Pemerintah Dorong Desa Bawomataluo, Nias Jadi Warisan Dunia UNESCO

Loncat batu, Nias. ilustrasi foto, dokumen INTINEWS.co.id

INTINEWS.CO.ID, WISATA&KEBUDAYAAN – Nias Selatan, Pemerintah dan Panitia Pusat Berlayar Nias 2019 merencanakan desa tradisional Bawomataluo di Kabupaten Nias Selatan menjadi warisan dunia UNESCO.

Seperti diketahui, desa Bawomataluo memiliki tradisi unik yakni Lompat Batu. Tradisi ini hanya dapat ditemukan di Kepulauan Nias khusus desa Bawomataluo yang masih melestarikannya hingga saat ini. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, diminta untuk meminta desa Bawomataluo di warisan dunia UNESCO yang disampaikan dalam Seminar Internasional tentang Warisan Nias 2019 di Gunungsitoli, yang terkait dengan kegiatan Berlayar Nias.

“Keindahan dan kekayaan alam di daerah ini tidak perlu dipertanyakan, dalam Seminar Internasional tentang Warisan Nias 2019 di Gunungsitoli yang merupakan rangkaian kegiatan Berlayar Nias, salah satunya untuk membahas desa Bawomataluo menjadi warisan dunia UNESCO,” kata Menko Luhut di Nias Selatan, Sabtu (14) / 09/2019). 

Menko Luhut yakin, dengan masuknya desa Bawomataluo dalam situs warisan budaya UNESCO, akan meningkatkan jumlah wisatawan asing ke kepulauan Nias.

“Kita ini akan mewujudkan (desa Bawomataluo) warisan dunia UNESCO, jika itu menjadi warisan dunia UNESCO maka akan ada di situs web UNESCO dan ini akan menjai tujuan turis,” katanya. 

“Jadi, kami datang kesini untuk memberikan dukungan suksesnya ini semua. Acara Sail Nias 2019 ini,” tambahnya. 

Lebih lanjut, Menko Luhut mengatakan, perhelatan Sail Nias 2019 yang bertemakan Nias Menuju Gerbang Wisata Bahari Dunia ini, tidak hanya berhenti di acara puncak.

“Salah satu kompetisi selancar itu akan betul-betul mensukseskan Nias, Nias promosikan dan ke depan kita akan membuat program mungkin paket harian. Kita akan sosialisasi berbagai macam platform untuk mencari Nias semakin dikenal,” ungkapnya. 

Dalam kesempatan itu, Luhut juga menyampaikan pesan Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada 2016 lalu di Gunungsitoli. Presiden menitipkan beberapa hal untuk pemerintah Daerah se-kepulauan Nias. 

“Presiden menitipkan pesan pada pemerintah daerah untuk memenangkan dua potensi terbesar di Pulau Nias yaitu pariwisata dan perikanan,” pungkas Menko Luhut.

@Sumber berita, https://www.kominfo.go.id/content/detail/21513/pemerintah-dorong-desa-

(Redaksi).

Redaksi

www.intinews.co.id adalah berita siber legal di Indonesia, menyuguhkan berita dengan profesionalitas, aktual dan anti hoaks. (www.intinews.co.id is legal news in Indonesia that presents news with professionality, actual and no hoaxes) With Motto: "The Struggle Continuously, oppressive opponents with fact data !".

Related Posts

Terima kasih atas perhatiannya. Hormat kami, Pimred www.intinews.co.id

%d blogger menyukai ini: