Prov. KEPRI

Sinergisitas Dinsos Kepri Bersama Korem 033/WP

0 0
Read Time:2 Minute, 40 Second
intinews 6
Kadis Sosial Provinsi Kepri, Drs.Doli Boniara bersama Danrem 033/WP, Kolonel Inf. Harnoto. di Kantor Dinsos Kepri, (30/04). sumber foto ist.

INTINEWS.CO.ID, PROVINSI KEPRI Dompak, Kantor Dinas Sosial Provinsi Kepri pada hari Kamis, 30 April 2020 dikunjungi oleh Komandan Komando Resor Militer (Korem) 033/WP, Kolonel Inf. Harnoto. Kepala Dinas (Kadis) Sosial Provinsi Kepri, Drs. Doli Boniara menyambut   Kedatangan Perwira Tinggi TNI di Kepri tersebut.

Kadis Sosial Kepri, Doli mengatkan bahwa kehadiran Komandan Korem 033/WP dalam rangka menjalin silaturahmi dan berbincang tentang kondisi sosial masyarakat Kepri pada pandemi Covid-19.

Baca juga: Dinas Sosial Provinsi Kepri Lakukan Pencegahan Wabah Virus Corona Dan Menyalurkan Bantuan

“Tujuan kedatangan orang nomor satu di jajaran Korem 033/WP itu selain untuk menjalin silaturahmi juga untuk menjalin sinergi antara Dinas sosial Kepri dan Korem 033/WP. Hal ini juga tentunya menjadi suatu kehormatan bagi kami,” ujar Drs. Doli Boniara, (1/5).

Drs. Doli Boniara menerangkan pembahasan perihal program-program Dinsos Kepri selama ini, antara lain seperti penganan TKI di RPTC, Progress dan kendala dalam penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH), penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai (BLT), juga pembahasan tentang kondisi sosial masyarakat Provinsi Kepri terkini.

“Dalam diskusi, Danrem menyampaikan jika ada hal yang perlu dibantu mereka siap untuk bekerjasama. Namun bantuan yang diberikan Dinsos Pemprov Kepri adalah program dari Kementerian Sosial. Sedangkan khusus untuk Covid-19 diluar anggaran ini,” terang Kadis Sosial Kepri..

Kadis Sosial Provinsi Kepri menerangkan bantuan apa saja yang diterima masyarakat itu berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Terangnya DTKS adalah data yang memuat informasi sosial ekonomi bagi 40% persen penduduk dengan status kesejahteraan terendah di Indonesia secara ‘by name by address’.

“Angka 40 persen penduduk tersebut ialah persentase secara nasional. Di setiap daerah, persentase penduduk yang masuk dalam DTKS berbeda-beda. DTKS ditetapkan oleh Menteri Sosial Republik Indonesia, dan data tersebut berada di Pusat Data Informasi (PUSDATIN) Kementerian Sosial,” jelasnya lagi.

Baca juga: Ali Taher (Komisi VIII DPR RI) Nilai Pemerintah Lamban Atasi Corona

Disebutkannya, di Provinsi Kepri ada 110.276 Kepala Keluarga (KK) yang masuk dalam daftar DTKS, dengan rincian:

  • Tanjungpinang ada 11.499 KK,
  • Bintan ada 10.382 KK,
  • Batam ada 53.636 KK,
  • Karimun ada 16.532 KK,
  • Lingga ada 9.311 KK.
  • Natuna ada 6.365 KK,
  • Anambas ada 2.551 KK,

Dan jumlah DTKS tersebut di bagi dalam 2 (dua) kelompok. Drs. Doli Boniara menerangkan dari jumlah tersebut, 89.560 KK sudah menerima bantuan dari Pemerintah Pusat melalui:

  1. Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 37.455 KK,
  2. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebanyak 52.105 KK,
  3. Sedangkan jumlah KK dalam DTKS yang belum mendapat bantuan sama sekali dari 20.716 KK.

Ditambahkannya, Bantuan Sosial Tunai di luar penerima PKH dan BPNT sebagai hasil dari negosiasi Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Riau dengan Kementerian Sosial, maka Kementerian Sosial akan memberikan bantuan sosial tunai kepada Provinsi Kepri yang di luar penerima PKH dan BPNT dengan kuota 60.614 KK, sebesar Rp.600.000 per bulan, selama tiga bulan (April, Mei, dan Juni).

Drs. Doli Boniara mengatakan bahwa secara keseluruhan bantuan Pemerintah Pusat melalui Kemensos untuk Provinsi Kepri dari sejumlah program yang sudah dijalankan adalah sebesar Rp.162.841.200.000.-

(Redaksi).

ajax loader

cropped cropped Logo Resmi INTINEWS co id ©®2020 1

About Post Author

www.INTINEWS.co.id

www.intinews.co.id is The legal cyber news in Indonesia with professionality, actual and no hoaxes. With Motto: "Continuous struggle against oppressors with fact data!"
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: