Kuliner Khas Kota Tanjungpinang; Mie Tarempa dan Mie Ikan Tongkol

INTINEWS.CO.ID, WISATA&KEBUDAYAANKota Tanjungpinang, Ibukota Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) salah satu Provinsi Indonesia yang berbatasan dengan Negara Singpura dan Malaysia. Kota ini, memiliki kuliner yang khas.

Yang membedakan masakan mie ini dengan mie seafood kebanyakan adalah campurannya. Umumnya, mie seafood mengandalkan campuran udang dan cumi. Mie Tarempa menggunakan ikan tongkol sebagai campurannya.

Mie Tarempa, masakan mie kuliner khas dari Kota Tanjung Pinang ini, yang membedakannya adalah campurannya, yaitu menggunakan ikan tongkol dan bumbunya.

Rebusan ikan tongkol yang sudah dibuang tulangnya lalu dicacah ditumis bareng bumbunya, baru kemudian dicampur dengan mie gepeng. Sehingga, terasa ikannya lembut di mulut. Rasa mie ini makin lengkap dengan campuran taoge di dalamnya, dan sedikit rasa yang renyah.
Rempah cabai merah, Dan tidak pakai merica seperti kebanyakan menu dari mie kuning yang ada, membuat Mie ini tidak berasa pedas. Tapi bagi yang suka pedas, bisa menambahkannya dengan acar cabai hijau yang disajikan terpisah.

Dalam Sajiannya, Mie Tarempa ini ada 3 (tiga) pilihan masakan, yaitu;

  1. Mie Tarempa yang disajikan Mie goreng kering,
  2. Mie Tarempa yang disajikan dengan kuah sedikit,
  3. Mie Tarempa yang disajikan dengan berkuah banyak.

Soal harga, 1 (Satu) porsi Mei Tarempa ini harganya sangat terjangkau.

Hidangan lain khas Tanjung Pinang yang umumnya ada ‘otak-otak ikan tenggiri.’ Otak-otak ini berwarna kuning karena menggunakan kunyit, sangat pas diraskaan menemani makan.

@Sumber berita&foto, https://pesona.travel/keajaiban/3652/

(Redaksi).

www.INTINEWS.co.id

www.intinews.co.id is legal cyber news in Indonesia to presents news with professionality, actual and no hoaxes. With Motto: "Continuous Struggle against oppressors with fact data!"

Terima kasih atas perhatiannya. Hormat kami, Pimred www.intinews.co.id

%d blogger menyukai ini: