PROV. KALTIM

Gubernur Provinsi Kaltim Memberikan Motivasi Kepada Masyarakat Paser

6 Views

INTINEWS.CO.ID, PROV. KALTIM Peluang Petani penuhi pangan Ibu Kota Nusantara (IKN), Gubernur Provinsi Kaltim memberikan motivasi kepada masyarakat paser.

Gubernur Provinsi Kaltim Memberikan Motivasi Kepada Masyarakat Paser
Foto, dokumentasi www.intinews.co.id

Tanah Grogot, Kalimantan Timur (Kaltim) mempunyai komoditas pangan unggul lokal beragam yang sangat banyak dan kualitasnya dapat dijadikan sumber pangan nasional.

“Masyarakat, petani dan nelayan Paser harus bekerja keras,” kata Gubernur Isran Noor saat silaturahmi dengan warga Kabupaten Paser di Lapangan Garuda Tanah Grogot, Sabtu, (23/9/2023).

Baca juga: DPD LAKI Kaltim Dan DPD LI-TPK AN RI Kaltim Pulbaket Tempat Yang Diduga Penampungan Batu Bara Dari Penambangan Ilegal

Di hadapan Bupati Paser dr. Fahmi Fadly dan Wakil Bupati Hj. Syarifah Masitah Assegaf, Forkopimda dan Pemerintah Kabupaten Paser, serta ribuan warga Benuo Taka, Gubernur Isran Noor berharap masyarakat Paser harus semangat dan jangan sampai ketinggalan dari orang luar Kaltim.

Apalagi ada ibu kota negara, IKN, maka para petani peluangnya besar untuk memproduksi komoditi pertanian.

“Tanam buah-buahan, serealia, hortikultura, sayur-sayuran. Harus segera tanam dengan kualitas,” pintanya.

Diperkirakan dua sampai lima tahun ke depan, menurut Ketua Umum APPSI itu, penduduk Kaltim, khususnya di sekitar Paser akan bertambah 2,5 juta orang.

“Itu adalah peluang dan kesempatan bisnis bagi petani dan nelayan kita di sini,” ujarnya.

Baca juga: Ketua DPD LAKI Kaltim Dan Ketua LI-TPK AN RI Kaltim Berterima Kasih Atas Keramahtamahan Kapten Inf Ade Tiana

Kebutuhan pangan pun lanjutnya, bukan semata produktivitasnya, tetapi mereka memerlukan produk-produk pangan, ternak juga perikanan yang berkualitas.

“Dan itu harus disediakan masyarakat Kabupaten Paser,” tegasnya.

Meski selama ini Kaltim telah diberikan kekayaan alam yang berlimpah ruah, minyak bumi sejak belum merdeka, kayu yang mahal dan berkualitas, serta penghasil batu bara terbesar di Indonesia.

“Semua orang menginginkan kekayaan alam seperti Kaltim,” ungkapnya.

“Tapi itu jangan membuat Kita lengah. Kita harus mandiri pangan. Kita bisa cukupi dan berkualitas. Lahan Kita luas,” sambungnya.

@Sumber berita, https://www.kaltimprov.go.id/berita/gubernur-beri-motivasi-masyarakat-paser-peluang-petani

(Redaksi/ Jhon UM)

Loading

Tinggalkan Balasan