Perda dan Perkada, serta memastikan pelaksanaannya sesuai dengan tujuan pembentukannya. Melalui sinergi yang kuat, Satpol PP diharapkan dapat berperan aktif dalam;

  • Menjaga perdamaian umum
  • Melindungi masyarakat
  • Mendukung pembangunan yang berkelanjutan

(Redaksi/Ogi “Jhenggot”)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!