WWW.INTINEWS.CO.ID

"Sulit dapat KEADILAN berdasarkan KEBENARAN maka LAWAN PENINDASAN itu dengan Data Fakta !." (Pemred INTINEWS.co.id)

Bawaslu Kota Tanjungpinang Aktifkan Panwascam dan PKD Jelang Pemilu Gubernur Kepri

INTINEWS.CO.ID, KOTA TANJUNGPINANG - Bawaslu Kota Tanjungpinang kembali aktifkan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Pengawasan Kelurahan/Desa (PKD) Se-Kota Tanjungpinang yang sempat dihentikan sementara karena ditundanya sejumlah tahapan Pilkada Tahun 2020 sebagai dampak pandemi Covid-19.
Ketua, Anggota Bawaslu Kota Tanjungpinang (M. Zaini, Maryamah, Novira) bersama jajaran Panwascam usai Rakor Pilkada 2020 di Kantor Bawaslu Kota Tanjungpinang, Minggu (14/06/2020). Foto dokumentasi INTINEWS.co.id

INTINEWS.CO.ID, KOTA TANJUNGPINANGBawaslu Kota Tanjungpinang kembali aktifkan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Pengawasan Kelurahan/Desa (PKD) Se-Kota Tanjungpinang yang sempat dihentikan sementara karena ditundanya sejumlah tahapan Pilkada Tahun 2020 sebagai dampak pandemi Covid-19.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang menjelaskan bahwa pengaktifan ini berdasarkan Surat Edaran Ketua Bawaslu RI Nomor: 0197/K.BAWASLU/TU.00.01/VI/2020 tentang Pengaktifan Kembali Panwascam dan PKD dalam rangka Pemilihan, Bupati dan Walikota Tahun 2020, pasca keluarnya PKPU No.5 Tahun 2020 tentang Tahapan, Program Pilkada Tahun 2020, sebagai hasil kesepakatan dari Rapat Dengan Pendapat DPR RI Komisi II, Kemendagri RI, KPU RI, Bawaslu RI, DKPP.

“InsyaAllah Bawaslu Kota Tanjungpinang bersama jajaran Panwascam dan PKD siap sukseskan pengawasan tahapan lanjutan Pilkada”, tegas Muhamad Zaini usai melakukan Rapat Koordinasi Bersama Panwascam Se-Kota Tanjungpinang dalam persiapan pengawasan tahapan lanjutan pilkada 2020, di kantor Bawaslu Kota Tanjungpinang, Minggu (14/06).

Baca juga: Sikapi Covid-19: Bawaslu Kota Tanjungpinang Vidcon dengan Bawaslu RI

Zaini melanjutkan, bahwa pasca terbitnya SK Pengaktifan, maka Bawaslu Kota Tanjungpinang langsung melakukan rapat koordinasi dengan badan adhoc PPK dan PKD, guna meningkatkan penguatan kelembagaan dan kapasitas SDM pengawas, serta membahas perencanaan dan strategi pengawasan Pilkada di masa wabah virus corona.

Dalam waktu dekat ini Bawaslu sudah mulai melakukan pengawasan sejumlah tahapan ditunda KPU, diantaranya:

  • pelantikan PPS yang sempat tertunda,
  • tahapan pemutakhiran daftar pemilih, mulai dari pembentukan petugas PPDP hingga proses Coklit daftar pemilih.

Baca juga: Ditengah Pencegahan Covid-19 Dengan Vidcon Bawaslu Se-Kepri Berkoordinasi

“Dalam proses pengawasan, kami akan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam masa wabah ini, dan mengembangkan inovasi pengawasan, selanjutnya mohon doanya semoga kami diberikan lindungan dan kesehatan dalam mengawal pesta demokrasi ini”, harap Zaini yang juga Kordiv. Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga.

(Redaksi).