Prov. KEPRI

Gubernur Ansar Ahmad Dan Forkopimda Kepri Ikut Upacara Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

INTINEWS.CO.ID, PROV. KEPRI Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H. Ansar Ahmad, SE., M.M, bersama jajaran Foum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kepri mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022 secara virtual dari Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang, pada hari Sabtu, (1/10). Presiden Republim Indonesiaa Ir. Joko Widodo (Jokowi) bertindak sebagai inspektur upacara dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat nasional yang dipusatkan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Gubernur Ansar Ahmad Dan Forkopimda Kepri Ikut Upacara Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual
Foto tangkapan layar di https://kominfo.kepriprov.go.id/Welcome/detailBerita/4624

Upacara yang dilakukan setiap tahunnya pada tanggal 1 Oktober tersebut, peringatan Hari Kesaktian Pancasila untuk sebagai pengingat bahwa pentingnya Pancasila yang menjadi Dasar Negara bangsa Indonesia. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tidak lepas dari peristiwa bersejarah G30S PKI yang menyebabkan gugurnya pahlawan revolusi, yaitu sejumlah perwira militer yang menjadi korban dari peristiwa Gerakan 30 September tersebut.

Baca juga: Gubernur H. Ansar Ahmad Menghadiri Raker Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia 2022

Mengusung tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila“, Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 ini, perlu dijadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus dilakukan, untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan masa yang akan datang.

Presiden Jokowi dalam upacara tersebut mengawalinya dengan memimpin peserta mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa yang telah gugur.

Kemudian, Ketua MPR Bambang Soesatyo membacakan naskah Pancasila. Sementara Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dibacakan oleh Ketua DPD La Nyalla Mattalitti.

Adapun, Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2022 yang membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga: Tegas Gubernur Ansar Berkomitmen Ciptakan Pemerintahan Bersih

Selepas upacara, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama dengan Wakil Presiden dan Ibu Wury Ma’ruf Amin sejenak mengunjungi Monumen Pancasila Sakti sebelum meninggalkan lokasi acara.

Tampak dengan penuh hikmat Gubernur Ansar Ahmad dan Forkopimda Kepri ikut upacara Hari Kesaktian Pancasila secara virtual, adapun jajaran Forkopimda Kepri yang hadir langsung di Gedung Daerah dalam kesempatan ini, diantaranya:

  • Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Muhammad Ali,
  • Kapolda Kepri Irjen Pol. Aris Budiman,
  • Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Kemas M. Ikhwan Madani,
  • Wakil Ketua II DPRD Kepri Raden Hari Thajono,
  • Sekretaris Daerah Kepri Adi Prihantara, dan
  • Perwakilan Forkompinda Kepri lainnya.

@Sumber berita, https://kominfo.kepriprov.go.id/Welcome/detailBerita/4624

(Redaksi)

ajax loader

Tinggalkan Balasan