PETI ES, NASIONAL, UP DATE

Lagi Lagi Dan Lagi Kerja Sama Dengan Republik Rakyat China

0 0
Read Time:2 Minute, 54 Second
https://intinews.co.id
Lagi Lagi Dan Lagi Kerja Sama Dengan Republik Rakyat China. Ilustrasi dokumentasi https://intinews.co.id

INTINEWS.CO.ID, NASIONALNusantara ini lagi lagi dan lagi kerja sama dengan Republik Rakyat China (RRC) atau di sebut Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Apakah kerja sama dengan Tiongkok itu membawa keuntungan yang signifikan? atau hutang Negara Indonesia menjadi berkurang karena kerja sama dengan Tiongkok? atau kerja sama itu sarat kepentingan politis di Negeri ini?. Entah iya atau tidak kerja sama Indonesia dengan Tiongkok ini berpotensi menjadi solusi untuk dunia.

Negara “Tirai Bambu” ini Negara menganut paham Komunis, sebuah Negara Komunis, sejak didirikan pada 1949, RRC telah di pimpin oleh Partai Komunis China (PKC). Negara Indonesia Ideologi Pancasila, benarkah kerja sama Indonesia dengan Tiongkok tercipta pembangunan strategis berkelanjutan?.

Bukankah kerja sama yang lalu, yang pernah dilakukan dengan Tiongkok membuahkan bercarik-carik isu yang jadi “gonjang-ganjing’ di Nusantara ini ; “mulai dari masuknya ribuan para pekerja Tiongkok sampai dengan mereka memiliki Kartu Tanda Penduduk Elekronik (E-KTP/KTP-El) Indonesia”.

Baca juga: Indonesia Desak China Hormati UNCLOS

Indonesia dengan Tiongkok sepakat perkuat kerja sama Demi Terciptanya Pembangunan Strategis Berkelanjutan, berikut ini petikan dari situs web https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/39198/t/Indonesia-Tiongkok+Sepakat+Perkuat+Kerja+Sama+Demi+Terciptanya+Pembangunan+Strategis+Berkelanjutan :

Sebagai dua negara yang mampu mencatat pertumbuhan ekonomi di tengah situasi pelik, Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI-Parlemen Tiongkok Puteri Anetta Komarudin mendorong kerja sama Indonesia-Tiongkok demi terciptanya pembangunan strategis berkelanjutan, baik antar pemerintah, antar individu, maupun antar parlemen. Menurutnya, kerja sama ini berpotensi menjadi solusi untuk dunia.

“Walaupun di tengah pandemi, Indonesia dan Tiongkok adalah mitra dagang yang saling menguntungkan dan potensial. Kedua negara berkontribusi besar bagi perekonomian dunia. Tiongkok sebagai salah satu ekonomi terbesar di dunia dan Indonesia sebagai ekonomi terbesar di ASEAN. Melalui hubungan baik ini, kami yakin Indonesia dan Tiongkok terus bersinergi untuk memperkuat kerja sama yang mendorong pembangunan baik secara G to G, people to people, termasuk antar parlemen,” ungkap Puteri usai memimpin Courtesy Call dengan Dubes Tiongkok untuk Indonesia Lu Kang di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Rabu (6/8/2022).

Lebih lanjut, Anggota Fraksi Partai Golongan Karya (F-Golkar) DPR RI itu memaparkan Tiongkok menjadi salah satu negara yang mampu mencatat pertumbuhan ekonomi yang tinggi di tengah pandemi, yaitu sebesar 8,1 persen pada tahun 2021. Pada tahun yang sama, neraca perdagangan Indonesia dan Tiongkok melonjak signifikan sebesar 58,43 persen dibandingkan capaian tahun 2020. Sehingga, ia menegaskan DPR RI berkomitmen mendukung sinergi antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Tiongkok di berbagai sektor.

“Tentunya, dengan melibatkan dukungan dari hubungan yang erat antar masyarakat di kedua negara sebagai dasar kesuksesan kerjasama bilateral selama ini. Yaitu, mengedepankan prinsip resiprokalitas yang bernilai tambah dan berkeadilan, serta dilandasi kepercayaan dan rasa hormat yang mendalam antar kedua negara,” tandas Anggota Komisi XI DPR RI itu.

Baca juga: Duta Besar China Untuk Indonesia Kunjungi Menkumham RI, Bahas Kerja Sama Bilateral

Pada kesempatan yang sama, Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Lu Kang menyampaikan Tiongkok menyambut dengan terbuka untuk mempertahankan jalinan kerjasama dengan Indonesia selama 72 tahun. Tidak hanya itu, jelasnya, Tiongkok telah menemukan model ekonomi yang mampu mengentaskan kemiskinan. Maka, dirinya memastikan akan ada transfer teknologi dan pengetahuan maupun pengembangan proyek strategis.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, anggota GKSB DPR RI-KRN RRT yaitu Anggota Komisi IX DPR RI Edy Wuryanto, Anggota Komisi I DPR RI Sugiono, dan Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan.

(Redaksi)

ajax loader

cropped cropped Logo Resmi INTINEWS co id ©®2020 1

About Post Author

www.INTINEWS.co.id

www.intinews.co.id is The legal cyber news in Indonesia with professionality, actual and no hoaxes. With Motto: "Continuous struggle against oppressors with fact data!"
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: