DAERAH, UP DATE

Rianto Pakpahan Jadi Ketua Umum Punguan Pomparan Pakpahan Sigodang Pohul

INTININTINEWS.CO.ID, DAERAH DKI, tampak khalayak ramai warga Batak Marga Pakpahan serta Boru dan Bere hadir di Gedung Romauli, Pulo Gebang, Jakarta Timur. dalam rangka Munyawarah Nasional (Munas) I yang resmi mengukuhkan Rianto Pakpahan jadi Ketua Umum Punguan Pomparan Pakpahan Sigodang Pohul (P3SGP) Sedunia pada Sabtu (17/9/2022).

Rianto Pakpahan jadi Ketua Umum Punguan Pomparan Pakpahan Sigodang Pohul
Prosesi Rianto Pakpahan jadi Ketua Umum Punguan Pomparan Pakpahan Sigodang Pohul Sedunia, (17/9). Foto dokumentasi www.intinews.co.id

M. Felix Pakpahan yang merupakan “Ketua Team 9” melantik Bapak Rianto Pakpahan sebagai Ketua Umum (Ketum) Punguan Pomparan Pakpahan Sigodang Pohul periode 2022-2027

“Pada hari ini tnggal 17 September 2022, Saya Ketua Team 9, M. Felix Pakpahan, melantik Bapak Rianto Pakpahan sebagai Ketua Umum Punguan Pomparan Pakpahan Sigodang Pohul periode 2022-2027, Saya serahkan Tunggal Panaluan sebagai lambang Kepemimpinan,” ujar Ketua Team 9, M. Felix Pakpahan saat acara deklarasi Punguan Pomparan Pakpahan Sigodang Pohul (P3SGP) sedunia.

Selanjutnya, M. Felix Pakpahan menyerahkan Pataka P3SGP Sedunia kepada Rianto Pakpahan sambil menghimbau ketua umum terpilih tersebut untuk dikibarkan ke penjuru dunia.

“Saya serahkan pataka ini dan kibarkan pataka ini ke seluruh wailayah NKRI dan dunia,” lanjut M. Felix Pakpahan penuh semangat.

Rianto Pakpahan jadi Ketua Umum Punguan Pomparan Pakpahan Sigodang Pohul
Rianto Pakpahan bersama Istri. Prosesi Rianto Pakpahan jadi Ketum Punguan Pomparan Pakpahan Sigodang Pohul (P3SGP) Sedunia, (17/9). Foto dokumentasi INTINEWS.CO.ID

Sementara Rianto Pakpahan yang telah resmi menjadi Ketua Umum yang disaksikan ratusan warga Pakpahan menyatakan kesiapannya mengemban tanggung jawab dengan sebaik-baiknya.

“Saya Rianto Pakpahan siap melaksanakan tugas, tanggung jawab dan kewajiban sebagai Ketua Umum Punguan Pomparan Pakpahan Sigodang Pohul dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab serta siap menerima Tunggal Panaluan sebagai lambing kepemimpinan,” jawab Rianto Pakpahan mantap.

Kemudian Rianto Pakpahan turut menyatakan kesanggupannya mengibarkan pataka ke seluruh ibu pertiwi dan dunia.

“Saya terima pataka ini dan kibarkan pataka ini ke seluruh wilyah NKRI dan dunia,” kata Rianto yang mengenakan pakaian adat Pakpahan tersebut.

Dalam sambutannya, Ketua Team 9 Toga Pakpahan, Mayjen (purn) DR (HC) Sumiharjo Pakpahan, P.H.D. DMS, mengatakan Punguan Pomparan Pakpahan Sigodang Pohul merupakan wadah yang dapat membuat bahagia semua orang.

“Jadilah punguan yang manis seperti madu, sehingga membuat orang datang berbondong-bondong untuk mencari kebahagian,” kata Sumiharjo.

Dia (Mayjen (purn) DR (HC) Sumiharjo Pakpahan, P.H.D. DMS) berharap kepada Ketua Umum Rianto Pakpahan menjadi Ketua yang manis, yang diminati oleh semua orang.

”Jadilah madu, sekali lagi selamat kepada Ketua Umum, semoga dengan adanya Punguan ini tentunya kita bersiap-siap untuk mendirikan Toga Pakpahan,” jelas mantan Deputi 1 Luar Negeri BIN ini.

acara deklarasi Punguan Pomparan Pakpahan Sigodang Pohul (P3SGP) sedunia.
Acara deklarasi Punguan Pomparan Pakpahan Sigodang Pohul (P3SGP) Sedunia, (17/9). Foto dokumentasi WWW.INTINEWS.CO.ID

Deklarasi Punguan Pomparan Pakpahan Sigodang Pohul bernuansa prosesi adat batak ini di pandu acara oleh Ketua Team Adat Pakpahan Sigodang Pohul yaitu Paraloan Pakpahan, juga disaksikan oleh Ketua Umum Pakpahan Lumban Bosi Sedunia St. Drs. Mauliate Pakpahan dan Ketua Umum Pakpahan Hutaraja Sejabodetabek Kombes (Purn) Panusunan Pakpahan, MH., M.M.

Munas Pakpahan Sigodang Pohul Sedunia atau P3SGP ini juga dihadiri oleh Tulang Sitindaon dan Hula-Hula Sitindaon. Kemudian pelantikan ketua P3SGP itu Tulang Sitindaon memberikan Boras Sipirnitondi kepada Ketua Umum terpilih.

Rianto Pakpahan jadi Ketua Umum Punguan Pomparan Pakpahan Sigodang Pohul
Munyawarah Nasional (Munas) I yang resmi mengukuhkan Rianto Pakpahan jadi Ketua Umum Punguan Pomparan Pakpahan Sigodang Pohul (P3SGP) Sedunia pada Sabtu, (17/9/2022). Foto dokumentasi INTINEWS.co.id

Singkat Cerita Marga Pakpahan

Marga Pakpahan adalah salah satu marga Batak yang berasal dari Suku Samosir. Pakpahan adalah Marga yang dipakai oleh keturunan Raja Toga Pakpahan. Marga Pakpahan berasal dari daerah Onan Runggu kemudian menyebar dan membuka kampung (mamukka huta) ke daerah-daerah disekitaran Danau Toba.

Kearah barat Danau Toba menyebar ke daerah:

  • Janji Raja,
  • Paranginan,
  • Lintong nihuta,
  • Dolok Sanggul,
  • Pakkat,
  • hingga ke Sidikalang.

Kearah selatan Danau Toba menyebar ke daerah:

  • Uluan,
  • Laguboti,
  • Balige,
  • Siborongborong,
  • Pangaribuan,
  • Pahae,
  • hingga ketanah Angkola (Tapsel).

Saat ini marga Pakpahan sudah menyebar ke seluruh nusantara dan dunia.

Toga Samosir atau Raja Sonang menikah dengan Soloan Boru (Br) Sitindaon, sehingga mempunyai 4 anak laki-laki yaitu:

  1. Toga Gultom,
  2. Toga Sidari,
  3. Toga Pakpahan,
  4. Toga Sitinjak.

Sementara, Raja Toga Pakpahan dengan menikahi paribannya atau putri dari abang Ibunya yaitu Boru (Br) Sitindaon memiliki 3 anak laki-laki, yaitu:

  • Tuan Hutaraja
  • Raja Lumbanbosi (Pakpahan Si Bosi)
  • Ompu Sigodangpohul

Raja Lumbanbosi yang merupakan Submarga Pakpahan yang berasal dari Desa Pakpahan, Kecamatan Onan Runggu, Kabupaten Samosir, dan kemudian menyebar ke:

  • Pangaribuan,
  • Lintongnihuta,
  • Doloksanggul,
  • Pakkat,
  • Balige,
  • Siborongborong,
  • Sidikalang
  • Hingga ke seluruh dunia.

Raja Lumbanbosi Pakpahan menikahi Br. Manurung, dan memiliki 1 anak, yaitu Raja Bonaniaek. Raja Bonaniaek Pakpahan menikahi Br. Sirait, dan memiliki 1 anak, yaitu Raja Mobe.

Raja Mobe Pakpahan menikahi Br. Sitorus, dan memiliki 1 anak, yaitu Raja Jumollang. Raja Jumollang Pakpahan menikahi Br. Manurung, dan memiliki 1 anak, yaitu Raja Hinerean. Raja Hinerean Pakpahan menikahi paribannya Br. Manurung sehingga memiliki 7 anak (putra)

(Popi, Biro Jakarta INTINEWS.CO.ID/Redaksi)

ajax loader

Tinggalkan Balasan