Sat Lantas Kota Tanjungpinang ‘Operasi Patuh’ Razia Lalu Lintas Yang Humanis

Kbo Sat Lantas IPTU Iwan Nofriawan, Polres Tanjungpinang Kota (03/09). Foto, INTINEWS.co.id

INTINEWS.CO.ID, KOTA TANJUNGPINANGHari ini Selasa (03/09), di Jalan Ir. Sutami, depan Suka Berenang, Kota Tanjungpinang dilaksanakan Razia kendaraan motor dan mobil, oleh Sat Lantas Polres Kota Tanjungpinang, Provinsi KEPRI.

‘Operasi Patuh’ Razia kendaraan Motor Dan mobil di Jalan Ir. Sutami Kota Tanjungpinang (03/09). Foto, dokumentasi INTINEWS.co.id

Semua kendaraan motor dan mobil yang melalui jalan Ir. Sutami di arahkan masuk ke lokasi suka berenang, terlihat para Petugas pelaksana Razia dengan sopan, senyum dan menyapa dangan ramah-tamah semua pengendara baik motor dan mobil tersebut, begitu juga pengendara menjawab dengan senyum ke Petugas tersebut.

Suasana Pemeriksaan Surat Kendaraan Mobil Dan motor di depan suka berenang (03/09). Foto, dokumentasi INTINNEWS.co.id

Para Petugas Razia pun menanyakan surat-surat kendaraannya seperti STNK, dan Surat Izin Mengemudi (SIM). Kendaraan baik motor dan mobil yang dikenakan Tilang ada berjumlah 18 kendaraan.

Petugas Sat Lantas Polres Tanjungpinang, memeriksa surat kendaraan motor (03/09). Foto, INTINEWS.co.id

Kbo Sat Lantas IPTU Iwan Nofriawan, mengatakan kewajiban sebagai pengendara harus dipenuhinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kewajiban sebagai pengendara juga harus di penuhi, sabagaimana di atur di dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, kewajiban harus melengkapi dokumen kendaraannya, pajak kendaraannya hidup, dan kewajiban perorangan sebagai pengendara seperti memiliki SIM dan memakai Helm berstandar SNI,” jelas IPTU Iwan Nofriawan, Kbo Sat Lantas Polres Kota Tanjungpinang.

Kbo Sat Lantas IPTU Iwan Nofriawan berharap agar kesadaraan masyarakat sendiri untuk melengkapi surat-surat kendaraannya dan memakai alat keselamatan berkendara, seperti menggunakan helm ganda (pengemudi motor dan yang di bonceng memakai helm) yang bertujuan untuk keselamatan dirinya sendiri, atau penumpangnya.

“Aturan berkendara perlu dipatuhi masyarakat ini untuk keselamatan pengendara sendiri dan yang dibonceng. Seperti penggunaan helm itu untuk meminimalisir jika terjadi benturan di kepala, kelengkapan surat kendaraan untuk identitas kejelasan kendaraannya, bayar pajak kendaraan sebagai kewajiban, beretika dijalan agar adanya tertib dijalan sesama pengguna jalan Raya,” terang IPTU Iwan Nofriawan.

Mobil SAMSAT Kota Tanjungpinang, Kewajiban membayar Pajak Kendaraan bagi yang belum membayar (03/09). Foto, INTINEWS.co.id

IPTU Iwan Nofriawan juga mengatakan bahwa Petugas dalam Pelaksanaan razia lalu lintas diatur dalam Tata cara melaksanakan penindakan sesuai Peraturan Pemerintah (PP).

“Petugas dalam melaksanakan penindakan juga diatur di PP Nomor 80 TAHUN 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor Di Jalan Dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Bisa dengan stasioner seperti razia lalu lintas saat ini, dan hunting seperti pelanggaran yang kasat mata tangkap tangan,” jelas IPTU Iwan Nofriawan.

Pelaksanaan ‘Operasi Patuh’ Razia Lalu Lintas ini di Kota Tanjungpinang di laksanakan mulai dari Tanggal 29 Agustus 2019, Pukul 24.00 WIB sampai dengan 11 September 2019, Pukul 24.00 WIB.

Awak media melihat dilapangan pelaksaan Razia lalu lintas hari ini terlihat jelas adanya saling senyum dan santun, yang patut dicontohi. Salut kepada para Petugas Razia hari ini.

(Redaksi).

Redaksi

www.intinews.co.id adalah berita siber legal di Indonesia, menyuguhkan berita dengan profesionalitas, aktual dan anti hoaks. (www.intinews.co.id is legal news in Indonesia that presents news with professionality, actual and no hoaxes) With Motto: "The Struggle Continuously, oppressive opponents with fact data !".

Related Posts

Terima kasih atas perhatiannya. Hormat kami, Pimred www.intinews.co.id

%d blogger menyukai ini: