PENGETAHUAN, UP DATE

Selamat HUT Ke-77 TNI Jaya Selalu Dalam Menjaga Negara Republik Indonesia

INTINEWS.CO.ID, PENGETAHUAN Pada hari ini, Rabu, 5 Oktober 2022 adalah hari besar Tentara Nasional Indonesia (TNI). Ucapan Selamat hari ulang tahun (HUT) TNI Ke-77 pun disampaikan oleh beberapa Pejabat Institusi di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Dan salah satu Pejabat yang mengucapkan HUT TNI Ke-77 itu adalah Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri, Bapak Gerry Yasid, SH., MH, ucapan HUT TNI tersebut tampak di papan iklan yang ada di depan Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang. Pemred dan Keluarga besar Berita Online WWW.INTINEWS.CO.ID juga mengucapkan: Selamat HUT Ke-77 TNI Jaya Selalu Dalam Menjaga Negara Republik Indonesia.

Selamat HUT Ke-77 TNI Jaya Selalu Dalam Menjaga Negara Republik Indonesia
Didepan Kantor Kejari Tanjungpinang tampak ucapan HUT TNI dari Kepala Kejati Kepri, Bapak Gerry Yasid, SH., MH (5/10). Foto dokumen WWW.INTINEWS.CO.ID

Selamat HUT Ke-77 TNI, bagaimanakah sejarah HUT TNI? Sumber situs web https://indonesiabaik.id/infografis/sejarah-berdirinya-tni berikut ini:

Tentara Nasional Indonesia (TNI) sejak didirikan mengalami banyak perkembangan dan penyempurnaan organisasi untuk mencapai efektifitas dan efisiensi dalam melaksanakan perannya.

Selamat HUT Ke-77 TNI Jaya Selalu Dalam Menjaga Negara Republik Indonesia
“Selamat HUT Ke-77 TNI Jaya Selalu Dalam Menjaga Negara Republik Indonesia”

Baca juga: Jadi Momentum Perwujudan Semangat Kebersamaan Dan Persatuan Dalam Peringatan HUT TNI Ke-76

Berawal dari pembentukan organisasi Badan Keamanan Rakyat (22 Agustus 1945) selanjutnya berkembang menjadi Tentara Keamanan Rakyat (5 Oktober 1945). Tentara Keamanan Rakyat kemudian berubah nama menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) (23 Januari 1946). TNI secra resmi berdiri pada tanggal 3 Juni 1947 sebagai persatuan dua kekuatan bersenjata.

Selamat HUT Ke-77 TNI Jaya Selalu Dalam Menjaga Negara Republik Indonesia
Sumber foto tangkapan layar di situs web https://indonesiabaik.id/infografis/sejarah-berdirinya-tni

Tahun 1962, TNI digabungkan dengan Kepolisian Negara (Polri) menjadi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). Pada 1 April 1999, TNI dan Polri secara resmi kembali dipisah. Sebutan ABRI sebagai tentara dikembalikan menjadi TNI.

TNI dibagi Menjadi 3 Matra/Angkatan yaitu Tentara Nasional Angkatan Darat (TNI-AD), Tentara Nasional Angkatan Udara (TNI-AU), dan Tentara Nasional Angkatan Laut (TNI-AL).

(Ogi “Jhenggot”/Redaksi)

ajax loader

Tinggalkan Balasan