Surat Undangan Pilkada Di Tanjungpinang Melampaui Jumlah Pemilih

INTINEWS.CO.ID, PROVINSI KEPRI Formulir C Pemberitahuan KWK atau surat undangan untuk pemilih di Kota Tanjungpinang menggunakan hak suara pada pemungutan suara Pilkada Provinsi Kepulauan Riau tahun 2020 melampaui jumlah pemilih.

Ketua KPU Tanjungpinang Aswin Nasution, di Tanjungpinang, Kamis (28/01), mengatakan, Formulir C Pemberitahuan KWK lebih 3947 lembar dari total jumlah pemilih. Jumlah pemilih di Tanjungpinang sebanyak 149.354 orang.

Baca juga: Potensial Bersisa Anggaran Pilkada Kepri

Meski demikian, Aswin menegaskan bahwa Formulir C Pemberitahuan telah dikembalikan. Artinya, formulir tersebut tidak disalahgunakan.

“Jumlah Formulir C Pemberitahuan yang sudah dikembalikan sebanyak 3872 lembar, kurang 75 lembar. Itu disebabkan kerusakan dan lain-lain, namun tidak dipergunakan,” katanya.

Aswin memastikan formulir tersebut tidak dapat disalahgunakan. Hal tersebut disebabkan data pemilih tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Data tersebut juga dipergunakan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebagai dasar untuk mengijinkan seseorang memiliki hak pilih atau tidak.

“Data pemilih itu terdata bukan secara manual saja, melainkan juga dalam sistem data pemilih. Jadi identitasnya jelas,” ucapnya.

Baca juga: Pilkada Di Tunda Akan Memperlambat Penanganan Covid-19

Selain itu, selama proses pemungutan suara hingga penetapan perolehan suara tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri di Tanjungpinang, menurut dia tidak ada saksi maupun pengawas pilkada yang mengajukan keberatan.

“Jika formulir itu disalahgunakan, tentu saksi mau pun Bawaslu melayangkan keberatan,” tuturnya.

Aswin menjelaskan jumlah Formulir C Pemberitahuan melebih jumlah pemilih disebabkan tim sekretariat keliru dalam membaca pedoman penetapan jumlah surat pemilih tersebut. Tim sekretariat menggunakan Surat Keputusan KPU RI tentang Jumlah Surat Suara yang disediakan.

“Kalau jumlah surat suara memang harus lebih 2,5 persen dari jumlah pemilih,” katanya.

@Sumber berita&foto, https://kepriprov.go.id/home/berita/5152

(Redaksi)

www.INTINEWS.co.id

www.intinews.co.id is legal cyber news in Indonesia to presents news with professionality, actual and no hoaxes. With Motto: "Continuous Struggle against oppressors with fact data!"

Terima kasih atas perhatiannya. Hormat kami, Pimred www.intinews.co.id

%d blogger menyukai ini: