Prov. KALTIM, SDM UNGGUL, UP DATE

Asisten Intelijen Kejati Kalimantan Timur Muhamad Sumartono, SH., MH : “Melalui Pembinaan Pembentukan Pelajar Sadar Hukum Bentuk Karakter Pelajar Terkait Hukum”

DOK INTINEWS.CO .ID Kejari Kutai barat 1
Sumber foto Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur.

INTINEWS.CO.ID, PROV. KALTIM Jaksa Masuk Sekolah (JMS), program Kejaksaan Agung RI yang lahir berdasarkan Keputusan Jaksa Agung RI Nomor : 184/A/JA/11/2015 pada tanggal 18 Nopember 2015 tentang Kejaksaan RI mencanangkan program Jaksa Masuk Sekolah. “JMS” yang merupakan salah satu program ‘Korps Adhyaksa’ tersebut sebagai upaya inovasi dan komitemen Kejaksaan RI dalam meningkatkan kesadaran hukum kepada masyarakat yang statusnya sebagai Pelajar. Eksistensi Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Timur mengimplementasikan itu dengan kegiatan  “Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum Jenjang SMA/SMK/MA/SLB (Tuna Daksa) Tingkat Kota/Kabupaten Tahun 2022″ di Kota Bontang.

Kejati Kalimantan Timur yang menjalankan kekuasaan di bidang penegakan hukum mengadakan kegiatan yang turut mempunyai tanggung jawab moril memberikan edukasi generasi muda untuk senantiasa mengerti dan memahami tentang hukum dan permasalahannya tingkat para pelajar. Melalui Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur, Kepala Seksi Penerangan Hukum TONI YUSWANTO, SH., MH, dengan siaran pers’nya Nomor: 35 /O.4.3/Penkum/06/2022, tentang :

“PEMILIHAN DUTA PELAJAR SADAR HUKUM JENJANG SMA/SMK/MA/SLB (TUNA DAKSA) TINGKAT KOTA/KABUPATEN TAHUN 2022 DI KOTA BONTANG”

Pada hari Kamis, tanggal 09 Juni 2022 sekitar pukul 09.00 WITA, bertempat di Hotel Tiara Surya Kota Bontang Jl. MT Haryono, No.55, Keluarahan Gunung Kelai, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang telah dilaksanakan pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum jenjang SMA/SMK/MA/SLB (Tuna Daksa) Tingkat Kota/Kabupaten Tahun 2022 di Kota Bontang.

Kegiatan ini diikuti oleh pelajar jenjang SMA sederajat se-Kota Bontang yang diikuti sebanyak 10 (sepuluh) peserta yang terdiri masing-masing peserta adalah 1 (satu) orang pelajar laki-laki dan 1 (satu) orang pelajar perempuan.

Sebelumnya para peserta se-Kota Bontang mengajukan karya tulis inovatif selanjutnya dilakukan seleksi terhadap karya tulis inovatif yang diajukan, sehingga didapati 10 (sepuluh) peserta guna dipertandingkan pada tingkat Kota Bontang.

www.ntinews.co.id
Pembukaan pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum Oleh Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur Muhamad Sumartono, SH., MH (9/6). Sumber foto Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur.

Kegiatan pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum ini di buka langsung oleh Bapak MUHAMAD SUMARTONO, SH., MH, Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur dan dihadiri langsung oleh;

  1. Bapak SAMSUL ARI, SH., MH, Kepala Kejaksaan Negeri Bontang,
  2. Bapak ANDARIAS, S.Kom. Kepala Seksi Pembinaan SMK pada Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II (Kutai Timur Bontang)
  3. Para Juri dari Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur dan Kejaksaan Negeri Bontang
  4. Para Guru Pembimbing
  5. Peserta pemilihan duta pelajar sadar hukum.

Dalam sambutannya Bapak MUHAMAD SUMARTONO, SH., MH, Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur menyampaikan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdasakan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Oleh karena itu pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa harus dikembangkan potensinya ke arah yang positif salah satunya diberikan pemahaman hukum melalui pembinaan atau pembentukan pelajar sadar hukum yang secara tidak langsung akan membentuk karakter para pelajar terkait hukum, yakni:

  • Kejujuran,
  • Tanggung jawab,
  • Disiplin,
  • Toleransi
  • Peduli pada lingkungan dan sosial
  • DEapat bertindak lebih bijak dengan mematuhi ketentuan yang berlaku.

Melalui kegiatan pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum jenjang SMA sederajat se-Kaltim tahun 2022 ini saya berharap dapat melahirkan pelajar-pelajar sadar hukum, yang dapat menjadi agen perubahan (agent of change) di tengah masyarakat khususnya di lingkungan sekolah masing-masing, serta dapat menularkan hal-hal positif dan bermanfaat bagi masyarakat, sehingga ketertiban dan ketentraman umum dapat terpelihara di tengah kehidupan masyarakat.

Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum jenjang SMA/SMK/MA/SLB (Tuna Daksa) Tingkat Kota/Kabupaten Tahun 2022 di Kota Bontang diperoleh juara sebagai berikut :

  • Juara I : SMAN 1 BONTANG
    – Bella Oktavianggi
    – Muhammad Alparezi
  • Juara II : SMAN 1 BONTANG
    – Najwa Bella Prasetya
    – I Putu Bandhu Sogata
  • Juara III : SMAN 1 BONTANG
    – Alvinna Ramadhani
    – Rizhal Akbar

Terhadap para juara I, II dan III masing-masing memperoleh uang pembinaan, piagam, dan plakat. Dimana kedepannya para juara I, II dan III dari Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum tingkat Kota Bontang akan dipertandingkan kembali pada tingkat Provinsi bersama dengan para juara dari masing-masing Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur.

Selama kegiatan Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum Tingkat Kota Bontang Tahun 2022 ini dilaksanakan dengan mengedepankan protokol Kesehatan.

Samarinda, 09 Juni 2022.
KEPALA SEKSI PENERANGAN HUKUM,

TONI YUSWANTO, SH., MH.

(Reporter: Johansyah Kepala Biro WWW.INTINEWS.CO.ID Kabupaten Kubar/Redaksi)

ajax loader

Tinggalkan Balasan