Kuliner ‘Tempoyak Kepala Ikan’ Dari Jambi

INTINEWS.CO.ID, WISATA&KEBUDAYAAN – Menu khas Jambi, tempoyak patin dan pindang ikan toman. Masyarakat Jambi senang memakan tempoyak dan pindang dengan bagian kepala ikan. Konon, memakan kepala ikan akan memberikan ‘keberuntungan’ .

Jalan-jalan atau liburan di Jambi tanpa mencicipi tempoyak atau pindang ikan patin? Ahh, rasanya belum lengkap ya. Tak perlu takut salah pilih, ada satu tempat dimana Sobat Pesona bisa mendapatkan aneka kuliner khas Jambi dengan racikan otentik, antara lain seperti;

  • gulai tempoyak ikan tomang, dan
  • pindang ikan patin.

 

Tempoyak sendiri merupakan bumbu yang terbuat dari daging durian yang difermentasikan dengan campuran garam. Rasa asam yang ditimbulkan dari fermentasi durian tersebut yang menjadi ciri khas kuliner gulai tempoyak. Biasanya ditambahkan pula cabai, sehingga akan menghasilkan rasa asam dan pedas yang khas.

Kepala Ikan Patin dan Toman

Di suatu rumah makan di Jambi, menyuguhkan aneka olahan tempoyak khas Jambi ada tempoyak patin dan pindang ikan toman. Sobat Pesona bisa memilih bagian kepala atau badan dari ikan tersebut. Memang biasanya masyarakat Jambi lebih senang memakan tempoyak dan pindang dengan bagian kepala ikan. Konon memakan kepala ikan akan memberikan keberuntungan.

Tidak hanya memesan lauk ikannya saja, sobat bisa memesan sambal terasi, cah kangkung, dan teri cabe ijo untuk menambah nikmatnya santapan. Tentu saja nasi putih hangat juga tidak ketinggalan. Bumbu dan rempahnya sangat terasa di lidah sehingga membuat tangan terus menyendok nasi tambahan.

Untuk minumannya, bisa memesan air kelapa muda segar yang diminum langsung dari buah kelapanya. Selain itu juga ada es jeruk, es teh, dan ada kopi hitam khas Jambi.

Harga menu di rumah makan disini juga tidak menguras kantong, masih bisa dibilang terjangkau untuk ukuran tempat makan masakan khas Jambi. Untuk satu porsi lauk ada yang Rp 10-18 ribuan saja. Sedangkan minumannya ada yang Rp 8 ribuan.

@Sumber berita&foto, https://pesona.travel/keajaiban/5285/kuliner-jambi-pembawa-hoki-tempoyak-

(Redaksi).

www.INTINEWS.co.id

www.intinews.co.id is legal cyber news in Indonesia to presents news with professionality, actual and no hoaxes. With Motto: "Continuous Struggle against oppressors with fact data!"

Terima kasih atas perhatiannya. Hormat kami, Pimred www.intinews.co.id

%d blogger menyukai ini: