Solusi Kode PIN dan PUK Lupa Semua Jenis Kartu SIM Indonesia

Solusi SIM Card PIN&PUK. Ilustrasi gambar dokumentasi INTINEWS.co.id

INTINEWS.CO.ID, PENDIDIKAN&IPTEKSering mengalami lupa pada Kode PIN atau Kode PUK Kartu SIM (SIM Card)?. PIN artinya Personal Identification Number dan PUK artinya Personal Unblocking Key. Jika PIN atau PUK lupa kodenya, berikut ini cara membuka Kode PIN dan PUK.

Kode di buat pada SIM Card bertujuan yang sangat positif bagi pengguna Handphone (HP), melindungi SIM Card dari penggunaan SIM Card secara tidak sah. Ketika HP hilang atau di curi, lalu si penemu HP atau Pencuri tersebut gunakan SIM Card untuk Nelpon, SMS, WA, koneksi ke Internet, dll., maka si Pencuri tidak bisa memakai SIM Card tersebut karena kartu telah di buat kodenya. Tidak terbayangkan bagaimana jika kartu tidak di buat Kodenya?, yang pastinya anda akan dalam situasi bermasalah dan berbahaya.

Baca juga: Melamar Pekerjaan Selalu Tidak Diterima, Ini Kiatnya

Biasanya Kode PIN diminta saat Handphone dihidupkan untuk pertama kalinya. Kode PIN terdiri atas 4 hingga 8 angka dan biasanya diberikan bersama Kartu SIM, dan sebaiknya ubah kode PIN bawaan sesuai keinginan Anda.

Dan Kode PUK terdiri atas 8 angka dan diperlukan untuk mengubah kode PIN yang terblokir. Kode PUK biasanya diberikan juga oleh operator pada SIM Card namun demikian ada beberapa operator yang tidak memberikan kode PUK dalam paket kartu perdananya.

Ketika kode PIN di ubah lalu lupa kodenya dan begitu juga kode PUK, masih bisakah gunakan SIM Card tersebut atau apakah kita harus datang ke graha operator SIM Card tersebut?.

Baca juga: “Kamera untuk Fotografi Terbaik”

Terlupakan kode PIN dan sudah 3 kali berturut-turut mengulangi masukkan kode maka SIM Card kita akan di kunci dan dimintai harus memasukkan kode PUK. Lalu, bagaimana bila tidak tahu atau lupa kode PUK?.

Berikut ini beberapa solusinya, tergantung operator SIM Card yang kita gunakan sbb :

  • Operator Flexi. Untuk mendapatkan kode PUK Kartu Esia kita bisa menelpon ke nomor 147. Tanyakan kepada CS nomor PUK kita dengan menyebutkan nomor ICCID yang ada dibelakang simcard Flexi.
  • Operator Indosat. Kode PUK default kartu IM3 adalah 12345678. Bisa memasukkan secara manual untuk membuka kode PIN. Pada beberapa kartu mungkin hal ini akan berhasil, namun pada kartu baru bila tidak berhasil cobalah untuk menelpon ke nomor operator (100).
  • Operator AXIS. Untuk mendapati kode PUK Kartu AXIS bisa nelpon ke nomor 888 (gak berbayar). Tanyakan kepada CS nomor PUK kita dengan menyebutkan nomor ICCID yang ada dibelakang simcard AXIS.
  • Operator Esia. Untuk mendapati kode PUK Kartu Esia kita bisa menelpon ke nomor *999 (gratis). Tanyakan Customer Service nomor PUK dengan menyebutkan nomor ICCID yang ada dibelakang simcard Esia.
  • Operator Telkomsel. Bila pakai kartu As dan kartu Simpati cobalah untuk menelpon ke 116 (gratis). Tanyakan nomor PUK kartu sim anda ke customer service tersebut dan apabila ditanyakan ICCID bacakan nomor yang tertera dibelakang SIM Card Telkomsel.
  • Operator Three. Kode PUK Kartu Three bisa nelpon ke nomor 123 (gratis). Tanya Customer Service nomor PUK dengan menyebutkan nomor ICCID yang ada di belakang SIM Card Three.
  • Operator XL. Kode PUK nelpon nomor 817 (tidak gratis) atau 818 (gratis) tanyakan nomor PUK SIM Card ke customer service, lalu beritahu nomor ICCID (nomor ada di belakang Simcard XL). Cara lainnya dapatkan kode PUK kartu XL yaitu cara kirim SMS ke 9767 dengan format: PUK1[spasi]NoHP[spasi]19DigitNomorDiBelakangSIMcard (Contohnya: PUK1 0818733388 4013661810015661993).
  • Operator 3. Kode PUK Kartu 3 (Three) telpon ke nomor 123 (gratis). Tanyakan kepada Customer Service nomor PUK, lalu beritahu nomor ICCID (ada dibelakang SIM Card Three.

Semoga bermanfaat.

(Redaksi).

Redaksi

www.intinews.co.id adalah berita siber legal di Indonesia, menyuguhkan berita dengan profesionalitas, aktual dan anti hoaks. (www.intinews.co.id is legal news in Indonesia that presents news with professionality, actual and no hoaxes) With Motto: "The Struggle Continuously, oppressive opponents with fact data !".

Related Posts

Terima kasih atas perhatiannya. Hormat kami, Pimred www.intinews.co.id

%d blogger menyukai ini: