Dwi Teguh Wibowo Memperoleh Piala Adhigana Dalam Ajang Anugerah ASN 2019

INTINEWS.CO.ID, SOSOK INTEGRITAS – Adhigana, dalam Bahasa Sansekerta bermakna seorang individu dari golongan unggul. Secara lebih dalam, sifat dari nama Adhigana memiliki ciri peduli sesama, dermawan, tidak mementingkan diri sendiri, patuh terhadap kewajiban, serta ekspresi kreatif.

Dwi Teguh Wibowo, Kepala Kantor Pelayanan Umum (KPU) Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok.

Baca juga: Bibit Samad Rianto, Sosok INTEGRITAS versi www.intinews.co.id

Ajang penghargaan Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) kembali digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk kedua kalinya, dan sudah dilaksanakan pada Senin 2 Desember 2019 yang lalu, terdapat 3 (tiga) kategori dalam Anugerah ASN 2019, yakni;

  1. PNS Inspiratif,
  2. PPT Pratama Teladan, dan
  3. The Future Leader.

Dan Piala Adhigana untuk 3 (tiga) terbaik di masing-masing kategori, dari tiap kategori ada Top 5 nominasi yang dipilih 1 Orang untuk mendapatkan Piala Adhigana tersebut. Berikut ini Top 5 PPT Pratama Teladan;

  1. Dwi Teguh Wibowo dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.
  2. Firmansyah Eka Putra dari Dinas Komunikasi Informasi, Statistik, dan Persandian Kota Pekanbaru.
  3. Iwan Dakota dari Kementerian Kesehatan.
  4. Iwan Suprijanto dari Kementerian PUPR.
  5. Mursyid Bustami dari Kementerian Kesehatan

Baca juga: Presiden: Dewan Pengawas Merupakan Figur-Figur Baik

Dwi Teguh Wibowo, Kepala Kantor Pelayanan Umum (KPU) Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok, terpilih mendapatkan Piala Adhigana dari Top 5 PPT Pratama Teladan tersebut.

Menjadi sosok berintegritas, disiplin, dan tegas adalah prinsip yang selalu dipegang Dwi Teguh Wibowo. Ia memimpin kantor bea cukai terbesar di Indonesia, yakni Kantor Pelayanan Umum (KPU) Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok. Dari kantor yang ia pimpin, 70 persen kegiatan ekspor impor Indonesia dilayani di sini. Besarnya tanggung jawab itu menuntutnya harus mampu mencapai setiap target penerimaan negara.

Sejak berada di bawah kepemimpinan Teguh pada Agustus 2017, KPU Bea dan Cukai Tanjung Priok telah menghasilkan beberapa inovasi. Salah satunya adalah terciptanya aplikasi Antareja (Analyzing , Targeting and Reporting for Joint Program). Program ini merupakan proyek kolaborasi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Aplikasi ini merupakan pengembangan dari aplikasi Quality Assurance (QA) yang telah ada sejak 2017. QA berisi resume profil wajib pajak berstatus importir/eksportir dan indentor, serta penilaian kepatuhan perpajakan dan kepatuhan kepabeanan.

Baca juga: Wow, Di Curriculum Vitae Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan ‘Referensi Tokoh Masyarakatnya’ dari DPD PA GMNI Jawa Tengah

Sedangkan aplikasi Antareja berfungsi mengurangi berbagi data secara manual dalam proses joint analysis yang dilakukan Bea Cukai dan Ditjen Pajak. Adanya joint program ini juga menjalankan fungsi KPU Bea dan Cukai sebagai revenue collector. Output yang didapatkan berupa tambahan penerimaan negara, peningkatan tax base sebesar 5,3 persen, dan penerimaan pajak impor.

Dalam pelaksanaannya, DJBC bekerja sama dengan 19 kantor wilayah (Kanwil) DJP. Program ini berhasil menertibkan 16.000 importir yang menjadi pengguna jasanya.

“Dari penertiban itu, tercatat hingga Oktober 2019, negara mendapat tambahan penerimaan sebesar Rp3,2 T dan refund discrepancy sebesar Rp125 M,” ungkap Teguh, yang menjabat Kepala Kantor KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok.

20200113 Dwi Teguh Wibowo 2

Aplikasi Antareja ini berhasil mengantarkan KPU Bea dan Cukai Tanjung Tipe A Tanjung Priok mendapatkan Best Innovation Award dari Kementerian Keuangan. Melihat keberhasilan ini, Antareja akan segera diterapkan secara nasional untuk mengoptimalkan penerimaan pajak.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Teguh mengusung konsep Integrated System with Integrity System, yakni pelayanan efisien dengan sistem terintegrasi dengan aplikasi serta penerapan pengawasan yang efektif untuk internal maupun eksternal.

Integritas telah menjadi fokus Teguh dalam menjalankan tugasnya di Bea Cukai Tanjung Priok. Beberapa program penguatan integritas yang dilakukannya adalah penetapan role model, whistle blowing system, upaya preventif dan represif, focus group discussion, reward and punishment system, pengembangan sistem IT, CCTV dan hidden cam, manajemen SDM, dan optimalisasi peran unit kepatuhan internal.

Untuk mendukung integritas pegawainya, KPU Bea Cukai Tanjung Priok mengembangkan aplikasi ‘Tip Stop – Tolak, Catat, Laporkan’ yang merupakan sebuah aplikasi anti korupsi. Cara kerjanya dengan menolak pemberian dari pengguna jasa, dokumentasikan dengan mencatat nama, waktu, tempat kejadian, serta bentuk pemberian, juga melaporkan melalui web kipriok.com/tcl atau dengan mengunduh aplikasi pada tcl.kipriok.com.

Program ini dapat diakses melalui aplikasi TipStop yang juga dikembangkan secara mandiri.

“Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan efek jera kepada para oknum yang diduga memberikan gratifikasi atau suap kepada pegawai, ataupun para oknum pegawai yang berniat memeras atau menerima imbalan dari pengguna jasa,” jelas Teguh.

Hal ini menjadi bukti bahwa dalam pengabdiannya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), Teguh menunjukkan kesungguhan, dedikasi, loyalitas, dan perbaikan berkelanjutan yang terus dilakukan untuk instansinya. Karena pengabdiannya itu, Teguh memperoleh Piala Adhigana dalam ajang Anugerah ASN 2019 yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tersebut.

Piala Adhigana tak lantas menghentikan dirinya berinovasi. Menyadari besarnya tanggung jawab yang diemban, Teguh terus mengajak pegawainya untuk berinovasi.

“Kami mendorong dan memberikan inspirasi kepada para pegawai untuk menciptakan inovasi, terutama di bidang pelayanan, pengawasan, dan penguatan integritas,” pungkas pria kelahiran Surakarta ini.

@Sumber berita&foto, https://menpan.go.id/site/berita-terkini/teguh-wibowo-sosok-panutan-dari-kantor-bea-cukai-terbesar-se-

(Redaksi).

Redaksi

www.intinews.co.id adalah berita siber legal di Indonesia, menyuguhkan berita dengan profesionalitas, aktual dan anti hoaks. (www.intinews.co.id is legal news in Indonesia that presents news with professionality, actual and no hoaxes) With Motto: "The Struggle Continuously, oppressive opponents with fact data !".

Related Posts

Terima kasih atas perhatiannya. Hormat kami, Pimred www.intinews.co.id

%d blogger menyukai ini: