WISATA BUDAYA

Pulau Mepar Sebagai Destinasi Wisata Sejarah Dan Budaya

INTINEWS.CO.ID, WISATA BUDAYA Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) adalah wilayah yang memiliki banyak destinasi wisata. Berbagai keindahan alamnya, ragam budaya, sejarah dan keunikan di kepri menjadi suatu pengalaman wisata yang tidak akan terlupakan. Kabupaten Lingga merupakan salah satu daerah di Kepri  itu terdapat Pulau Mepar sebagai destinasi wisata sejarah dan budaya.

Pulau Mepar Sebagai Destinasi Wisata Sejarah Dan Budaya
Foto tangkapan layar di https://www.google.com/maps/place/Mepar/@-0.2590976,104.5900646,791m/data=!3m1!1e3!4m6!3m5!1s0x2e276b0c4d63f8dd:0x928a2f7434123a8d!8m2!3d-0.2602778!4d104.5925!16s%2Fg%2F11b_03lgj7. Oleh Ogi “Jhenggot”.

Tepatnya Pulau Mepar ini terletak di depan pelabuhan Tanjung Buton, Ibu Kota Daik. Jejak kejayaan kerajaan Melayu masih tampak di Pulau Mepar yang dahulu kala merupakan salah satu benteng pertahanan masa Kerajaan Riau Lingga.

Pulau Mepar yang sebagai salah satu benteng pertahanan masa Kerajaan Riau Lingga ini memiliki 4 (Empat) benteng yang cukup terkenal, yaitu:

  1. Benteng Hilir
  2. Benteng Lekok
  3. Benteng Tengah
  4. Benteng Tanjung Segi Tiga

Baca juga: Pulau Penyengat Salah Satu Destinasi Wisata Unggulan Di Provinsi Kepri

Karena Pulau Mepar sebagai salah satu benteng pertahanan masa Kerajaan Riau Lingga dan memiliki 4 (Empat) benteng masih ada peninggalan meriam. Ada 8 (Delapan) meriam yang masih tersisa hingga saat ini, dan meriam yang paling terkenal adalah meriam sumbing.

Meriam sumbing itu bentuknya seperti meriam pada umumnya, namun terdapat bagian rusak atau menyerupai sumbing di ujungnya. Dan sampai saat ini meriam sumbing terletak di depan masjid Pulau Mepar.

Pulau Mepar Sebagai Destinasi Wisata Sejarah Dan Budaya
Meriam Sumbing. Foto, dokumentasi www.intinews.co.id

Wisatan Asing atau Wisatwan Nusantara yang sering berkunjung ke Pulau Mepar sebagai destinasi wisata sejarah dan budaya. Wisatan Asing atau Wisatwan Nusantara yang sering berkunjung ke Pulau Mepar juga dapat menikmati keindahan alam Pulau Mepar, seperti panorama di Pulau Mepar yang memesonakan, gunung daik dan juga kebahariannya.

Baca juga: Tugu PENSIL Menjadi Salah Satu Destinasi Wisata Edukatif Anda

Bukit Senimba Wanawisata di Kota Batam
Ilustasi dokumentasi www.intinews.co.id

Plt. Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Provinsi Kepri, Raja Hery MokhrizalSH., MH, ketika dihubungi oleh awak media ini pada hari Minggu, (12/2), menjelaskan berkunjung ke Pulau Mepar, kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, Wisatawan Asing dan Wisatawan Nusantara akan mendaptkan sejarah jejak kejayaan kerajaan Melayu, budaya dan panorama yang disuguhkan Pulau Mepar.

“Pulau Mepar memiliki sisi sejarah jejak kejayaan kerajaan Melayu, budaya dan tradisi melayu yang masih kental, dan panorama di Pulau Mepar ini yang akan menjadi daya tarik bagi Wisatawan Asing dan Wisatawan Nusantara ketika berkunjung ke Pulau Mepar ini,” terang Raja Hery Mokhrizal, SH., MH, Plt. Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Provinsi Kepri kepada Awak media ini.

Lanjut Pak Raja Hery Mokhrizal,

“Tradisi masyarakat melayu di kabupaten lingga yang masih terjaga saat ini di Pulau Mepar seperti makan sehidang, permainan tradisional yang masih lestari seperti Gasing dan Ambung Gila yang menjadi daya tarik wisatawan ketika berkunjung ke sini,” jelas Pak Raja Hery Mokhrizal mengakhiri ceritanya kepada Awak media ini.

Ayo jadikan Pulau Mepar sebagai destinasi wisata sejarah dan budaya, akan terpuaskan melihat sejarah jejak kejayaan kerajaan Melayu, ragam budaya tradisonalnya dan panoramanya yang masih terjaga alami.

(Redaksi/Ogi “Jhenggot”)

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!