KESEHATAN, UP DATE

Kiper Tim Nasional Kroasia Dominik Livaković Jawfish Tangguh Yang Hanya Berpengalaman Klub Lokal

INTINEWS.CO.ID, KESEHATAN Olahraga, sepak bola yang pada saat ini telah berlangsung Piala Dunia “FIFA World Cup Qatar 2022” membuat banyak kejutan di luar prediksi, negara-negara yang memiliki bintang sepak bola justru tersingkir, dan menjadikan beberapa pemain yang kurang di kenal justru bersinar, menjadi perhatian banyak khalayak ramai, salah satunya itu adalah Kiper Tim Nasional Kroasia Dominik Livaković Jawfish Tangguh yang hanya berpengalaman Klub Lokal.

Dokumentasi-INTINEWS.CO.ID_FIFA QATAR 2022_FINALS
Foto dokumentasi INTINEWS.CO.ID

Dominik Livaković, pria berumur 27 tahun ini yang lahir di Zadar, Kroasia pada tanggal 9 Januari 1995, berasal dari keluarga berpendidikan tinggi, Ayahnya, Zdravko Livakovic adalah seorang Insinyur konstruksi, dan mantan Sekretaris di Kementerian Kelautan, Transportasi, dan Infrastruktur Kroasia. Sementara ibunya bernama Manuela Skoblar, merupakan sepupu pertama Josip Skoblar (Mantan pemain dan manajer sepak bola profesional Kroasia).

Baca juga: Apatis Bagian Kesatu Rahma Tidak Mumpuni Sebagai Walikota Tanjungpinang

Dengan tinggi badannya 1.88 m, sebagai Penjaga Gawang (Kiper) yang sebelumnya bermain hanya untuk klub lokal. Klub NK Zagreb dari Tahun 2012 sampai dengan 2016. Dari 2016 sampai sekarang bermain untuk Klub Dinamo Zagreb, dan masuk sebagai Tim nasional Kroasia sejak tahun 2017. Ketika Kroasia menjadi runner-up FIFA World Cup 2018, Dominik Livakovic hanya duduk manis di bangku cadangan sepanjang turnamen tersebut. Dominik Livakovic melakukan debut kompetitifnya sebagai Kiper, ketika Kroasia melawan Inggris pada pertandingan UEFA Nations League 2018/2019, 12 Oktober 2018 lalu, yang berakhir imbang tanpa gol.

Penjaga gawang Tim Nasional Kroasia, Dominik Livakovic menjadi Pahlawan ketika Kroasi versus Jepang di babak 16 besar Piala Dunia 2022, di Al Janoub Stadium, pada hari Senin (5/12/2022), 3 (Tiga) eksekutor samurai pada adu penalti di babak 12 pas, yaitu: Takumi Minamino, Kaoru Mitoma, dan Maya Yoshida di buat tumpul oleh Dominik Livakovic, hanya Takuma Asano yang sukses merobek gawangnya. inilah kepahlawanan Dominik Livakovic muncul.

Dominik Livakovic menjadi Penjaga gawang Tim Nasional Kroasia harus menunggu lama, karena DIa harus menunggu Kiper legendaris Kroasia Danijel Subašić (yang bermain untuk Klub Monaco), Penjaga gawang Tim Nasional Kroasia itu pensiun.

Kiper Tim Nasional Kroasia Dominik Livaković Jawfish Tangguh Yang Hanya Berpengalaman Klub Lokal
Kiper Tim Nasional Kroasia Dominik Livaković Jawfish Tangguh yang hanya berpengalaman Klub Lokal. Foto dokumentasi INTINEWS.co.id

Kiper Tim Nasional Kroasia Dominik Livaković “Jawfish Tangguh” yang hanya berpengalaman Klub lokal ini semakin menjadi pembicaraan Khalayak ramai ketika kemarin malam, adu penalti Kroasia versus Brazil dalam laga perempat final FIFA World Cup Qatar 2022, di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar, Jumat (9/12/2022). Berkali-kali sepanjang pertandingan baik di waktu normal, babak tambahan, dan berkahir di babak Penalti, Dominik Livaković menunjukkan dirinya “Sang Jawfish Tangguh”. Sorak-sorai dan luapan kegembiraan para suporter Brazil yang mengenakan jersey berwarna kuning di tribun Stadion Education City tampak terlihat ketika Neymar memecahkan kebuntuan di pengujung babak tambahan pertama. Neymar menuju depan gawang Kroasia itu, usai melakukan 2 kali umpan “satu-dua” dengan Rodrygo Goes dan Lucas Paqueta, membawa Brazil memimpin saat jeda babak tambahan, unggul 1-0.

Di babak tambahan kedua, Kroasia membalas pada tiga menit jelang akhir babak tambahan kedua, Milos Orsic yang baru saja masuk beberapa menit itu mengirim bola dari sisi sayap kiri ke tepian kotak penalti dan Bruno Petkovic menyambutnya dengan tendangan yang sempat membentur kaki Marquinhos, sehingga bola mengoyak gawang Kiper Alisson Becker, sehingga menyamakan kedudukan menjadikan skor: 1-1.

Baca juga: Revisi Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional Perbaiki Sistem Keolahragaan

Tiket masuk ke semifinal yang ditentukan lewat adu penalti ini, bagi Kiper Tim Nasional Kroasia Dominik Livaković bukanlah hal yang baru, karena mengingat pengalamannya ketika Krosasi versus Jepang, Dominik Livaković jelas tampak Sang Jawfish yang sangat tangguh. Tendangan Rodrygo Goes selaku eksekutor pertama Brazil itu berhasil di halau Dominik Livaković. Dan sebagai penentu Brazil adalah Marquinhos sebagai algojo keempat Brazil, namun sangat disayangkan keberuntungan tendangan Marquinhos (pemain Klub Paris Saint-Germain) berakhir membentur tiang gawang, padahal Dominik Livaković telah terkecoh. Sunguh sangat miris nasib Marquinhos, kemenangan adu penalti 4-2 bagi Krosia.

Kiper Tim Nasional Kroasia Dominik Livaković menjadi kunci Kroasi berpeluang besar memenangkan FIFA World Cup Qatar 2022 ini, bahkan Dominik Livaković bisa menjadi Kiper Terbaik FIFA World Cup Qatar 2022. Namun, masih ada 1 lagi Kiper terbaik yang juga menjadi perhatian khalayak ramai, yaitu Kiper Tim Nasional Maroko Yassine Bounou. Nah, bagaimana jika nantinya di Final Kroasia versus Maroko, maka akan dapat jawaban Kiper yang terbaik di piala dunia 2022 ini Dominik Livaković atau Yassine Bounou?.

(Redaksi)

ajax loader

Tinggalkan Balasan