Drs. H. Sardison, MTP., Buka Pertemuan Koordinasi Pokjanal Posyandu Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2020

Kepala Dinas PMD DUKCAPIL Provinsi Kperi. Foto dokumentasi INTINEWS.CO.ID/Editor Ogi “Jhenggot”.

INTINEWS.CO.ID, PROVINSI KEPRIKepala Dinas Pmd Dukcapil Prov.Kepri Drs. H. Sardison, MTP., membuka pertemuan Koordinasi Pokjanal Posyandu Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2020, Rabu (26/02/2020), bertempat di Hotel Aston Tanjungpinang.

Sumber foto, http://pmddukcapil.kepriprov.go.id/2020/02/27.

Baca juga: “Wajib Daerah Memiliki UPTD” Menteri PPPA Minta Dinas Bekerja Cepat Bentuk UPTD

Bedasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2007;

  • Pokjanal Posyandu (Kelompok Kerja Operasional Pembinaan Pos Pembinaan dan Pelayanan Terpadu) adalah kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan penyelenggaraan/pengelolaan Posyandu yang berkedudukan di Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan.
  • Pokja Posyandu adalah kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan penyelenggaraan/pengelolaan Posyandu yang berkedudukan di Desa.

Pokjanal Posyandu di tingkat Kabupaten/Kota memiliki tugas yaitu:

  1. Menyiapkan data dan informasi dalam skala Kabupaten/Kota tentang keadaan maupun perkembangan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan program posyandu.
  2. Menyampaikan berbagai data, informasi, dan masalah kepada instansi/lembaga terkait untuk penyelesaian tindak lanjut.
  3. Menganalisa masalah dan kebutuhan intervensi program berdasarkan pilihan alternatif pemecahan masalah sesuai dengan potensi dan kebutuhan lokal.
  4. Menyusun rencana kegiatan tahunan dan mengupayakan adanya sumber-sumber pendataan untuk mendukung kegiatan pembinaan Posyandu.
  5. Melakukan bimbingan, pembinaan, fasilitasi, advokasi, pemantauan dan evaluasi pengelolaan program/kegiatan posyandu secara rutin dan terjadwal.
  6. Memfasilitasi penggerakan dan pengembangan partisipasi, gotong royong, dan swadaya masyarakat dalam mengembangkan Posyandu.
  7. Mengembangkan kegiatan lain sesuai dengan kebutuhan.
  8. Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan kepada Bupati/Walikota dan ketua Pokjanal Posyandu Provinsi.

Baca juga: Dalam Undang-Undang ASN Status Pegawai Hanya Ada PNS dan PPPK

Adapun fungsi Pokjanal Posyandu yaitu:

  1. Penyaluran aspirasi masyarakat dalam pengembangan Posyandu.
  2. Pelaksanaan kebijakan Pemerintah dalam pembinaan Posyandu.
  3. Pengoordinasian pelaksanaan program yang berkaitan dengan pengembangan Posyandu.
  4. Peningkatan kualitas pelayanan Posyandu kepada masyarakat.
  5. Pengembangan kemitraan dalam pembinaan Posyandu.

Pendanaan dalam pelaksanaan tugas Pokjanal Posyandu Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Kelurahan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/Kota dan sumber dana lain yang sah dan tidak mengikat.

Baca juga: Mendagri: Permohonan Izin Pejabat Daerah ke Luar Negeri Harus Diajukan Paling Lambat H-10

Pendanaan dalam pelaksanaan tugas Pokja Posyandu desa bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa dan sumber dana lain yang sah dan tidak mengikat.

Kegiatan ini di Fasilitasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kepri dan hadir sebagai Peserta dari Kemenag dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Kepri.

@Sumber berita, http://pmddukcapil.kepriprov.go.id/2020/02/27/drs-h-sardisonmtp-membuka-pertemuan-koordinasi-pokjanal-posyandu-tingkat-provinsi-

(Redaksi).

Redaksi

www.intinews.co.id adalah berita siber legal di Indonesia, menyuguhkan berita dengan profesionalitas, aktual dan anti hoaks. (www.intinews.co.id is legal news in Indonesia that presents news with professionality, actual and no hoaxes) With Motto: "The Struggle Continuously, oppressive opponents with fact data !".

Related Posts

Terima kasih atas perhatiannya. Hormat kami, Pimred www.intinews.co.id

%d blogger menyukai ini: