Melamar Pekerjaan Selalu Tidak Diterima, Ini Kiatnya

ilustrasi foto, dokumentasi INTINEWS.co.id

INTINEWS.CO.ID, PENDIDIKAN&IPTEK – Bagi mereka yang merasakan kesulitan diterima pekerjaan sudah pasti merupakan momok nomor satu, sehingga tidak jarang menjadi ‘patah arang’ untuk menggapai pekerjaan yang diinginkan. Sehingga melamar pekerjaan menjadi pekerjaan itu sukar,  tetapi kalau orang tahu kiatnya, mudah sekali. Berikut ini kiat mudah mendapatkan pekerjaan idaman versi INTINEWS.co.id.

Setiap Orang yang baru lulus sekolah/kuliah sudah pasti memiliki mimpi bagaimana langsung bekerja (diterima diperusahaan atau pekerjaan yang di inginkan). Mimpi tersebut bisa capai jika  mengusahakannya (mempersiapkan) sejak beberapa bulan sebelum Tahun kelulusan.

Apakah kamu sudah mempersiapkan meraih mimpimu di perusahaan atau tempat pekerjaan impianmu?. Persiapkan diri mulai dari;

  1. Mencari tahu tentang tempat kerja atau perusahaan yang diidamkan tersebut.
  2. Mencanakan persiapan apa saja yang dibutuhkan.
  3. Disiplinkan diri (Fokus, Giat, dsb.)
  4. Doa dan Restu

Mencari tahu tentang tempat kerja atau perusahaan yang diidamkan tersebut.

Dapat diterima kerja di perusahaan impian tentu menjadi keinginan banyak orang. Apakah kamu sudah mempunyai perusahaan impian untuk bekerja nanti?.

Di era Dunia Melenial ini sangat mudah sekali mencari  Perusahaan atau tempat kerja yang diinginkan, tapi jangan salah mencari Informasi. Cari Informasi dari;

  1. Situs (Website resmi perusahaan atau tempat pekerjaan yang diinginkan tersebut). Cari tahu Website resmi perusahaan atau tempat kerja yang diinginkan, atau bisa langsung datang ke Perusahaan tersebut dan tanyakan Website resminya. Tujuannya ini adalah agar kamu dapat memgetahui dengan jelas semua tentang yang berkaitan dengan perusahaan tersebut.
  2. Jika sudah dipastikan perusahaan tersebut berada dalam daftar kamu idamkan, akan menjadi nilai plus apabila kamu sudah magang/Praktek kerja di perusahaan seperti yang kami idamkan sebelum kamu lulus dan melamar pekerjaan.
  3. Bertanya kepada mereka yang sudah Bekerja atau pernah Bekerja di Perusahaan atau seperti tempat kerja yang dimimpikan tersebut. Bertanya kepada mereka yang Bekerja atau sudah pernah Bekerja disitu seperti kepada Teman Sekolah/Alumni/Senior, Teman di Medsos, atau Tetangga di Lingkungan rumah.

Oleh sebab itu, akan sangat berguna jika buat daftarnya. Semakin fokus dalam mencari Informasi terkait pekerjaan yang diinginkan maka akan semakin mudah untuk kamu mendapatkannya. Karena menjadi sangat penting mempunyai gambaran tentang pekerjaan yang akan di geluti dengan cara mencari tahu melalui research yang dilakukan sehingga bisa mensesuaikan dengan;

  • ketertarikan,
  • kemampuan,
  • posisi,
  • lingkungan kerja,
  • keuntungan, dan
  • tunjangan.

Mencanakan persiapan apa saja yang dibutuhkan

Impian Fresh Graduates (baru lulus sekolah/kuliah), berikut adalah trik untuk dapat diterima bekerja diperusahaan impian kamu:

  1. Pelajari Bisnis Segmen perusahaan/tempat kerja yang di idamkan. Mencari tahu tentang perusahaan impian merupakan jalan untuk belajar latar belakang perusahaan/tempat kerjaan yang mau akan dimasukki/dilamar
  2. Pastikan bahwa perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang ideal sehingga kamu bisa dengan leluasa serta tulus menceritakan minat dan antusis mengenai perusahaan impian akan membantu memberikan kesan yang baik kepada interviewer (HRD, USER, OWNER) saat diberi pertanyaan mengenai perspektif dan pendapat kamu tentang masa lalu perusahaan.
  3. Terus meng-update daftar pekerjaan perusahaan. Agar dapat memantau karyawan seperti apa yang diinginkan oleh perusahaan tersebut dan tipe pekerjaan apa yang dapat kamu lamar.
  4. Mengetahui adanya proses perekrutan perusahaan. Berguna untuk lebih mampu membuat keputusan yang bijaksana, seperti kapan Anda harus mendaftar atau tingkat posisi apa yang harus Anda lamar. Gunakan media sosial sebagai salah satu media untuk mencari pekerjaan. Tetap update mengenai perusahaan impian dan lowongan yang sedang dibuka.

Disiplinkan diri (Sikap, Fokus, dan Giat)  

Semakin tahun semakin bertambah persyaratan yang diinginkan  perusahaan sesuai dengan perkembangan zaman dan Teknohlogi. Oleh sebab itu Kemampuan diri baik itu Pengetahuan, keterampilan dan kreatifitas menjadi tuntutan di perusahaan.

