Penundaan Belajar Tatap Muka Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 Di Kota Tanjungpinang

Drs. Atmadinata, M.Pd,, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang. Foto INTINEWS.co.id

 

INTINEWS.CO.ID, KOTA TANJUNGPINANG – Pemerintah melakukan penyesuaian kebijakan untuk memberikan penguatan peran pemerintah daerah/kanwil/kantor kemenang. Pemberian kewenangan penuh pada pemerintah daerah/kanwil/kantor kemenag dalam penentuan pemberian izin pembelajaran tatap muka. Berlaku mulai semester genap tahun ajaran 2020/2021 (Bulan Januari 2021). Daerah dan sekolah diharapkan meningkatkan kesiapan untuk penyesuaiannya.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pemko Tanjungpinang, Atmadinata menerangkan terkait perihal rencana membuka belajar tatap muka bagi sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Kota Tanjungpinang sesuai yang dianjurkan Menteri Pendidikan yaitu pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 tertanggal 4 Januari 2021. Rencana belajar tatap muka di sekolah itu bisa saja terjadi perubahan melihat situasi dan kondisi dilapangan terkait kondisi tingkat penyebaran pandemi Covid-19.

Baca juga: Virus Corona Jarak Penyebaran Maksimal 6 Meter

Oleh sebab itu Atma menekankan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 dengan standar operasional prosedur (SOP) di sekolah, seperti menggunakan masker, membuat tempat cuci tangan, menyediakan alat ukur suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan. Atma menegaskan bahwa pihaknya tidak bisa memprediksikan penyebaran Covid-19 di awal tahun 2021.

Atma menjelaskan bahwa libur panjang pada 23 Desember 2020 mendatang kemungkinan bisa memicu peningkatan kasus Covid-19, ini karena berdasarkan pengalaman liburan yang lalu, jadi jika mengikuti yang sudah dianjurkan untuk memulai pembelajaran tatap muka di sekolah pada tanggal 4 Januari 2021, dia tidak mau adanya masyarakat yang akan berfikir karena sekolah tatap muka terjadi “klaster sekolah.” ternyata itu terjadinya karena libur panjang. Jadi tahun ajaran semester genap nanti, sekolah di Tanjungpinang tidak akan melakukan pembelajaran tatap muka sebagaimana yang di tetapkan pada tanggal 4 Januari 2020 mendatang tersebut.

Baca juga: Sup Sayur Telor Puyuh Tingkatkan Imunitas Tubuh

Penetapan itu diperkuat dengan surat keputusan bersama (SKB) 4 Menteri yang menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah dalam penetapan kapan sekolah tatap muka akan dimulai.

Ini dikarenakan Pemko Tanjungpinang untuk mengantisipasi adanya penularan penyebaran virus corona di saat libur panjang tersebut. Kesehatan bagi warga sekolah seperti Siswa/i dan Guru sangat penting untuk di jaga.

(Redaksi).

Redaksi

www.intinews.co.id is legal in Indonesia to presents news with professionality, actual and no hoaxes. With Motto: "Continuous Struggle against oppressors with fact data!"

Terima kasih atas perhatiannya. Hormat kami, Pimred www.intinews.co.id

%d blogger menyukai ini: