Batu SATAM; “Batu Penangkal Racun dan Penolak Jin”

Salah satu contoh Batu Satam.
INTINEWS.CO.ID, PENDIDIKAN&IPTEK – Beraneka macam jenis batu yang ada di Nusantara ini. Ragam batu tersebut banyak dimanfaatkan dan fungsinya, ada digunakan sebagai perhiasan, ,  Babawa keberuntungan, dan dimanfaatkan sebagai menolak mahluk gaib. Batu Satam, apakah anda tahu?. Mungkin masih banyak orang awam yang tidak tahu tentang jenis batu yang satu ini.
Batu Satam adalah batuan khas Indonesia yang ditemukan di pulau Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung. Batu ini berwarna hitam dan memiliki urat-urat yang khas. Batu Satam termasuk kedalam batuan langka.
Batu ini terbentuk dari hasil proses alam atas reaksi tabrakan meteor dengan lapisan bumi yang mengandung timah tinggi jutaan tahun lalu. Serpihan batu meteor itu tersebar keseluruh pelosok dunia seperti Australia, Cekoslovakia, Arab, dan di Indonesia tepatnya di pulau Belitung. Saat jatuh diatas tanah pulau Belitung, meteor ini bereaksi dengan  kandungan timah yang sangat banyak yang terdapat dipulau Belitung,  sehingga membentuk batu hitam yang kemudian dinamakan Batu Satam. Karena proses inilah Batu Satam hanya terdapat di Indonesia, dan menjadi batuan langka yang diburu para kolektor batu diseluruh dunia.
Di Belitung sendiri batu satam ini di jadikan sebagai ikon dari ibu kota Belitung yaitu Tanjung Pandan.

Latar Belakang

Manfaat

www.INTINEWS.co.id

www.intinews.co.id is legal cyber news in Indonesia to presents news with professionality, actual and no hoaxes. With Motto: "Continuous Struggle against oppressors with fact data!"

Info – Webinar HUT LPDS

Terima kasih atas perhatiannya. Hormat kami, Pimred www.intinews.co.id

%d blogger menyukai ini: