Alat Musik Triangle

TRIANGLE, ilustrasi foto dokumentasi INTINEWS.CO.ID

INTINEWS.CO.ID, PENDIDIKAN&IPTEKUntuk bisa memainkan dengan baik alat musik apapun itu ada 2 hal yang bisa diperhatikan Bakat dan Latihan yang konsisten, tidak berbakat, mengasah-nya dengan berusaha latihan secara terus menerus (gak bosan).

Alat musik ini berasal dari Inggris dan ada sejak abad ke-16, merupakan jenis alat musik di keluarga perkusi yang terbuat dari batang logam , biasanya baja tetapi kadang-kadang logam lain seperti berilium copper  (tembaga), ditekuk menjadi Bentuk Segitiga, di bagian atasnya terikat tali untuk memegang.

“Secara teoretis merupakan instrumen nada yang tidak terbatas, karena nada fundamentalnya dikaburkan oleh nada nonharmoniknya.”

Alat musik Triangle dengan cara dipukul dengan menggunakan STIK yang berukuran kecil (terbuat dari bahan besi). Suara yang dihasilkan biasanya seperti “ting~“. Triangle termasuk jenis alat musik ritmis, dan tidak bernada.

Triangle tipe alat musik idiofon, dan dianggap sebagai alat untuk Memoles Melodi dengan suara yang kuat namun jelas, terutama dalam karya kontemporer, keindahan segitiga bisa dirasakan, dan sebagai instrumen perkusi, telah banyak digunakan di tingkat orkestra.

Selain triangle, ada juga alat musik Tradisional yang bisa dibilang alat musik tidak bernada seperti ; Tamborin, Marakas, Kastanyet dan Kongo.

Salah satu dari sudut Triangle pasti ada yang tidak menyatu yang menyebabkan instrumen menjadi tidak stabil dan suaranya berdengung tinggi. Di era modern, triangle tidak berubah bentuknya, yang bervariasi hanyalah alat pukulnya saja.

Dengan cara dipukul Triangle akan bergetar, tapi ketika kita menekan salah satu ujungnya nanti alat musik ini akan berhenti mengeluarkan suara. Jarang sekali ada orang yang memainkan alat musik ini secara solo. Jika ada-pun mungkin ia hanya berlatih jam, Triangle tidak terlalu berat dan mudah di bawa.

“Penggunaan triangle biasanya hanya sebatas alat musik bantu pada instrumen atau paduan suara. Ada juga yang menggunakannya untuk penentu intro dan mengatur tempo musiknya.”

(Redaksi).

Redaksi

www.intinews.co.id adalah berita siber legal di Indonesia, menyuguhkan berita dengan profesionalitas, aktual dan anti hoaks. (www.intinews.co.id is legal news in Indonesia that presents news with professionality, actual and no hoaxes) With Motto: "The Struggle Continuously, oppressive opponents with fact data !".

Related Posts

Terima kasih atas perhatiannya. Hormat kami, Pimred www.intinews.co.id

%d blogger menyukai ini: