DAERAH, REPORTASE LIVE (VIDEO), UP DATE

Panen Kopra di Pulau Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku

INTINEWS.CO.ID, REPORTASE LIVE Panen Kopra di Pulau Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, 9 Desember, 2023 yang lalu.

Kelapa adalah tanaman yang semuanya dapat dimanfaatkan, mulai untuk bahan atap rumah, jembatan, masak, sampai untuk pakan ternak. Untuk kopra, daging buah kelapa yang dikeringkan, merupakan bahan baku pembuatan minyak kelapa. Pengololaan pembuatan kopra yang berkualitas menggunakan kelapa berumur sekitar 300 hari, dengan beratnya antara 3 Kg sampai 4 Kg. Perlu diingat, kopra yang berkualitas bagus itu memiliki kandungan air 6 persen – 7 persen, supaya kuat dari serangan organisme pengganggu, seperti bakteri atau cendawan.

Panen Kopra di Pulau Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku
Foto tangkapan layar di cahnel YouTube @INTINEWS_CO_ID, oleh Lamberth Lerebulan, (19/12).

Kadar air dalam kopra tinggi membuat mudahnya terkena bakteri, dan lain-lainnya. Kelembapan udaranya capai 80% atau lebih. Dengan suhu atmosfer mencapai 30 °C.

Kopra yang telah kelar diekstrak minyaknya, lalu terdapat lagi produk yang mengandung protein tinggi (18 persen-25 persen) memiliki serat yang tinggi ini bisa diberikan sebagai bahan makanan untuk hewan ternak. Jadi yang dihasilkan dari kelapa semuanya bermanfaat.

Dalam teknik mengolah kopra, diantaranya:

  1. pengeringan pemanasan tidak langsung (indirect drying)
  2. pengeringan pakai sinar matahari (sun drying)
  3. pengeringan pengasapan di atas api (smoke curing or drying)

Berikut dibawah ini Reportase Live/Video recording Panen Kopra di Pulau Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Panen Kopra, 9 Desember, 2023 yang lalu, liputan oleh Lamberth Lerebulan, yang telah diunggah di chanel resmi YouTube berita online www.intinews.co.id (@INTINEWS_CO_ID). Para Pemirsa budiman juga dapat lihat di akun resmi medsos berita www.intinews.co.id yang lainnya (TikTok, FB, Instagram)

(Redaksi/Lamberth Lerebulan)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!