PENGETAHUAN, UP DATE

Untung Atau Rugi Buat Rekening Perusahaan

0 0
Read Time:3 Minute, 55 Second
INTINEWS co id 4
Pilihan menguntungkan atau merugikan dalam menyimpan Uang?. Ilustrasi, dokumentasi INTINEWS.co.id

INTINEWS.CO.ID, PENDIDIKAN&IPTEKMemulai bisnis atau membuat perusahaan baru sebagai pengusaha di dunia bisnis, kesalahan pengelolaan keuangan perusahaan adalah sesuatu yang fatal untuk menjadi perusahaan yang berkembang pesat.

Ada rekening bisnis dan pribadi, Kedua rekening harus dipisah, agar mengkelola keuangan berjalan lancar. Hal ini dilakukan menjadi penting untuk menghindari penggunaan Uang bisnis untuk keperluan pribadi. Membuat rekening bisnis baru akan sangat memudahkan proses keuangan seperti pencatatan arus kas di dalam perusahaan. Kesalahan akan terasa saat ada perbedaan antara apa yang di catat dan saldo di rekening.

Baca juga: Pantau Pakaian Sekolah Gratis T/A 2020 Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Di 2019 Kasus Naik

Jadi, dengan rekening khusus bisnis, bisa memantau kondisi keuangan bisnis secara lebih terperinci dan akurat. Segera buka rekening baru begitu bisnis resmi berdiri merupakan suatu awal menuju sukses. Namun, ada hal yang harus diperhatikan sebelum membuat rekening perusahan/bisnis karena banyaknya jenis rekening yang ditawarkan Bank (Bank Swasta atau Bank milik Negara), oleh karena itu hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  1. Memilih Bank yang tidak tepat. Seorang pengusaha/pebisnis membuat rekening bisnis baru dengan memilih bank yang tidak tepat, karena tidak semua bank mengeluarkan aturan yang sama dan berikan keuntungan yang sama dari rekening tabungan perusahan/bisnis di bank tersebut.
  2. Tidak Paham jenis tabungan untuk rekening perusahaan.
    Ada banyak fitur dan keuntungan yang ditawarkan setiap Bank. Umumnya, tabungan bisnis memiliki suku bunga relatif lebih tinggi dibandingkan dengan rekening perorangan, nominal transaksi yang bisa dilakukan melalui rekening bisnis lebih besar, dan rekening tabungan bisnis juga menetapkan biaya administrasi bulanan yang cukup tinggi, bahkan ada yang netapkan angka saldo mengendap di rekening yang cukup besar.
  3. Membuat detail informasi yang tidak lengkap.
    Bank dan jenis rekening tabungan bisnis sudah ditentukan, selanjutnya cari tahu persyaratan yang dibutuhkan untuk membuka rekening, setiap bank memiliki peraturan yang berbeda-beda.
  4. Melupakan pertimbangan saldo minimum bulanan.
    Memperhatikan besaran setoran awal minimum yang harus dibayarkan, dan jangan lupakan bahwa setiap rekening bisnis wajib menyediakan nominal tertentu sebagai saldo minimum bulanan.
  5. Mencetak nama perusahaan yang salah dalam cek.
    Rekening perusahaan/bisnis akan dilengkapi dengan dokumen cek terbitan bank tersebut. Pemilik rekening harus periksa setiap detail di cek. Cek di cetak secara elektronik, Jadi cek tersebut harus kompatibel dengan software akuntansi yang digunakan. Jika cek di cetak secara konvensional maka hal tersebut tidak menjadi masalah.
  6. Tidak menentukan otoritas penandatanganan cek
    Sebagai pemilik rekening perusahaan/bisnis belum menentukan siapa yang punya otoritas (hak) penandatanganan cek perusahaan.
  7. Melihat kebijakan waktu-waktu transaksi yang ditetapkan Bank. 
    Jangan melupakan untuk bertanya kepada Bank terkait kebijakan waktu transaksi yang ditetapkan oleh bank. Kebijakan waktu transaksi perbankan sangat mempengaruhi kelancaran perusahaan berbisnis.

Baca juga: Kerahasiaan Data Perbankan Sangat Esensial, Mempertanyakan Integritas OJK

Solusinya antara lain:

  1. Untuk menghindari kesalahan memilih Bank untuk rekening perusahaan/bisnis dengan melakukan survei/cek/cari tahu terlebih dulu Bank-Bank apa saja yang sehat dan memiliki bertanggung jawab penuh kepada nasabahnya. Bandingkanlah antara rekening tabungan bisnis yang ada di satu bank dengan bank yang lain. Pelajari trademark dari bank tujuan untuk mencegah terjadinya kemungkinan bank mengalami pailit dan menimbulkan kerugian.
  2. Harus benar-benar mempelajari jenis tabungan apa untuk perusahaan/bisnis. karena hal ini penting untuk menghindari kerugian di kemudian hari nanti.
  3. Menyampaikan informasi yang jelas ketika membuka rekening perusahaan/bisnis sesuai dokumen perusahaan yang lengkap bertujuan agar tidak menghabiskan banyak waktu dan membuat pengelolaan keuangan bisnis terhambat dikemudian harinya.
  4. Tidak boleh melupakan bahwa setiap rekening bisnis wajib menyediakan nominal tertentu sebagai saldo minimum BULANAN. Besaran jumlah saldo minimum bulanan yang harus mengendap di satu rekening bisnis berbeda-beda. Setiap bank memiliki peraturan dan kebijakan masing-masing. Apabila saldo yang dimiliki kurang dari jumlah minimum bulanan yang telah ditetapkan oleh Bank terkait maka ada denda atau biaya penalti yang harus dibayarkan.
  5. Sebagai pelaku bisnis jangan pernah lakukan kesalahan penulisan nama perusahaan atau tidak menulis nama perusahaan terdaftar. Hal ini tentu akan menimbulkan masalah di kemudian hari, terlebih jika bisnis menerima sistem pembayaran online banking, karena kesalahan ini mampu meningkatkan risiko penipuan perbankan online.
  6. Menentukan otoritas siapa saja yang berhak bisa lakukan  penandatanganan di cek perusahaan/bisnis jadi sangat penting dalam rangka mencegah pemalsuan atau penyalahgunaan kewenangan.
  7. Kebijakan waktu transaksi yang ditetapkan oleh Bank (waktu transaksi perbankan), dalam memastikan agar pilih Bank yang menyediakan layanan transaksi selama 24 jam dalam satu minggu (dari Senin s/d Minggu), ada yang menyediakan layanan fleksibel, cepat, dan akurat maka, pelanggan, konsumen dan rekan bisnis akan percaya dengan kredibilitas transaksi bisnis yang profesionalitas. Rekening tabungan bisnis dilengkapi dengan fasilitas internet banking dan mobile banking.

Dengan mengetahui terlebih dahulu terkait menempatkan rekening perusahaan pada Bank tertentu, dapat meminimalisir seperti resiko atau rasa kekecewaan.

Semoga bermanfaat.

(Redaksi).

ajax loader

cropped cropped Logo Resmi INTINEWS co id ©®2020 1

About Post Author

www.INTINEWS.co.id

www.intinews.co.id is The legal cyber news in Indonesia with professionality, actual and no hoaxes. With Motto: "Continuous struggle against oppressors with fact data!"
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

error

www.intinews.co.id berita siber pers nasional

Facebook7k
Instagram5k
YouTube945
YouTube
WhatsApp13k
Pinterest333
Pinterest
fb-share-icon
Telegram20
WeChat666
RSS330
Follow by Email2k