PERS RILIS, UP DATE

Bawaslu Kota Tanjungpinang MOU Dengan OKP Dan Organisasi Mahasiswa “Bangun Pengawasan Partisipatif”

https://intinews.co.id
Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini, M.Kom.I bahwa Bawaslu terus merangkul semua potensi organisasi guna menyukseskan dan membangun pengawasan partisipatif menuju Pemilu dan Pilkada 2024 yang demokratis, berintegritas dan berkualitas, (26/11). Foto, Bawaslu Kota Tanjungpinang

INTINEWS.CO.ID, PERS RILIS Bawaslu Kota Tanjungpinang. Upaya menyukseskan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 mendatang, Bawaslu Kota Tanjungpinang intensif mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Edukasi sekaligus membuat Memorandum of Understanding (MOU) dalam Pengawasan Partisipatif dengan sejumlah Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Se-Kota Tanjungpinang.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini, M.Kom.I, menjelaskan, bahwa Bawaslu terus merangkul semua potensi organisasi guna menyukseskan dan membangun pengawasan partisipatif menuju Pemilu dan Pilkada 2024 yang demokratis, berintegritas dan berkualitas. Bentuk upaya yang dilakukan dengan kunjungan silaturahim dan koordinasi sebagai ‘sharing‘ diskusi, pendidikan politik melalui sosialisasi edukasi, serta MOU kerjasama dalam pengawasan partisipatif.

“Sosialisasi edukasi dan MOU ini sebagai tindak lanjut dari kunjungan silaturahim koordinasi Bawaslu ke sejumlah organisasi beberapa waktu lalu. Semua sepakat dalam satu persepsi dan ‘spirit’ yang sama guna mengawal Pemilu yang berkualitas.”, ungkap Zaini usai kegiatan Sosialisasi Edukasi dan MOU dengan sejumlah OKP, Jumat (26/11).

Baca juga: Rapat Kerja Teknis Bawaslu Perkuat Edukasi Politik Masyarakat Melalui SKPP

Zaini menuturkan kegiatan sosialisasi edukasi dan penandatangan MOU dilakukan dalam dua tahapan, yaitu:

  • Pertama, bersama 7 OKP, antara lain KNPI, GP Ansor NU, Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Pancasila, Karang Taruna, PERPAT, dan GPII. Hadir juga dari Bakesbangpol Dian Asmara, dan Anggota KPU Tanjungpinang Yusuf Mahidin. Dilaksanakan di Cafe Stanley’s Kecamatan Tanjungpinang Barat, Jumat (26/11).
  • Kedua, bersama 7 Ormawa, yaitu HMI, PMII, GMNI, KAMMI, GMKI, HIMA PERSIS, dan IMM, dilaksanakan sehari sebelumnya di Aula Pertemuan Bilal Abu Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kamis (25/11).

Selain itu, Bawaslu juga telah dan terus melakukan kegiatan sosialisasi edukasi pengawasan partisipatif kepada masyarakat secara langsung, diantaranya Pemuda Pulau Penyengat, warga Senggarang, Madong, Sei. Carang, Dompak, dan Air Raja.

Memorandum of Understanding (MOU) dalam Pengawasan Partisipatif. Foto Bawaslu Kota Tanjungpinang

Hal senada disampaikan oleh Anggota Bawaslu Kota Tanjungpinang Novira Damayanti, SE, bahwa sosialisasi edukasi ini guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu. Substansi pesan MOU sebagai bentuk komitmen bersama organisasi dalam membuat program sosialisasi dan edukasi bagi internal anggota OKP, Ormawa dan kepada masyarakat agar terwujud pemilih cerdas, serta turut mengawal pesta demokrasi yang berkualitas.

Diantara upaya program pengawasan partisipatif, yang dapat dilakukan antara lain; dapat membentuk forum diskusi, sosialisasi edukasi, forum warga, webinar secara berkala, pemanfaatan Pojok Pengawasan Bawaslu atau pengembangan seperti program Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP), yang telah melahirkan Komunitas Pengawas Partisipatif (KPP), lalu bermuara sebagai pendidikan politik guna menciptakan pemilih yang cerdas.

Baca juga: Acara Rakor Stakeholder Bawaslu Kota Tanjungpinang Dan Menerima Piagam Penghargaan Dari Kejari Tanjungpinang Langsung Diberikan Oleh Kajari Bapak Joko Yuhono, SH

Demikian juga Anggota Bawaslu Kota Tanjungpinang Maryamah, M.Pd.I, berharap agar OKP, Ormawa dan masyarakat bersama Bawaslu mencegah, mengawasi dan melaporkan berbagai potensi dugaan pelanggaran yang dapat menciderai kualitas demokrasi. Apalagi tantangan pesta demokrasi 2024 kedepan sangat kompleks, sejarah pertama Indonesia dalam tahun yang sama Pemilu dan Pilkada serentak. Sekitar bulan Februari, dalam satu hari pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, sekaligus Pemilihan Legislatif DPRD Kota, Provinsi dan RI dan DPD RI, lalu di susul bulan november Pemilihan Kepala Daerah Walikota dan Gubernur.

Sementara itu salah satu peserta kegiatan, Beni Sekretaris KNPI menanggapi positif upaya yang dilakukan oleh Bawaslu Kota Tanjungpinang.

“KNPI mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Bawaslu, kami siap mendukung dan kerjasama dengan Bawaslu dalam upaya mengawal pesta demokrasi”, tutur Beni

Demikian juga Ramadhan Sekretaris GP Ansor NU mendukung penuh kerjasama ini.

“Diskusi dan MOU hari ini kita tindaklanjuti bersama dengan upaya turut mengawasi Pemilu”, ucapnya

Hal senada disampaikan Heriawan Ketua Pemuda Pancasila.

“Kami akan siapkan kader untuk diberikan edukasi pengawasan partisipatif dan bersama Bawaslu mengawal Pemilu kedepan”, ungkapnya.

(Redaksi)

Loading

Tinggalkan Balasan