Kota TANJUNGPINANG, WISATA BUDAYA

Upaya Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah Jadi Destinasi Wisata

dokumentasi INTINEWS.co .id Museum SSBA
Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah (SSBA) yang terletak di Jalan Ketapang Kota Tanjungpinang. Foto https://intinews.co.id

INTINEWS.CO.ID, KOTA TANJUNGPINANGMeskipun situasi Pandemi Covid-19 masih belum usai, tidak menjadikan masyarakat berhenti untuk berekreasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) covid-19, dan salah satu destinasi wisata yang ada di kota Tanjungpinang yaitu Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah (SSBA) yang terletak di Jalan Ketapang Kota Tanjungpinang.

Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah bisa menjadi alternatif kunjungan wisata bagi masyarakat, harapan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Tanjungpinang, Meitya Y.

Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah ini diresmikan pada tanggal 31 Januari 2009 oleh Wali Kota Tanjungpinang pada masa itu, Suryatati A. Manan, sehingga ditetapkanlah hari jadi museum yang jatuh pada 31 Januari. Acara hari jadi Museum SSBA yang tampak diselenggarakan dengan sederhana dan hikmat oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkot Tanjungpinang yang terus berupaya melskukan peningkatan berinovasi dan pelayanan terbaik untuk museum di Kota Tanjungpinang ini.

Kadisbudpar Kota Tanjungpinang menginginkan museum menjadi salah satu objek andalan pariwisata sekaligus pusat informasi tentang sejarah kota Tanjungpinang, setelah acara merayakan Hari Jadi ke-13 Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah kota Tanjungpinang, Rabu (2/22).

Kedepannya nanti upaya terus dibenahi penataan museum SSBA agar bisa menjadikan museum yang lebih inovatif, edukatif, dan informatif sehingga terus berkembang dan keberadaan museum lebih dikenal secara luas, baik itu di kota Tanjungpinang, provinsi Kepri dan Nasional.

“Saya berharap penataan museum terus mengalami peningkatan sehingga akan lebih banyak mengundang pengunjung,” harapannya.

Museum SSBA memiliki berbagai koleksi benda-benda sejarah dapat menjadi pilihan bagi masyarakat berwisata sekaligus mengetahui nilai-nilai sejarah dari masa silam . Melalui museum diharapkan masyarakat mampu mengetahui mengenai sejarah yang ada di kota Tanjungpinang dan lebih mencintai museum.

(Redaksi)

ajax loader

Tinggalkan Balasan