Sikap (Attitude) sangat memiliki skala priotitas utama pada penilaian seorang pewawancara. Sebagai contoh, di zaman yang serba internetan (media sosial) siapapun bisa melihat medsos (FB, WA, dll.)  yang kita miliki. kamu harus memastikan tidak ada postingan atau gambar yang tidak seharusnya menjadi penilaian jelek karena akunmu. Harus memeriksa pengaturan privasi medsos yang dimiliki seperti mengatur siapa saja yang dapat melihat akun media sosial kamu. Jika perlu, hapus bagian gambar dan tulisan yang tidak penting untuk menghindari kesalahpahaman.

Selalu Fokus dengan biasakan untuk mengecek secara rutin lamaran yang sudah kamu ajukan. Tanggal penting dan deadline pengiriman dokumen yang diperlukan sebagai pengingat buat pada kalender di handphone atau komputer kamu.

Membuat surat lamaran (CV) sebaiknya di buat pada suasana yang membuat kamu Fokus seperti tenang, semangat, dll. Jangan terburu-buru mengirimkan surat lamaran, biasakan mengulang kembali untuk melihat CV yang akan dikirimkan (cross checked) apakah yang di syaratkan sudah ditulis semuanya, atau adakah tulisan yang salah?.

Jika kamu memiliki pertanyaan tentang perusahaan, lowongan yang tersedia, Surat Lamaran/CV yang sudah kamu kirimkan, dan lainnya, jangan ragu untuk bertanya, karena itu salah satu bentuk bagian dari fokus kamu pada Perusahaan atau pekerjaan yang kamu inginkan.

Kamu dapat mengirimkan email atau Nomor Kontak yang  tertera pada Lowongan Kerja tetsebut. Bertanya dengan pertanyaan kamu jangan mengesankan menggurui atau cengeng, tetapi bagaimana HRD perusahaan dapat menjadi familiar dengan nama kamu, juga menunjukkan antusias dan ketertarikan kamu terhadap perusahaan.

Saat proses melamar pekerjaan dan seleksi. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan:

1). Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Menarik

Daftar riwayat hidup merupakan dokumen penting dalam melamar pekerjaan. Pastikan CV yang kamu buat;

  • menarik,
  • singkat,
  • padat,
  • jelas, dan
  • Jangan lupa untuk melampirkan sertifikat, piagam, atau surat penghargaan.

2) . Mempersiapkan dan Melewati Tahap Wawancara Dengan Baik

Persiapkan wawancara dengan baik, mulai dari memperhatikan pakaian yang dikenakan untuk wawancara. Gunakan pakaian yang rapi, sopan, dan sesuai dengan syarat yang diminta oleh perusahaan.  Wawancara kerja juga merupakan tahap sangat penting dalam proses recruitment karyawan. Bau nafas, menjawab jujur dan menghargai Orang yang mewawancarai/HRD adalah kunci utama agar dapat lolos tahap ini.

Ingat, pada umumnya HRD seperti ‘hakim’, dia dapat memutuskan anda hanya dengan apa yang dikatakan isi hatinya.

Jadi, menunjukkan sikap kedisiplinan dalam melamar pekerjaan seperti melengkapi syarat dan mematuhi batas pengiriman, datang tepat waktu saat wawancara, dan mengenakan pakaian sesuai aturan yang tertera harus ditunjukkan pada saat melamar pekerjaan karena akan menjadi nilai plus tersendiri dan menunjukkan bahwa kamu seorang yang profesional, karena Perekrut ingin merasa yakin bahwa kamu bukan saja memiliki keahlian pada tingkat tertentu sesuai bidang yang kamu lamar, tetapi apakah kamu bisa menjadi bagian dari ‘Team Work’ yang baik atau tidak ?. Memiliki potensi belajar dengan cepat merupakan suatu kelebihan, tetapi kamu juga perlu menunjukkan bahwa kamu dapat bekerja keras dan menyesuaikan diri dengan baik, serta tidak menutup diri untuk terus belajar.

Doa dan Restu

Tidak ada yang Tidak mungkin dengan doa, baik itu doa Kita sendiri, dari Orang Tua, Saudara/Keluarga dan juga Teman merupakan hal yang esensial dibutuhkan dalam mencari nafkah. Tujuannya adalah Kita dapat diterima diperusahaan yang Kita idamkan, dan atau Kita bisa bekerja di perusahaan tetsebut dengan selamat dan sehat sampai selesainya meraih kesuksesan atau Tugas/Kontrak di perusahaan tetsebut. Terkadang ada hal-hal keajaiban yang Tidak terlepas dalam menjalankan kehidupan ini. Ada orang yang berhasil Bekerja diperusahaan dengan gaji besar tetapi mendapatkan tragedi yang pahit di perusahaan tersebut, misalnya  kecelakaan kerja diperusahaan tetsebut, dll.

Oleh sebab itu, ketika tidak diterima dalam perusahaan yang sangat dimimpikan itu bukanlah menjadikan Kita tidak meraih kesuksesan dalam hidup, tetapi kesuksesan Kita Ada di pekerjaan/perusahaan/bidang yang lainnya.

(Redaksi).

Redaksi

www.intinews.co.id adalah berita siber legal di Indonesia, menyuguhkan berita dengan profesionalitas, aktual dan anti hoaks. (www.intinews.co.id is legal news in Indonesia that presents news with professionality, actual and no hoaxes) With Motto: "The Struggle Continuously, oppressive opponents with fact data !".

Related Posts

Terima kasih atas perhatiannya. Hormat kami, Pimred www.intinews.co.id

%d blogger menyukai ini: