Jenis Atap Rumah

Beberapa jenis atap rumah. ilustrasi foto dokumentasi INTINEWS.co.id

INTINEWS.CO.ID, PENDIDIKAN&IPTEK – Seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi yang membuat semakin banyak ragam produk di pasaran. Seperti atap rumah, produksi atap rumah di era ini menyuguhkan banyak macam mulai dari segi kualitas,  bahan, model dan corak atap tersebut.

Di lingkungan sekitar rumah dapat dilihat banyak macam jenis atap rumah, tidak hanya dari genteng tanah liat saja, ada banyak macam atap yang dibuat dari bahan alami atau campuran seperti UPVC.

Ada banyak atap rumah yang baik yang di sediakan di pasaran, diantaranya ada atap yang menggunakan ‘atap onduline’. Taukah jenis model atap onduline?.

Jenis atap ini bukan jenis baru namun  sudah cukup banyak yang mengenalnya. Onduline adalah produk atap bergelombang dan material penutup dinding yang atraktif, ringan dan sangat kuat. Onduline merupakan atap lembaran 10 gelombang yang pertama kali diperkenalkan kepada pasar dan telah banyak digunakan saat ini.

Atap onduline merupakan salah satu produk atap yang memiliki tingkat ketahanan tinggi, desain yang lebih praktis, tidak perlu perawatan setelah proses instalasi.

Atap Onduline, dengan kemiringan yang sedikit landai yaitu yang kurang dari 20 derajat, produk atap bergelombang dan material penutup dinding yang atraktif, ringan dan sangat kuat. Onduline merupakan atap lembaran 10 gelombang yang pertama kali diperkenalkan kepada pasar.

Spesifikasi Onduline;

  • Asal Negara Perancis
  • Material Bitumen Selulosa
  • Panjang 200 cm x Lebar : 95 cm x Tebal : 3 mm
  • Gelombang : 10 Gelombang
  • Berat : 6,4 kg / lbr – 3,2 / m2
  • Luas Efektif : 1,56 m2
  • Warna hitam, Merah, coklat, hijau

Kualitas ketahanan cuaca-nya, ditambah kemudahan serta keamanan-nya dalam penanganan dan pemasangan, telah menjadikan produk-produk Onduline digunakan secara ekstensif di berbagai jenis bangunan dan dalam segala kondisi iklim, dengan variasi aksesoris komprehensif, yang secara efektif mampu memberikan solusi apapun kebutuhan atap anda.

Keunggulan Onduline ;

  • Hemat Biaya
  • Serba guna
  • Penyekatan
  • Tahan lama (tahan korosi)
  • Tahan Api (kuat)
  • Mudah Disesuaikan Bentuk Atap
  • Lentur
  • Ringan
  • Aman dan Ramah Lingkungan
  • Anti air

Ketahanan terhadap air hujan maupun uap air merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah atap. Onduline dengan struktur yang kedap air memiliki ketahanan tersebut sehingga membuat lebih tahan lama.

Onduline terbuat dari bahan serat kayu dan pulp yang ditambah dengan bahan aspal. Proses dengan tekanan dan peningkatan tinggi untuk mengikat serat kayu. Gunakan onduline juga sangat lentur dan mudah digunakan. Disamping itu, struktur gelombang Onduline juga merupakan saluran udara yang ideal sehingga mengurangi proses pengembunan. Anti air Onduline dijamin selama 10 tahun selama pemasangan dan penggunaan normal.

Dalam sebuah produk ada juga kekurangannya, secara umum yang dapat dilihat dari beberapa kekurangan Onduline antara lain;

  1. Warna mudah pudar. Sebagai atap yang dirancang dengan berbagai tampilan warna onduline tidak bertahan lama. Saat atap onduline bertahan panas dan hujan terus menerus maka warnanya bisa luntur dan mudah kusam.
  2. Rancangan banyak sambungan. Onduline memang mudah dipotong dan disesuaikan bentuknya sesuai dengan ukuran dan bentuk atap. Tapi proses ini bisa menyebabkan kelemahan karena proses penyambungan agar atap tidak bocor berubah menjadi lebih sulit.
  3. Hanya baik untuk atap baja ringan. Onduline ternyata hanya baik digunakan untuk atap baja ringan. Jika digunakan untuk rangka kayu maka rembesan dari kebocoran onduline bisa membuat kayu mudah lapuk jadi sangat berbahaya. Tentu ini menjadi masalah yang sangat buruk untuk rumah.

Berikut beberapa tipe yang perlu di ketahui;

  1. Atap Onduvilla. Ini salah satu jenis atap onduline yang sangat ringan, dapat membentuk 3 dimensi, dan memiliki karakter warna shader. Bentuk dan karakter juga sama seperti genteng keramik tetapi lebih lentur dan mudah dibuat.
  2. Onduline Classic. Atap onduline ini salah satu atap yang sudah dilengkapi dengan sertifikat SNI dan sangat ramah lingkungan. Model atap ini mudah lentur, bisa dibuat, tahan terhadap karat dan tidak mengandung bahan asbes dan logam.
  3. Onduline bardoline. Ini salah satu atap onduline yang menggunakan bahan lapisan aspal. Ini menjadi model onduline asli yang sering digunakan di luar negeri.

Mulai dari segi keuangan, efesiensi waktu pemasangan, dan kulaitas ketahanan atap menjadi pilihan bagi si pemilik rumah. Nah, pemakaian atap rumah mau jenis apa terserah anda.

(Redaksi).

Redaksi

www.intinews.co.id adalah berita siber legal di Indonesia, menyuguhkan berita dengan profesionalitas, aktual dan anti hoaks. (www.intinews.co.id is legal news in Indonesia that presents news with professionality, actual and no hoaxes) With Motto: "The Struggle Continuously, oppressive opponents with fact data !".

Related Posts

Terima kasih atas perhatiannya. Hormat kami, Pimred www.intinews.co.id

%d blogger menyukai ini: