Mikroorganisme

INTINEWS.CO.ID, KESEHATANSehat itu Mahal, dalam kehidupan era moderen ini Penyakit Menular atau Penyakit Infeksi adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh sebuah agen biologi (berbagai macam bakteri, fungi, alga, protozoa, Archaea, dan juga virus) yang semakin rentan terhadap lingkungan sekitar kita, dan untuk mengetahui mikroorganisme tersebut, dapat dilihat dengan mikroskop.

Virus  sering juga dimasukkan sebagai mikroorganisme walaupun senarnya tidak sepenuhnya dapat dianggap sebagai makhluk hidup.

Virus adalah parasit mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus bersifat parasit obligat, hal tersebut disebabkan karena virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan seluler untuk bereproduksi sendiri.

Biasanya virus mengandung sejumlah kecil asam nukleat (DNA atau RNA, tetapi tidak kombinasi keduanya) yang diselubungi semacam bahan pelindung yang terdiri atas proteinlipidglikoprotein, atau kombinasi ketiganya. Genom virus akan diekspresikan menjadi baik protein yang digunakan untuk memuat bahan genetik maupun protein yang dibutuhkan dalam daur hidupnya.

Istilah virus biasanya merujuk pada partikel-partikel yang menginfeksi sel-sel eukariota (organisme multisel dan banyak jenis organisme sel tunggal), sementara istilah bakteriofag atau fag digunakan untuk jenis yang menyerang jenis-jenis sel prokariota (bakteri dan organisme lain yang tidak berinti sel).

Virus sering diperdebatkan statusnya sebagai makhluk hidup karena ia tidak dapat menjalankan fungsi biologisnya secara bebas jika tidak berada dalam sel inang.”

Karena karakteristik khasnya ini virus selalu terasosiasi dengan penyakit tertentu, baik pada manusia (misalnya virus influenza dan HIV), hewan (misalnya virus flu burung), atau tanaman (misalnya virus mosaik tembakau/ TMV).

Penerapan mikrobiologi pada masa kini masuk berbagai bidang, tidak dapat dipisahkan dari cabang lain karena diperlukan dalam bidang farmasikedokteranpertanianilmu giziteknik kimia, bahkan astrobiologi dan arkeologi.

Cara penularan penyakit:

  1. Media Langsung dari Orang ke Orang (Permukaan Kulit) Jenis Penyakit yang ditularkan antara lain: 1.Rabies, 2.Trakoma, 3.Skabies, 4.Erisipelas, 5.Antraks, 6.Gas-gangren, 7.Penyakit pada kaki dan mulut.
  2. Melalui Media Udara Penyakit yang dapat ditularkan dan menyebar secara langsung maupun tidak langsung melalui udara pernapasan disebut sebagai air borne disease. Jenis Penyakit yang ditularkan antara lain: a. TBC Paru b. Varicella c. Difteri d. Influenza e. Variola f. Morbili g. Meningitis h. Demam skarlet.

Sebagai masyarakat awam banyak yang tidak mengetahui tentang ‘keterangan dasar,’ yang ada di dunia kesehatan atau kedokteran, sebagai berikut ;

  • Bakteriostatik adalah  Kemampuan menghambat perkembangbiakan bakteri temporer. Jadi pada saat zat ini tidak ada, bakteri dapat berkembang biak kembali.
  • Bakterisidal adalah Bahan kimia yang mematikan bakteri secara permanen.
  • Disinfektan adalah Bahan-bahan kimia yang digunakan untuk mematikan mikroorganisme patogen yang ada pada benda mati.
  • Steril adalah Bebas dari kehidupan mikroorganismepatogen
  • Septik adalah Adanya bakteri patogen didalam jaringan hidup yang dalam suatu proses infeksi.

Mikroorganisme disebut juga organisme Mikroskopik. Mikroorganisme seringkali Bersel Tunggal (uniseluler) maupun Bersel Banyak (multiseluler). Namun, beberapa protista bersel tunggal masih terlihat oleh mata telanjang dan ada beberapa spesies multisel tidak terlihat mata telanjang.

Ilmu yang mempelajari mikroorganisme disebut mikrobiologi. Orang yang bekerja di bidang ini disebut mikrobiolog.

Yang perlu kita ketahui agar terhindar dari penyakit adalah menjaga lingkungan kita bersih dan rutin berolah raga.

(Redaksi).

@ Sumber foto&berita https://id.m.wikipedia.org

Redaksi

www.intinews.co.id adalah berita siber legal di Indonesia, menyuguhkan berita dengan profesionalitas, aktual dan anti hoaks. (www.intinews.co.id is legal news in Indonesia that presents news with professionality, actual and no hoaxes) With Motto: "The Struggle Continuously, oppressive opponents with fact data !".

Related Posts

Terima kasih atas perhatiannya. Hormat kami, Pimred www.intinews.co.id

%d blogger menyukai ini: