28 Juli, Hari Hepatitis Sedunia

INTINEWS.CO.ID, KESEHATANTaukah bahwa hari ini Tanggal 28 Juli adalah Hari Hepatitis Sedunia?. Hari Hepatitis Sedunia, dirayakan pada tanggal 28 Juli setiap tahun, bertujuan untuk menungkatkan kesadaran global terhadap penyakit Hepatitis B dan Hepatitis C serta mendorong pencegahan, diagnosis dan pengobatan.

Sekitar 500 juta orang di seluruh dunia hidup dengan hepatitis B atau hepatitis C. Jika tidak diobati dan tidak ditangani, hepatitis B atau C dapat menyebabkan jaringan parut hati lanjut (sirosis hati) dan komplikasi lainnya, termasuk Kanker Hati atau Gagal Hati.

Sementara banyak orang khawatir tentang tertular AIDS daripada Hepatitis, kenyataannya adalah bahwa setiap tahun 1,5 juta orang di seluruh dunia meninggal akibat Hepatitis B atau C.

Kelompok Hepatitis, pasien dan pendukung di seluruh dunia mengambil bagian dalam acara pada 28 Juli menandai peristiwa. Khususnya pada tahun 2012, Guinness World Record telah dibuat ketika 12.588 orang dari 20 Negara melakukan aksi tiga monyet bijak pada Hari Hepatitis Sedunia untuk menandakan kebodohan yang disengaja dari penyakit.

Hepatitis ada;

Hepatitis A adalah penyakit akut yang disebabkan oleh virus hepatitis tipe A. Beberapa kasus hanya menampakkan sedikit gejala atau tanpa gejala terutama bagi yang berusia muda. Waktu gejala antara 2-6 minggu. Gejalanya biasanya berakhir dalam 8 minggu dan meliputi: mual (nausea), muntah-muntah, mencret, kulit kuning (terutama bagian putih dari mata), demam, dan nyeri abdomen. Sekitar 10–15% dari penderita akan kambuh kembali dalam 6 bulan setelah infeksi pertama. Penyakit hepatitis A yang fatal jarang terjadi, tetapi mungkin terjadi pada lansia.

Virus hepatitis tipe A, biasanya penyakit ini disebarkan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh kotoran penderita hepatitis A.Kerang yang tidak dimasak dengan matang, biasanya menjadi sumber infeksi penyakit ini. Dapat juga menyebar melalui kontak erat dengan penderita.

Setelah terkena Hepatitis A satu kali, maka orang tersebut akan kebal seumur hidupnya terhadap penyakit ini.

Hepatitis B adalah suatu penyakit hati yang disebabkan oleh “Virus Hepatitis B” (VHB), famili Hepadnavirus,yang dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun yang pada sebagian kecil kasus dapat berlanjut menjadi Sirosis Hati atau Kanker Hati.

Virus ini tidak menyebar melalui makanan atau kontak biasa, tetapi dapat menyebar melalui darah atau cairan tubuh dari penderita yang terinfeksi.

Seorang bayi dapat terinfeksi dari ibunya selama proses kelahirannya. Juga dapat menyebar melalui kegiatan seksual, penggunaan berulang jarum suntik, dan transfusi darah dengan virus di dalamnya.

Hepatitis C adalah infeksi yang terutama menyerang organ hati. Penyakit ini disebabkan oleh virus Hepatitis C (HCV). Hepatitis C seringkali tidak memberikan gejala, namun infeksi kronis dapat menyebabkan parut (eskar) pada hati, dan setelah menahun menyebabkan Sirosis. Dalam beberapa kasus, orang yang mengalami sirosis juga mengalami gagal hati, kanker hati, atau pembuluh yang sangat membengkak di esofagus dan lambung, yang dapat mengakibatkan perdarahan hingga kematian.

Dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita, dan mengetahui gejala-gejala penyakit, maka kita bisa meminimalkan resiko terkena penyakit.

Sumber berita, https://id.m.wikipedia.org

(Redaksi).

Redaksi

www.intinews.co.id adalah berita siber legal di Indonesia, menyuguhkan berita dengan profesionalitas, aktual dan anti hoaks. (www.intinews.co.id is legal news in Indonesia that presents news with professionality, actual and no hoaxes) With Motto: "The Struggle Continuously, oppressive opponents with fact data !".

Related Posts

Terima kasih atas perhatiannya. Hormat kami, Pimred www.intinews.co.id

%d blogger menyukai ini: