WWW.INTINEWS.CO.ID

"Sulit dapat KEADILAN berdasarkan KEBENARAN maka LAWAN PENINDASAN itu dengan Data Fakta !." (Pemred INTINEWS.co.id)

Tari Giring Giring Asal Kalimantan yang Harus Dilestarikan

INTINEWS.CO.ID, WISATA&KEBUDAYAAN - Tari Giring-giring adalah kesenian asli masyarakat Dayak Kalimantan Tengah dan merupakan simbol kebahagiaan. Tarian ini menggunakan tongkat yang kemudian digunakan untuk mengekspresikan rasa senang lewat tarian yang memukau.
Tari Garing-Giring asal Kalimantan. Ilustrasi foto dokumentasi INTINEWS.co.id

INTINEWS.CO.ID, WISATA&KEBUDAYAANTari Giring-giring adalah kesenian asli masyarakat Dayak Kalimantan Tengah dan merupakan simbol kebahagiaan. Tarian ini menggunakan tongkat yang kemudian digunakan untuk mengekspresikan rasa senang lewat tarian yang memukau. Tarian ini kerap dipentaskan i berbagai acara yang seperti hajatan, pembukaan acara besar, dan lain sebagainya.

Nama tari Giring-giring diambil dari peralatan yang digunakan untuk menari. Giring-giring artinya tongkat.

Baca juga: Buah Papaken, Kembaran Durian dari Tanah Kalimantan

Hal yang merepresentasikan kebahagiaan pada tari Giring-giring ini adalah semua penari memakai gelang kaki yang menambah ramai suasana. Gelang kaki ini juga berupa tongkat, namun ukurannya lebih kecil daripada yang dipegang di tangan oleh para penari. Gerakan kaki yang lincah dari para penari dipadukan dengan alunan musik akan membuat para penonton ikut gembira.

Makna tari Giring-giring ternyata tidak hanya sebatas pada perasaan bahagia. Sobat Pesona juga bisa merasakan solidaritas yang kuat dari para penari, dan nilai tersebut tersampaikan dengan baik ke para penonton. Para penonton akan diajak bahagia dengan menari.

Baca juga: Sapeq Gitar Tradisional Unik Suku Dayak Kalimantan

Selain memegang tongkat, ada sebagian dari penari yang memegang senjata tradisional yang biasa digunakan pada jaman dahulu. Senjata tradisional tersebut bernama “glewang”. Para penari laki-laki yang memegang glewang melambangkan satria jaman dahulu yang memiliki sifat berani ketika menghadapi peperangan. Lalu ada penari wanita yang juga menggunakan sarung.

Daya tarik lain dari tari Giring-giring adalah alunan musiknya yang terdengar ceria dan biasanya dimainkan oleh ibu-ibu dari Suku Dayak. Alat musik pukul pengiring tarian Giring-giring ini terbuat dari kulit binatang. Tari Giring-giring memiliki nama lain yaitu Sbo Bano.

@Sumber berita, https://pesona.travel/keajaiban/4859/tari-giring-giring-asal-

(Redaksi).