NASIONAL, DAERAH, UP DATE

Acara Konferensi Pengarusutamaan Kabupaten Atau Kota HAM Bagi Pers

INTINEWS.CO.ID, NASIONAL Kabar Latuharhary, Komnas HAM menggelar ‘Media Gathering’ di Ruang Pleno I (Satu) Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 13 Oktober 2022. Acara Konferensi Pengarusutamaan Kabupaten atau Kota HAM bagi Pers.

Acara Konferensi Pengarusutamaan Kabupaten Atau Kota HAM Bagi Pers
Foto tangkapan layar di https://www.komnasham.go.id/index.php/news/2022/10/14/2250/sosialisasi-konferensi-kabupaten-kota-ham-bagi-media.html

Kegiatan ini diadakan merangkul rekan Jurnalis untuk ikut berpartisipasi dalam penyebarluasan wawasan HAM melalui acara Konferensi Pengarusutamaan Kabupaten atau Kota HAM yang akan diselenggarakan pada tanggal 18-20 Oktober 2022.

“Konferensi Pengarusutamaan Kabupaten/Kota HAM diselenggarakan oleh Komnas HAM, INFID, dan KSP. Kegiatan ini di gelar untuk memberikan ruang saling belajar bagi Pemerintah Daerah untuk membumikan HAM di wilayahnya,” kata Beka Ulung Hapsara, Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan saat membuka acara Media Gathering.

Baca juga: Berkewajiban Negara Menghormati Melindungi Dan Memenuhi HAM Hak Atas Kebebasan Berekspresi Semakin Tingginya Tingkat Pemanfaatan Internet Di Indonesia

Hadir juga dalam acara itu ;

  • Tenaga Ahli Kedeputian V (lima) KSP, Mugianto
  • Tenaga Ahli Utama Kedeputian V KSP, Prof. Siti Ruhaini Dzuhayatin
  • Senior Program Officer on Human Rights and Democracy, International NGO Forum on Indonesian Development (INFID), Abdul Wardi
  • Koordinator Bidang Dukungan Penyuluhan, Hari Reswanto
  • Koordinator Bidang Humas, Kurniasari Novita Dewi
  • serta rekan-rekan Jurnalis

Konferensi Pengarusutamaan Kabupaten/Kota HAM adalah forum untuk bersilaturahmi, bertukar pengetahuan, ide, gagasan, dan berbagi pengalaman tentang praktik-praktik nyata yang berhasil diterapkan dalam membangun kebupaten/kota yang selaras dengan nilai-nilai HAM.

Acara ini melibatkan seluruh stakeholder terkait isu kabupaten/kota HAM dari dalam dan luar negeri.

Partisipasi rekan Jurnalis sangat dibutuhkan untuk meningkatkan penyebarluasan kegiatan ini, sehingga partisipasi masyarakat dalam kegiatan ini meningkat. Selain itu, Jurnalis sebagai salah satu pembela HAM berperan penting sebagai aktor dalam penyebarluasan hak atas informasi kepada masyarakat terutama terkait isu HAM.

Pada 2022 Konferensi Pengarusutamaan Kabupaten/Kota HAM akan dilaksanakan di Jakarta pada 18-20 Oktober 2022 dengan tema “Memperkokoh Keragaman dan Inklusi Mewujudkan Indonesia yang Tanggung dan Harmonis”. Tema ini penting dibincangkan untuk menjawab tantangan dari situasi global yang saat ini sedang memanas.

Baca juga: Kesinambungan Liputan Ramah Anak Berbasiskan Kode Etik Jurnalistik

Konferensi pengarusutamaan Kabupaten/Kota HAM telah mendapat pengakuan positif dari dalam negeri karena kegiatan ini mampu menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang positif dan konstruktif guna perlindungan, penghormatan, dan pemenuhan HAM di Indonesia dan dunia khususnya.

Selain berdampak positif di dalam negeri, Konferensi Pengarusutamaan Kabupaten/ Kota HAM juga disambut baik oleh komunitas internasional. Pengakuan itu dapat di lihat dari banyaknya peserta perwakilan dari negara lain yang hadir dalam pelaksanaan Konferensi Pengarusutamaan Kabupaten/Kota HAM di tahun-tahun sebelumnya

Kegiatan Konferensi HAM ini juga telah mendapat dukungan dari Presiden Ir. Joko Widodo (Jokowi) yang disampaikan melalui Peringatan Hari HAM Internasional pada 10 Desember 2020 lalu. Beliau menyampaikan bahwa Ia menyambut baik Konferensi Pengarusutamaan Kabupaten/Kota HAM yang diadakan atas kerja sama Pemerintah, Komnas HAM dan Masyarakat pemerhati HAM.

Jokowi juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan komitmen bersama dalam mengarusutamakan prinsip-prinsip HAM di daerah.

@Sumber Berita, https://www.komnasham.go.id/index.php/news/2022/10/14/2250/sosialisasi-konferensi-kabupaten-kota-ham-bagi-media.html

(Redaksi)

ajax loader

Tinggalkan Balasan