WISATA BUDAYA, UP DATE

Festival Budaya Nusantara Di Sulawesi Tenggara

INTINEWS.CO.ID, WISATA BUDAYA Festival Budaya Nusantara Di Sulawesi Tenggara.

Festival Budaya Nusantara Di Sulawesi Tenggara
Ilustrasi dokumentasi INTINEWS.co.id

Selain memiliki banyak wisata alam unggulan, Sulawesi Tenggara juga terkenal dengan banyaknya event yang menarik untuk dinikmati. Dari banyaknya pilihan festival budaya yang di gelar di Sulawesi Tenggara, terpilih tiga festival terbaik yang berhasil masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022.

Kharisma Event Nusantara 2022 merupakan kumpulan event berskala internasional dari 34 provinsi di Indonesia. Tujuannya untuk:

  • Mempromosikan destinasi pariwisata,
  • Meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan,
  • Memberdayakan potensi lokal,
  • Sekaligus memberikan dampak positif bagi kondisi ekonomi, sosial, dan budaya daerah tersebut.

Diharapkan, adanya Kharisma Event Nusantara 2022 dapat menciptakan lapangan kerja khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, sekaligus mendorong perekonomian masyarakat daerah tersebut.

Baca jugaGong Waning Alat Musik Tradisional dari Sikka Flores NTT

Lantas, festival Sulawesi Tenggara apa saja yang berhasil masuk Kharisma Event Nusantara 2022?

  1. Wakatobi Wonderful Festival and Expo, Menjadi salah satu event yang selalu dirindukan, tidak heran jika Wakatobi Wonderful Festival and Expo terpilih sebagai salah satu festival asal Sulawesi Tenggara yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara 2022. Festival satu ini bertujuan untuk mempromosikan potensi pariwisata dan keragaman budaya di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Banyak hal menarik yang bisa Sobat Parekraf temukan di Wakatobi Wonderful Festival and Expo 2022. Mulai dari atraksi budaya bahari dari pulau di sekitar Wakatobi, pameran produk ekonomi kreatif Wakatobi, festival kuliner, hingga berbagai pagelaran seni dan budaya.
  2. Festival Tangkeno, Festival budaya di Sulawesi Tenggara yang tidak kalah menarik disaksikan adalah Festival Tangkeno. Sebagai gambaran, Festival Tangkeno adalah festival budaya yang diadakan untuk mempromosikan potensi wisata di Kecamatan Kabaena, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara. Erat dengan nilai-nilai budaya lokal, Festival Tangkeno merupakan acara tahunan yang selalu menyelipkan unsur budaya, sekaligus menjunjung tinggi kebersamaan gotong royong yang sudah ditanamkan sejak dulu. Biasanya, dalam Festival Tangkeno diisi dengan berbagai kegiatan menarik, seperti pameran kuliner hingga kerajinan tangan khas Kabaena.
  3. Festival Kaghati Kolope, Kaghati Kolope menjadi salah satu festival di Sulawesi Tenggara yang terpilih masuk dalam Kharisma Event Nusantara 2022. Festival yang rencananya digelar pada Juni 2022 ini diselenggarakan di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Festival Kaghati Kolope adalah festival layang-layang khas Sulawesi Tenggara. Konon, layang-layang Kaghati merupakan layang-layang tertua di dunia. Berbeda dengan layang-layang pada umumnya, layang-layang tradisional dari Sulawesi Tenggara ini terbuat dari daun kolope kering, kulit bambu, serat nanas, dan tali. Meskipun terbuat dari bahan-bahan alami, layang-layang Kaghati tahan air dan bisa terbang tinggi. Menariknya lagi, dalam Festival Kaghati Kolope juga akan memperlihatkan ketahanan dari layang-layang tradisional berukuran lebih dari 100 cm yang bisa terbang tinggi selama beberapa hari.

Nah, itulah 3 festival budaya asal Sulawesi Tenggara yang berhasil masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara 2022.

Kira-kira, festival budaya mana yang paling Sobat Parekraf nantikan?

@Sumber berita, https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/festival-skala-internasional-di-sulawesi-tenggara-yang-masuk-ken-2022

(Redaksi)

ajax loader

Tinggalkan Balasan